SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Thursday, April 11, 2024
spot_imgspot_img
HomeKesehatanWork-Life Balance Berpotensi Besar terhadap Kesehatan Mental

Work-Life Balance Berpotensi Besar terhadap Kesehatan Mental

Mediago.id – Sudah sejauh mana Anda menyadari bahwa membagi waktu yang tepat antara bekerja dan menikmati kehidupan seperti semestinya itu sangatlah penting.

Sering diabaikan, di mana peran Work-Life Balance tentu berpengaruh pada hidup seseorang terutama kesehatan. Banyak orang yang justru stres dan mengidap berbagai macam penyakit karena lalai mengatur waktu antara bekerja dan kehidupan pribadi.

Lelahnya bekerja yang melebihi batas waktu wajar menjadikan Anda lupa bahwa banyak hal yang seharusnya dapat dilakukan saat setelah pekerjaan usai.

Seperti makan tepat waktu, bersenang-senang, quality time bersama keluarga atau bahkan sekedar menjalani hobi-hobi yang dapat meringankan beban pikiran.

Hal-hal yang Menunjukkan Work-Life Balance Sangat Potensial terhadap Kesehatan Mental Anda

  1. Memiliki waktu untuk diri sendiri
Work-Life Balance
Ilustrasi ; Pexels

Bekerja 8 jam setiap hari pada umumnya sudah menguras tenaga dan pikiran, banyak energi yang sudah Anda buang demi pekerjaan yang harus selesai tepat waktu atau target yang harus dipenuhi.

Namun jika Anda memiliki cukup waktu untuk menyenangkan diri sendiri maka energi yang sudah terkuras karena bekerja akan segera pulih lagi.

Anda bisa santai mendengarkan lagu dengan tenang, menonton film, merawat tanaman atau binatang peliharaan di rumah bahkan boleh sekedar mengistirahatkan tubuh dengan tidur yang cukup. Dengan demikian, Work-Life Balance dapat berjalan dengan baik.

  1. Memiliki Aktivitas di luar pekerjaan

Bergabung dengan komunitas, bepergian dengan teman-teman hingga menjalankan hobi atau aktivitas positif di luar rumah juga sangat penting untuk tercapainya Work-Life Balance, karena Anda dapat mudah melupakan tekanan dalam pekerjaan yang sehari-hari sudah anda geluti.

Menikmati suasana di luar rumah tentu membawa vibes tersendiri bagi kesehatan mental Anda, udara yang segar hingga pemandangan yang memanjakan mata juga sangat mendukung untuk membuat tubuh dan pikiran Anda merasa lebih baik.

  1. Menyadari akan pentingnya waktu

Setiap hari, sering Anda tidak menyadari akan pentingnya sebuah waktu. Sehingga Anda dengan mudah membuang waktu tanpa memikirkan sudah atau belum dialokasikan dengan tepat dan seimbang.

Jika Anda mulai menyadarinya, maka Anda akan menghargai waktu yang Anda miliki saat ini semaksimal mungkin, Anda akan perlahan menerapkan Work-Life Balance dengan sendirinya.

Anda akan lebih menyayangi diri sendiri karena berpikir bahwa waktu yang ada saat ini tidak boleh terbuang sia-sia untuk satu tanggung jawab saja.

Ada banyak tanggung jawab yang harus diseimbangkan setiap harinya; pekerjaan, kehidupan pribadi Anda serta tanggung jawab lainnya. Kesehatan mental yang harus selalu Anda jaga juga merupakan tanggung jawab yang tidak bisa dibebankan pada orang lain.

Itulah penjelasan singkat tentang pentingnya Work-Life Balance terhadap kesehatan mental. Jangan lupa untuk menerapkannya, ya!

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular