SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Monday, July 15, 2024
spot_imgspot_img
HomeKesehatan4 Tips Penting Terhindar dari Lemas Saat Puasa

4 Tips Penting Terhindar dari Lemas Saat Puasa

Lemas saat puasa merupakan kondisi umum yang kerap dirasakan oleh banyak orang. Biasanya, banyak orang merasakan rasa lemas ini, saat di awal-awal atau minggu pertama bulan puasa. Rasa lemas jelas cukup mengganggu, karena bagaimanapun, aktivitas sehari-hari tetap harus dijalankan sebagaimana mestinya.

Mengingat banyaknya aktivitas sehari-hari yang mau tidak mau tetap harus dijalani, maka Anda harus bisa menghindari kondisi lemas. Tenang saja, berdasarkan ilmu medis, rasa lemas selama menjalani ibadah puasa adalah sesuatu yang bisa dihindari. Nah, untuk lebih jelasnya, yuk simak tips berikut ini:

1. Perhatikan Menu Buka dan Sahur

makanan sehat anti lemas saat puasa
Memperhatikan asupan saat berbuka dan sahur menjadi kunci agar tidak lemas puasa.

Sangat disarankan memilih menu makanan yang kaya akan nutrisi untuk buka puasa dan maupun sahur. Rasanya memang tidak bisa dipungkiri bahwa saat ingin berbuka, semua makanan terlihat sangat enak dan mengenyangkan. Tapi ternyata tidak semua makanan tersebut adalah yang dibutuhkan oleh tubuh lho. Jika salah memilih menu, maka tubuh akan lemas saat puasa.

Baca Juga: 5 Cara Mengajarkan Puasa pada Anak Sejak Usia Dini

Baiknya memilih makanan sehat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan, agar tubuh bisa fit dan prima sepanjang hari, saat menjalani puasa. Selain itu, ketika berbuka puasa, baiknya jangan langsung makan dalam jumlah banyak. Akan lebih baik jika makanan sedikit demi sedikit setiap 3 jam sekali.

2. Pastikan Tubuh Dehidrasi

cairan
Perhatikan juga pola konsumsi air untuk mencegah lemas saat puasa.

Dilansir dari Healthline, salah satu penyebab tubuh terasa lemas saat puasa yang paling umum adalah dehidrasi atau kekurangan cairan. Karena itu, baiknya Anda selalu memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Meskipun sedang menjalani ibadah puasa, keperluan cair dalam tubuh tetap tidak berkurang, karena itu paling tidak, Anda harus minum 8 gelas setiap harinya. Untuk mengakali hal ini, Anda bisa mencoba menggunakan sistem 2-4-2, yaitu 2 gelas ketika berbuka puasa, 4 gelas ketika malam hari, dan 2 gelas saat sahur.

Baca Juga: 10 Takjil Buka Puasa Paling Favorit

3. Olahraga Rutin

Rutin olahraga
Olahraga yang benar bisa menjaga tubuh tidak lemas saat puasa.

Sepertinya ada banyak orang yang beranggapan bahwa melakukan olahraga akan membuat tubuh lemas saat puasa. Nyatanya, pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar lho. Asalkan kita bisa memilih jenis olahraga dengan yang kita lakukan dengan tepat dan bijak, maka tubuh tidak mungkin kelelahan, maupun lemas.

Jenis olahraga yang disarankan di bulan puasa adalah olahraga ringan, seperti joging kecil, jalan-jalan, yoga, dan olahraga lain yang tidak melibatkan kecepatan maupun kelincahan. Selain itu, jam untuk olahraga Anda juga bisa memilih sesuka hati, bisa malam setelah sholat taraweh, maupun pagi hari setelah sahur/subuh.

Baca Juga: 5 Olahraga untuk Kesehatan Otak yang Bisa Kamu Lakukan Saat Waktu Luang

Durasi olahraga juga menjadi satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Tidak perlu melakukan olahraga selama berjam-jam, cukup sekitar 15-20 menit saja. Rutin melakukan olahraga akan membuat tubuh terasa lebih bertenaga dan fit. Sehingga semua aktivitas bisa dilakukan dengan lebih energik, dan menghindari tubuh lemas saat puasa.

4. Menjaga Jam Tidur

lemas saat puasa
Pola jam tidur harus dijaga agar terhindar dari lemas saat puasa.

Jam tidur harus bisa dipenuhi dengan baik oleh tubuh, karena, istirahat yang cukup akan membuat tubuh bugar, dan terasa siap untuk melakukan aktifitas apapun. Paling tidak, seseorang harus tidur selama 8 jam, selain itu usahakan pula untuk memiliki jam biologis dengan cara tidur dan bangun di jam yang sama setiap harinya.

Baca Juga: 5 Jenis Olahraga Ringan Saat Puasa Yang Direkomendasikan

4 hal yang telah kami sebutkan di atas, kami sarankan untuk dilakukan setiap hari. Bahkan saat Anda sedang tidak berpuasa, menjaga pola makan, pola tidur, asupan cairan tubuh yang cukup, dan berolahraga secara rutin, juga tetap harus dilakukan. Semoga tips diatas bisa menghindarkan Anda dari lemas saat puasa.

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular