SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Sunday, April 7, 2024
spot_imgspot_img
HomeKuliner5 Jenis Makanan Sahur Agar Kuat Puasa Seharian

5 Jenis Makanan Sahur Agar Kuat Puasa Seharian

MediaGo – Pemilihan makanan sahur yang baik dan benar sesuai anjuran adalah salah satu kunci keberhasilan umat islam dalam menjalankan ibadah puasa Ramadan. Mengonsumsi makanan yang tepat ketika sahur bisa membuat kamu jadi kenyang lebih lama dan lebih kuat berpuasa seharian penuh.

Maka dari itu, kamu jangan mengonsumsi makanan sahur sembarangan atau tidak sesuai anjuran. Berikut ini beberapa rekomendasi menu makanan sahur yang bisa membuat puasa menjadi kuat lebih lama.

1. Kurma dan Air hangat

Jenis makanan sahur yang sangat dianjurkan untuk sahur pertama adalah kurma. Kurma memiliki rasa manis yang berasal dari tiga jenis gula, yaitu glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Tiga jenis gula inilah yang dinilai baik untuk tubuh kita.

Setiap jenis gula mempunyai peranan penting dalam tubuh kita. Seperti glukosa yang bisa meningkatkan kadar gula dalam darah. Sedangkan fruktosa dan sukrosa baik untuk menstabilkan kadar gula yang berlebihan.

Kurma sangat cocok disantap sebagai makanan pembuka atau makanan sahur. Agar lebih sehat dan kuat tahan lama, kamu bisa meminum air hangat setelahnya.

Buah kurma sendiri merupakan makanan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk sahur. Sebagai mana sabda Rasulullah, “Sebaik-baik sahurnya orang mukmin adalah kurma.” (HR. Abu Daud).

2. Biji-bijian

Biji-bijian juga menjadi salah satu menu makanan sahur yang dianjurkan. Misalnya, kacang almond, kacang polong, dan kacang kedelai yang dinilai sangat bagus untuk kamu jadikan menu sahur, terlebih ketiga biji-bijian ini sangat mudah diolah, lho.

Kacang kedelai misalnya yang bisa kamu jadikan jus untuk minuman sahur. Meski hanya mengonsumsi biji-bijian saja, namun kandungan protein, mineral, vitamin, dan lemak yang terkandung didalamnya sangat cukup untuk mengenyangkan tubuh.

3. Telur

Telur punya banyak manfaat sebagai makanan sahur. Dalam sebutir telur terdapat protein, nutrisi, dan vitamin yang sangat tinggi, dan tentu hal ini sangat bagus untuk kesehatan. Selain menyehatkan, telur juga mudah sekali untuk kita olah menjadi berbagai macam masakan dan pastinya akan terasa lezat dimakan.

Meskipun telur baik untuk kesehatan, namun kamu juga harus memperhatikan jumlah telur yang dikonsumsi. Sebab, mengonsumsi telur dalam jumlah yang berlebihan akan menyebabkan risiko darah tinggi. Setelah makan telur, sebaiknya netralisir dengan banyak minum air putih ya sobat.

4. Susu Segar

Jenis makanan sahur yang dianjurkan berikutnya adalah susu. Mengonsumsi segelas susu ketika sahur sangat penting agar kamu bisa tahan hingga tengah hari nanti. Jika kamu nggak doyan susu sapi, kamu juga bisa memilih susu kambing dan susu kedelai sebagai alternatif. Sekedar info, Dalam segelas susu mengandung 300 miligram kalsium. Dengan meminumnya secara rutin, kamu sudah memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh.

5. Sayur dan Buah

Saat menjalankan ibadah puasa, kadar air di dalam tubuh kita akan menurun drastis. Hal ini karena asupan makanan yang biasanya tiga kali sehari menjadi dibatasi selama puasa. Untuk dapat mengembalikan kadar air dalam tubuh, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sahur yang mengandung banyak kadar air seperti apel, semangka, stroberi, bayam, buah naga, brokoli, dan tomat.

Selain banyak mengandung air, jenis makanan seperti sayur, dan buah juga sangat kaya akan mineral, serat, dan antioksidan. Nutrisi-nutrisi inilah yang akan membantu kamu dalam memperlambat proses penuaan dini dan mencegah sel-sel jahat yang masuk ke dalam tubuh selama menjalani ibadah puasa ramadhan.

Nah itulah lima jenis makanan yang dianjurkan untuk sahur agar puasa kamu bisa berhasil sampai akhir. Mudah-mudahan di tahun ini puasa kita tidak ada yang bolong-bolong. Semoga bermanfaat ya!

CopyAMP code
Syalfa Zahra
Syalfa Zahra
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular