SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Friday, July 12, 2024
spot_imgspot_img
HomeKecantikanCocok Dilakukan Saat Masa PPKM, Ini 7 Tips Potong Rambut di Rumah...

Cocok Dilakukan Saat Masa PPKM, Ini 7 Tips Potong Rambut di Rumah Anti Gagal

Masa pandemi COVID-19 ini, memang membuat segala aktivitas sehari-hari menjadi serba terbatas. Terus meningkatnya angka pasien positif, tentu membuat banyak orang semakin takut untuk ke luar rumah. Hal itu juga membuat banyak orang lebih memilih melakukan potong rambut di rumah. Lalu, bagaimana caranya agar tidak gagal? Yuk simak tipsnya berikut ini. 

Tips potong rambut di rumah anti gagal

Melansir penjelasan dari berbagai sumber, berikut ini ada beberapa tips potong rambut di rumah yang bisa kamu lakukan sendiri: 

1. Potong rambut dalam keadaan basah

Melakukan potong rambut dalam keadaan basah akan mempermudah proses cutting sekaligus memberikan hasil yang lebih presisi. Namun, perlu kamu ketahui bahwa ada juga jenis rambut tertentu yang tidak cocok dipotong dalam keadaan basah. Contohnya seperti jenis rambut bergelombang dan keriting yang sebaiknya dipotong dalam keadaan kering. 

2. Pastikan memakai gunting rambut

potong rambut di rumah
Menggunakan gunting rambut. (Gambar: http://pixabay.com)

Ketika kamu melakukan potong rambut di rumah pastikan menggunakan gunting khusus rambut, ya. Hal ini akan mempermudah kamu dalam memotong dan menghindari rambut bercabang. Jadi, gunakan gunting yang benar-benar tajam. 

3. Cara menggunting rambut alami tanpa bantuan flat iron

Jika kamu tidak memiliki flat iron untuk meluruskan rambut, berikut ini teknik memotong yang dapat dicoba. Namun sebelumnya, kamu membutuhkan gunting rambut dan 3 jenis sisir yaitu sisir bergigi besar, detangling brush, dan sisir bergigi kecil.

  • Tentukan bagian rambut yang ingin kamu potong terlebih dahulu (section). Lalu, jepit rambut lainnya agar nggak menghalangi. 
  • Sisir rambut dengan sisir bergigi besar untuk merapikannya. Sisir sampai ujung rambut sehingga terlihat batas akhirnya. Sisir sampai rambut terlihat nggak kusut lagi.
  • Gunakan detangling brush dan ulangi gerakan sebelumnya. Sisir rambut sampai nggak kusut dan rapi. 
  • Terakhir, gunakan sisir bergigi kecil untuk benar-benar meluruskan rambutmu sehingga mudah untuk memotongnya.
  • Kamu dapat memotongnya pendek sesuai keinginanmu. Namun jika hanya ingin trimming dan bingung memulainya dari mana, teknik menyisir sebelumnya dapat membantumu untuk menemukan batas bercabang di ujung rambutmu. Saat menyisir, kamu akan merasakan sisir sedikit tertahan dekat ujung rambut. Maka di situ batas trimming atau menggunting rambut bercabangmu. 
  • Jepit batas rambut yang ingin dipotong menggunakan jari telunjuk dan jari tengahmu.
  • Gunting rambutmu. Hati-hati untuk nggak melukai jarimu, ya.
  • Ulangi proses yang sama pada bagian rambut lain.

4. Pilihlah potongan rambut yang mudah dilakukan sendiri

Tips lainnya yang penting juga untuk diperhatikan adalah memilih potongan yang mudah dilakukan sendiri. Potongan rambut yang mudah tentu menghindari efek gagal yang berlebih. 

Potongan tersebut biasanya adalah bob dan layer. Atau di saat kamu hanya ingin sedikit melakukan trim pada rambutmu. Jadi, jangan coba-coba untuk memotong bentuk rambut yang sulit. 

5. Potong rambut sedikit demi sedikit

potong rambut di rumah
Potong rambut di rumah. (Gambar: http://pixabay.com)

Salah satu kesalahan terbesar yang sering dilakukan orang saat potong rambut sendiri adalah terburu-buru sehingga menghasilkan pangkasan yang kurang rapi. Maka dari itu, cara paling baik untuk mendapatkan hasil memuaskan adalah selalu memotong rambut sedikit demi sedikit. 

Sebelum memotong, rapikan juga rambut menggunakan sisir dan perkirakan seberapa panjang bagian yang ingin Kamu pangkas. Hindari memotong rambut dalam jumlah banyak sekaligus untuk menghindari risiko kesalahan atau hasil potongan yang terlalu pendek. Dengan begitu, Kamu juga tak akan menyesal.

6. Pakai teknik ponytail untuk potong bagian belakang

Ketika melakukan potong rambut sendiri, tentu tantangan terbesar adalah melihat bagian belakang. Namun, hal tersebut dapat diatasi dengan menggunakan teknik ponytail dan mengarahkan seluruh rambut ke depan. 

Caranya, sisir rambut hingga rapi dan ikat hingga menyerupai ekor kuda. Selanjutnya, arahkan rambut yang sudah diikat tersebut ke depan dengan sedikit membungkukkan badan. Potong rambut secara sejajar dan lakukan dengan perlahan. 

Jangan lupa, lakukan teknik ponytail ini di depan cermin sehingga Kamu lebih mudah memperkirakan panjang rambut yang ingin dipangkas.

7. Pastikan meminta orang rumah untuk melihat hasil potonganmu 

Setelah memotong rambut bagian belakang dengan teknik ponytail, bukalah ikatan rambut atau penjepit yang digunakan. Kamu dapat merapikannya dengan sisir dan perhatikan hasilnya baik-baik. 

Untuk memastikan hasil potongan tersebut sudah rapi dan sesuai keinginan, tak ada salahnya melakukan double check dengan meminta pendapat orang-orang yang ada di rumahmu. 

Minta mereka untuk meneliti hasil pangkasan, dan mengamati apabila ada bagian-bagian yang kurang rapi. Misalnya seperti panjang yang kurang rata, bagian yang belum terpotong sempurna, atau malah bagian yang terlalu pendek. Dengan begitu, Kamu dapat merapikannya lagi sehingga mendapatkan hasil sempurna. 

Itulah beberapa tips potong rambut di rumah yang bisa kamu lakukan sendiri. Selamat mencoba, ya.

Baca juga: 7 Cara Menjaga Kesehatan Rambut Agar Tidak Mudah Rontok

CopyAMP code
Arianti
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular