SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Tuesday, July 16, 2024
spot_imgspot_img
HomeKuliner5 Aneka Takjil Buka Puasa yang Lezat dan Bebas Santan

5 Aneka Takjil Buka Puasa yang Lezat dan Bebas Santan

Aneka takjil buka puasa tentunya sudah menjadi satu hal yang diidam-idamkan oleh semua orang yang telah seharian melakukan ibadah puasa. Ketika berbuka, tentunya kita ingin langsung menyantap sesuatu yang segar dan enak, misalnya mulai dari es teler, kolak dan lain sebagainya. Namun, semua makanan tersebut ternyata mengandung santan, dan tentu saja ini tidak baik untuk kesehatan, jika dikonsumsi secara berlebihan!

Menu Aneka Takjil Buka Puasa Tanpa Santan
Jenis takjil untuk berbuka puasa.

Aneka Menu Takjil tanpa Santan

Nah, karena itu, kami akan memberikan beberapa rekomendasi menu takjil buka puasa, yang bisa Anda gunakan untuk selingan berbuka selain menggunakan menu-menu bersantan seperti kolak maupun candil. Yuk simak informasinya, berikut in!

1. Asinan Betawi

Asinan betawi
Asinan Betawi bisa menjadi pilihan takjil saat berbuka puasa.

Makanan modern memang selalu menarik hati untuk dijadikan menu buka puasa, selain karena aneka rasanya yang lezat dan baru, juga karena tampilannya yang sangat cocok untuk menghiasi sosial media. Meskipun demikian, makanan lokal sebenarnya juga tidak kalah layak untuk dijadikan menu pilihan berbuka puasa lho.

Salah satu makanan lokal yang bisa dijadikan pilihan aneka menu takjil buka puasa adalah asinan betawi. Asinan ini sebenarnya bisa dibilang tidak berbeda jauh dengan asinan pada umumnya, yakni, terbuat dar aneka sayur, yang kemudian disajikan dengan guyuran saus kacang asli betawi. Citarasa yang dijanjikan oleh makanan khas ibu kota ini adalah asin, pedas, asam, manis.

2. Smoothie Bowl

smoothies bowl
Smoothie bowl sebagai menu takjil.

Siapa sih yang tidak tahu menu satu ini? Rasanya semua orang pasti tahu menu yang satu ini ya, karena namanya memang sudah sangat masyhur di masyarakat, terutama untuk kaum milenial dan orang-orang yang senang hidup dengan menu makan sehat. Ya, Smoothie bowl terhitung sebagai makanan sehat, karena terbuat dari bahan-bahan alami, seperti buah-buahan segar dan madu.

Sebagai menu takjil, cita rasa segar tanpa santan, dijamin akan langsung memanjakan lidah dan tenggorokan Anda setelah seharian menahan lapar dan haus. Menu satu ini juga menjadi banyak pilihan karena cara pembuatannya cukup praktis, dan bahan-bahannya juga mudah untuk ditemukan.

3. Puding Matcha

Matcha pudng
Menu takjil puding matcha.

Beberapa tahun kebelakang matcha memang menjadi salah satu menu makanan yang sangat digemari oleh banyak orang, karena itu, tidak heran jika Anda masuk ke gerai-gerai caffe akan sangat mudah menemui dengan citarasa matcha. Salah satu aneka menu takjil buka puasa yang terbuat dari greentea atau matcha adalah puding.

Puding matcha sangat cocok jika dijadikan menu berbuka karena teksturnya yang lembut, serta dijamin menyegarkan jika dikonsumsi. Bagi Anda yang tidak menyukai citarasa manis, mungkin puding matcha akan menjadi salah satu favorit Anda, karena makanan in menawarkan cita rasa pahit manis yang seimbang.

4. Es Buah Selasih

es buah selasih
Es buah selasih sangat pas sebagai takjil penghilang dahaga.

Menu takjil buka puasa lain yang juga terbebas dari santan adalah es buah selasih. Mendengar namanya saja sudah sangat menyegarkan bukan? Menu buka menyegarkan ini, sebenarnya cara membuatnya juga sangat gampang lho. Bahan-bahan yang perlu disiapkan juga hanya buah-buahan segar seperti melon, semangka, alpukat, pepaya, buah naga, air, sirup, es, dan tentu saja selasih.

5. Kembang Tahu Kuah Jahe

Kembang tahu kuah jahe
Kembang tahu kuah jahe, hangat dan sehat sebagai takjil buka puasa.

Kembang tahu kuah jahe adalah salah satu menu lokal lain, selain asinan yang juga bisa Anda coba untuk berbuka puasa. Biasanya, saat menikmati aneka menu takjil buka puasa yang satu ini, orang-orang akan langsung bernostalgia dengan jajanan masa kecil, karena nyatanya menu satu ini memang sudah mulai jarang ditemui. Meskipun tidak menyegarkan, namun kembang tahu kuah jahe dijamin menghangatkan perut, dan sangat baik untuk kesehatan.

Itulah sederet aneka menu takjil buka puasa yang bisa Anda coba di bulan ramadhan in. Tidak hanya lezat, namun tentunya juga dijamin tidak akan membuat Anda terancam kena penyakit kolestrol, karena semuanya terbebas dar santan.

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular