You are here
Home > Kesehatan >

Bunda, Waspada Mastitis pada Masa Menyusui

Bunda, Waspada Mastitis pada Masa Menyusui
Bagikan

MediaGo – Beberapa ibu menyusui sering mengeluh sakit saat menyusui. Ternyata pada payudara ada pembengkakan, nyeri hingga terasa seperti terbakar. Jika itu yang terjadi, bisa saja ibu mengalami kondisi mastitis.

Melansir Mayo Clinic, mastitis adalah kondisi peradangan yang bisa menyebabkan infeksi pada jaringan payudara. Ini dapat terjadi pada setiap wanita, meskipun mastitis paling umum terjadi selama 6 bulan pertama menyusui.

Tidak hanya sebabkan gejala seperti yang disebutkan di atas, kondisi ini juga dapat sebabkan demam hingga 38 derajat Celcius dan membuat ibu menyusui jadi kesulitan untuk menyusui bayinya. Kondisi ini tidak hanya bisa dialami ibu menyusui, tetapi juga wanita biasa, bahkan pria. 

Penyebab Mastitis

Penyebab Mastitis
Ilustrasi Ibu yang Mengalami Mastitis. (Gambar: Doc: HaloDoc)

Umumnya kondisi ini terjadi ketika bakteri, seringkali dari mulut bayi, memasukkan saluran susu melalui celah di puting susu. Infeksi payudara paling umum terjadi satu hingga tiga bulan setelah melahirkan, tetapi dapat terjadi pada wanita yang belum melahirkan dan pada wanita setelah menopause.

Mayo Clinic menyebutkan, bahwa mastitis pada ibu menyusui sering disebabkan oleh penumpukan susu di dalam payudara. Ini disebut juga stasis susu atau ASI tersumbat yaitu terhentinya cairan susu dalam payudara. Stasis susu dapat terjadi karena sejumlah alasan, termasuk bayi tidak benar-benar mengisap payudara selama menyusui.

Gangguan kesehatan ini juga bisa disebabkan oleh bakteri Staphylococcus dan Streptococcus yang menginfeksi jaringan payudara melalui luka di puting maupun saluran air susu. Biasanya bakteri ini berasal dari mulut bayi dan permukaan kulit payudara.

Mencegah Mastitis

Mencegah Mastitis pada Ibu Menyusui
Ilustrasi Ibu sedang menyusui anak. (Gambar: Doc. KlikDokter)

Lalu bagaimana cara mencegah terjadinya masalah ini? Ibu bisa melakukan kebiasaan baik untuk mencegah mastitis seperti tetaplah menyusui dan menyusui anak secara bergantian menggunakan payudara kanan dan kiri. Selain itu, ibu juga bisa mengosongkan payudara untuk mencegah pembengkakan dan sumbatan.

Baca Juga:  Aice Group Distribusikan Jutaan Masker Medis Hingga 2021

Pencegahan lainnya dengan menggunakan teknik menyusui yang baik untuk mencegah puting yang sakit, membiarkan puting yang sakit atau pecah-pecah untuk mongering dan memastikan untuk minum banyak cairan untuk mencegah dehidrasi. Hal yang tidak kalah pentingnya adalah menjaga kebersihan selama menyusui seperti mencuci tangan, membersihkan puting, dan menjaga bayi tetap bersih.


Bagikan

2 thoughts on “Bunda, Waspada Mastitis pada Masa Menyusui

  1. Saya terkagum membaca artikel ini karena setelah membaca artikel ini pikiran saya menjadi terbuka. Saya sadar, selama ini saya terlalu tertutup dengan hal-hal yang baru dan merasa sudah tahu. Hal ini berimbas kepada saya yakni saya menjadi orang yang Sok Tahu

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top