SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Thursday, June 20, 2024
spot_imgspot_img
HomeKesehatanSimak Bahaya Kanker Paru dan Pencegahannya !

Simak Bahaya Kanker Paru dan Pencegahannya !

Mediago- Kanker paru merupakan tumor ganas yang berasal dari epitel bronkus atau karsinoma bronkus dari organ paru atau organ luar paru seperti otak, mammae, ovarium, tulang, usus dan ginjal yang terus menjadi tantangan serius dalam bidang kesehatan global.

Prof. Dr. dr. Allen Widysanto, Sp.P, dokter spesialis paru RS Siloam Lippo Village mengatakan, kanker paru menduduki peringkat ketiga dengan jumlah kasus terbanyak setelah kanker payudara dan kanker serviks dan menjadi penyebab kematian nomor satu di dunia di antara semua jenis kanker.

Menurutnya, kanker paru sering kali disebabkan oleh paparan jangka panjang terhadap zat-zat karsinogenik yang ditemukan dalam asap rokok, polusi udara, dan bahan kimia industri tertentu.

“Faktor resiko terbagi menjadi 2 yakni yang dapat dimodifikasi seperti merokok (aktif/pasif), perjalanan industri atau lingkungan kerja tertentu. Lalu yang tidak dapat dimodifikasi seperti jenis kelamin, usia diatas 40 tahun,” ujarnya di Kawasan Karawaci, Kabupaten Tangerang, Rabu (31/1/2024).

Allen juga mengungkap, beberapa gejala kanker paru yang bervariasi dan sering kali tidak muncul pada tahap awal penyakit. Diantaranya batuk, sesak napas, nyeri dada, kehilangan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, hingga batuk berdarah.

Semuanya bisa dicegah dengan berhenti merokok, menghindari paparan asap rokok pasif, menghindari paparan zat karsinogenik, menjalani pola hidup sehat, dan melakukan skrining paru secara rutin, terutama untuk mereka yang punya riwayat keluarga dengan kanker paru atau berisiko tinggi.

“Pemeriksaan rutin dan skrining sangat dianjurkan untuk individu dengan risiko tinggi. Hal ini sangat penting untuk mendeteksi kanker paru pada tahap awal, sehingga dapat meningkatkan peluang kesembuhan. Tes pencitraan seperti CT Scan dan biopsi jaringan paru sering digunakan untuk mengonfirmasi diagnosis. Selain itu, deteksi dini kanker paru memainkan peran penting dalam prognosis dan keberhasilan pengobatan,” jelasnya.

Adapun langkah-langkah pengobatan kanker paru dapat mencakup berbagai metode, seperti tindakan bedah, radioterapi, kemoterapi, dan terapi target. Terapi imunologi juga telah menjadi sorotan baru dalam mengatasi kanker paru, membuka pintu untuk pendekatan yang lebih spesifik dan berdampak lebih besar.

Menghadapi kasus kanker yang kian meningkat, RS Siloam Lippo Village telah menerapkan pelayanan yang komprehensif dalam pengobatan kanker dengan tim medis yang siap menangani beragam jenis kasus kanker, termasuk kanker paru.

Beberapa jenis pengobatan kanker paru yang dapat dilakukan di RS Siloam Lippo Village antara lain tindakan bedah dengan pendekatan minimal invasif, perawatan kemoterapi, kemoterapi target, imunoterapi, dan layanan paliatif.

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular