You are here
Home > Kuliner >

5 Makanan Korea yang Sering Muncul di Drakor, Bikin Ngiler!

Makanan Korea
Bagikan

Ternyata tak hanya alur cerita drama Korea saja yang selalu membuat para penonton terbawa suasana. Deretan hidangan makanan di drama Korea juga seringkali menggugah selera banyak orang, lho. Lalu, kira-kira ada makanan Korea apa saja yang wajib dicoba, ya?

Deretan makanan Korea yang sering disebut dalam drama

Semakin meningkatnya para penonton drama Korea, membuat banyak orang mulai penasaran dengan barang-barang hingga makanan yang sering disebut dalam drama. Bahkan, kini sudah banyak restoran-restoran yang menyediakan berbagai menu khas Korea, lho.

Di antara banyaknya jenis hidangan khas Korea, 5 makanan ini merupakan yang paling hits dan sering muncul di drama Korea. Yuk simak 5 makanan Korea yang wajib kamu coba berikut ini:

1. Bibimbap

Makanan Korea
Bibimbap. (Gambar: http://food.detik.com)

Jika kamu tipe orang yang senang mencampur nasi dengan sayur dan lauk-pauk, bibimbap merupakan jenis makanan Korea yang bisa kamu coba. 

Umumnya, bibimbap terdiri dari nasi putih, toge, bayam, telur, daging, wortel, zucchini, timun, jamur dan sayuran lainnya. Kemudian, tambahkan minyak wijen dan biji wijen di atasnya. Aduk semuanya menjadi satu, dan bibimbap pun siap disantap.

2. Tteokbokki

Makanan Korea
Tteokbokki. (Gambar: http://food.detik.com)

Bagi pecinta drama Korea pasti tidak asing dengan Tteokbokki bukan? Makanan ini adalah penganan beras pedas ala Korea. Tteokbokki memang sering ditampilkan dalam beberapa drama populer Korea, seperti Vincenzo dan True Beauty.

Tampilan menu makanan Tteokbokki sendiri berwarna merah sehingga sangat menggoda, termasuk bagi orang Indonesia yang terbiasa dengan makanan pedas. Tekstur Tteokbokki kenyal mirip dengan cilok. Hanya saja, bumbu dan bahan baku yang digunakan berbeda. Tteokbokki dibuat dari kue beras dengan saus gochujang (tauco pedas khas Korea). Sedangkan cilok dibuat dari sagu yang dikonsumsi dengan sambal kacang.

Baca Juga:  Makin Eksis, Merek Permen Kopiko Muncul di Drama Hometown Cha-Cha-Cha

Seiring dengan popularitas drama Korea, Tteokbokki semakin banyak disukai. Tak heran, kalau saat ini banyak yang menjual Tteokbokki pedas. Selain dijajakan di pinggir jalan, Tteokbokki sudah dijual dalam kemasan. Tteokbokki pedas dengan saus gochujang merupakan varian paling dikenal di dunia. Di negara asalnya, Tteokbokki memiliki banyak varian.

Biasanya, varian Tteokbokki dibedakan dari jenis saus dan campuran di dalamnya. Misalnya Rapokki terdiri dari ramen dan Tteokbokki. Ada juga ganjang Tteokbokki atau Tteokbokki dengan saus manis asin yang cocok untuk anak-anak.

3. Jjajangmyeon

Makanan Korea
Jjajangmyeon. (Gambar: http://maangchi.com)

Jjajangmyeon merupakan mie dengan saus kacang hitam. Makanan yang satu ini merupakan hidangan Cina-Korea yang paling digemari. Biasanya, menu ini dihidangkan bersama dengan potongan daging dan bawang untuk memperkaya rasa. Hidangan ini cocok untuk disantap oleh kamu yang nggak suka hidangan pedas.

4. Kimbap

Makanan Korea
Kimbap. (Gambar: http://seriouseats.com)

Gimbap atau kimbap adalah jajanan Korea populer yang sehat dan mengenyangkan. Dibuat dari nasi, rumput laut, dan ragam sayuran, ini fakta soal gimbap.

Ketika kamu berkunjung ke restoran Korea tentu akan mudah menemukan menu ini, nasi gulung berlapis nori (lembaran rumput laut) dengan isian ragam protein dan sayuran. Sekilas tampilan gimbap memang mirip sushi, namun keduanya sangatlah berbeda.

Kimbap berisi nasi, potongan daging, ikan, sayuran, dan telur. Dalam proses pembuatan makanan khas Korea yang satu ini, isian yang telah disebutkan sebelumnya, digulung di atas satu lembar rumput laut. Kemudian dipotong menjadi 6-8 bagian. Sayuran yang biasa digunakan adalah timun, wortel, bayam, dan acar lobak.

Gimbap biasanya dijadikan camilan atau bekal praktis orang Korea. Melahap gulungan nasi ini mudah dan sifatnya mengenyangkan sehingga gimbap begitu digemari di Korea.

Baca Juga:  Bike Bike Cafe, Tempat Kongko Baru Pencinta Sepeda di Tangsel

5. Kimchi

Makanan Korea
Kimchi. (Gambar: http://kompas.com)

Terakhir makanan Korea yang seringkali disebut dalam drama ada Kimchi. Mungkin kamu pun juga sudah tak asing dengan menu makanan ini. 

Pasalnya, hidangan yang satu ini sangat sering muncul dalam berbagai adegan di drama Korea. Pada zaman dahulu, kimchi diucapkan oleh orang Korea dengan sebutan “Chim-Chae” yang berarti sayuran yang direndam dan saat ini melafalkan kuliner inipun beragam seperti kimchee atau gimchi.

Kimchi tradisional difermentasikan di bawah tanah dengan menggunakan pot dan dibiarkan selama berbulan-bulan, karena pada zaman dahulu banyak orang Korea tidak memiliki lemari pendingin.

Sebagai makanan yang disantap sehari-hari oleh orang Korea, ternyata ada beragam jenis kimchi yang berbeda di seluruh dunia. Pada pergantian musim orang Korea menyantap jenis kimchi yang berbeda.

Pada musim semi, penduduk Korea mengkonsumsi pa kimchi (kimchi bawang), pada musim panas yang disantap adalah oi sobaga (kimchi mentimun). Sedangkan pada saat musim gugur dan dingin, orang Korea biasa menikmati kimchi lobak. Dari lima menu makanan Korea di atas, kira-kira mana yang akan kamu coba lebih dulu, nih?

Baca juga: Wajib Ditonton, 6 Drama Korea Ini Mengandung Pesan Hidup Mendalam!


Bagikan
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top