SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Thursday, May 23, 2024
spot_imgspot_img
HomeKulinerWow! Ternyata 5 Sambal Khas Nusantara Ini Populer di Luar Negeri

Wow! Ternyata 5 Sambal Khas Nusantara Ini Populer di Luar Negeri

MediaGo, Sambal Khas Nusantara – Nasi dengan sambal ibarat Romeo dan Juliet dalam dunia perkulineran. Rasanya seperti ada yang kurang jika kita makan sesuatu tanpa sambal.

Di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali jenis sambal, ada yang merah dan ada juga yang hijau. Tentu rasanya jos gandos dan bisa bikin ketagihan.

Beberapa Sambal Khas Nusantara Ini Populer di Luar Negeri

Tahukah kamu, ternyata kenikmatan sambal khas Nusantara tak hanya digemari oleh warga lokal saja, lho. Banyak juga warga asing yang suka menyantap sambal khas Nusantara ini sebagai teman makan mereka.

Tak heran jika produksi sambal saat ini sudah dikirim hingga mancanegara. Penasaran jenis sambal apa saja yang disukai para bule? Nah, berikut ini 5 diantaranya yang paling populer.

1. Sambal terasi

Sambal khas Nusantara
Shutterstock/yogi hadijaya

Siapa yang suka sambal terasi seperti saya? Hampir di tiap warung makan tradisional pasti menyediakan sambal khas Nusantara yang satu ini.

Rasa dan aromanya yang begitu khas mampu menambah selera siapa saja saat menyantapnya.

Bahan yang digunakanpun sama seperti sambal pada umumnya, yaitu cabai, tomat, dan bawang. Namun, sesuai dengan namanya, perlu ditambahkan sedikit terasi agar membuat aroma yang lebih khas.

Selain di Indonesia, orang luar negeri pun banyak yang menyukai sambal terasi ini.

2. Sambal bawang

Sambal bawang khas Nusantara
fimela.com

Selanjutnya ada sambal bawang. Sesuai dengan namanya, sambal ini lebih memfokuskan diri pada bawang. Tak heran jika rasanya lebih segar.

Warna sambal bawang pun terlihat jauh lebih terang. Selain itu, sambal khas Nusantara yang satu ini juga lebih berminyak.

3. Sambal matah

Sambal khas Nusantara
selerasa.com

Sambal khas Nusantara yang juga populer di luar negeri berikutnya adalah Sambal matah. Sambal segar yang satu ini berasal dari kota Bali. Nama Matah sendiri diambil dari bahasa Bali yang berarti mentah.

Tak sama seperti sambal lainnya, sambal Matah ini tidak dimasak serta digerus dalam pembuatannya. Hanya diiris tipis-tipis, lalu langsung disajikan. Tidak lupa untuk menambahkan minyak kelapa, jeruk limo, dan juga sereh agar rasanya semakin nikmat.

4. Sambal hijau

Sambal ijo Padang
topwisata.info

Sambal hijau sering kamu jumpai di restoran-restoran Padang. Sambal ini sudah satu paket dengan daun singkong dan nangka.

Sambal ini berfokus pada cabai hijau dan rasanya sendiri cenderung tidak pedas. Meskipun sedikit pahit dan berminyak, justru sambal ini banyak disukai oleh orang luar negeri.

5. Sambal kacang

Resep sambal kacang
fimela.com

Sambal yang satu ini berbahan dasar kacang tanah, biasanya sambal kacang sering digunakan pada beberapa menu masakan Nusantara. Seperti, gado-gado, ketoprak, kupat tahu, pecel, dan rujak buah.

Rasa dari sambal jenis ini cenderung manis karena ditambahkan banyak gula merah agar lebih maknyus. Bisa juga menambahkan jumlah cabai rawit agar tidak terlalu bikin eneg. Selain kita orang Indonesia, ternyata orang asing juga sangat menyukai sambal kacang ini.

Nah, itulah lima sambal khas Indonesia yang ternyata juga begitu populer di negara luar. Apakah salah satunya juga sambal favoritmu?

CopyAMP code
Syalfa Zahra
Syalfa Zahra
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular