SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Thursday, May 23, 2024
spot_imgspot_img
HomeKuliner7 Menu Sahur Anak Kos, Praktis Dengan Bahan Murah

7 Menu Sahur Anak Kos, Praktis Dengan Bahan Murah

Praktis dan mudah, mungkin itulah dua kriteria yang ditetapkan untuk membuat menu sahur anak kos. Waktu dan bahan yang terbatas membuat mereka harus berpikir kreatif untuk memanfaatkan bahan yang ada atau membeli bahan makan dengan harga terjangkau.

Meski begitu, jangan terlalu mengandalkan makanan instan untuk sahur supaya kesehatan tetap terjaga.

7 Menu Sahur Praktis untuk Anak Kos

1. Sarden

Salah satu kunci anak kos dalam menyiapkan menu sahur adalah memilih makanan praktis yang tidak memerlukan waktu lama untuk memasak. Tentu saja, sarden bisa menjadi pilihan tepat.

Bukan hanya mudah, kamu juga bisa memilih berbagai macam varian rasa sarden. Dengan nasi putih hangat, sarden siap menemanimu puasa sepanjang hari.

2. Oatmeal

Bukan hanya praktis, menu sahur ini juga sehat dan tentunya cocok untuk kamu yang masih ingin diet di bulan ramadhan. Kandungan karbohidrat kompleks pada oatmeal membuatmu merasa kenyang lebih lama. Sebagai pelengkap, kamu bisa juga menambahkan potongan buah kesukaanmu saat menyantap oatmeal.

3. Martabak Mie

Menu sahur anak kos selanjutnya adalah martabak mie. Mie instan dan anak kos memang bagai dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Nah, jika kamu sudah bosan dengan olahan mie yang begitu-gitu saja, cobalah untuk memasak mie yang sudah direbus dengan telur lalu digoreng. Supaya lebih nikmat, siapkan saus cocol dan kecap untuk pendamping nasi putih hangat.

4. Nasi Goreng

Tanpa perlu menghaluskan bumbu macam-macam, kamu bisa memasak nasi goreng dengan bumbu instan. Menu sahur satu ini juga bisa digunakan untuk memanfaatkan nasi yang tersisa semalam. Kamu juga bisa mengkreasikan nasi goreng sesuai selera. Mulai dari menambahkan telur, sosis, sampai bakso.

5. Nugget

Jika kosanmu memiliki fasilitas kulkas bersama, tidak ada salahnya selalu sedia nugget untuk menu darurat sahur. Proses memasaknya yang singkat dan rasanya yang nikmat menjadi alasan mengapa nugget menjadi salah satu menu andalan sahur anak kosan.

6. Semur Tempe

Sebagai pengganti daging, kamu bisa menjadikan tempe bahan pengganti membuat semur. Supaya tidak kerepotan saat memasaknya ketika sahur, siapkan bahan-bahan yang sudah dipotong sejak malam harinya.

Semur tempe juga bisa menjadi salah satu alternatif menu yang sehat karena biasa dilengkapi dengan berbagai sayur seperti wortel dan kacang polong.

7. Susu dan Sereal

Kalau kamu termasuk dalam golongan orang yang tidak perlu makan nasi untuk merasa kenyang. Cobalah menggunakan susu dan sereal sebagai menu sahur. Menu ini juga bisa dijadikan selingan untuk memenuhi kebutuhan gizi yang terkadang terabaikan dengan menu sahur yang serba instan. Eits, tapi perlu diingat bahwa perpaduan susu dan sereal mungkin mengandung gula yang tinggi.

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular