You are here
Home > Kuliner >

Minyak Goreng Mahal, Ganti dengan 12 Hal Ini!

minyak goreng mahal

MediaGo – Harga minyak goreng mahal di pasaran membuat para ibu rumah tangga kebingungan. Setelah sebelumnya pemerintah membatasi harga minyak goreng Rp 14 ribu per liter, kini harga minyak goreng dibiarkan mengikuti harga pasar. Akhirnya, harga minyak goreng makin meroket bahkan hingga mencapai Rp 25 ribu per liternya.

Di tengah kelangkaan ini, masih ada beragam cara untuk bisa tetap memasak. Beragam teknik memasak tanpa minyak goreng mahal dapat menjadi alternatif yang jauh lebih terjangkau. Alternatif memasak tanpa minyak goreng ini juga jauh lebih sehat.

Dengan teknik memasak tanpa minyak goreng mahal ini, Anda tak perlu khawatir harga minyak goreng yang naik. Meski minyak goreng mahal, berikut alternatif memasak tanpa minyak goreng yang bisa dilakukan di rumah.

12 Pengganti Minyak Goreng Mahal

Pepes

Pepes merupakan teknik memasak yang berasal dari Sunda. Teknik pepes biasanya digunakan untuk memasak ikan, daging, tahu, hingga jamur. Bahan makanan biasanya dibumbui dan dibungkus dengan daun pisang bersama dengan bumbunya. Bungkusan ini kemudian dikukus lalu dibakar di atas bara api sampai bungkusan mengrring. Tak ada minyak goreng sama sekali yang digunakan selama memasak.

Baceman

Jika di Sunda ada pepes, Jawa punya teknik baceman. Biasanya bacem digunakan untuk mengolah tempe, tahu, atau ayam. Bahan utama ini dipotong sesuai selera dan dibumbui dengan rempah yang sudah dihaluskan. Mereka kemudian direbus dengan air bersama dengan irisan gula merah, daun salam, dan kepingan lengkuas hingga air menyusut. Hasil dari baceman adalah rasa lauk yang manis khas gula merah.

Menyemur

Menyemur termasuk metode memasak lambat atau slow-cooking. Makanan biasanya dicokelatkan pada suhu yang tinggi, kemudian diunyai dalam panci tertutup di dalam cairan masakan seperti kaldu, santan, dan sebagainya. Jenis bahan makanan yang cocok disemur adalah daging. Teknik ini membuat daging dan banyak sayuran empuk dan kaya rasa. Sisa air rebusan biasanya bisa digunakan untuk membuat saus yang kaya akan rasa dan nutrisi.

Mengetim

Mengetim adalah cara memasak makanan dengan menaruhnya pada wadah yang kemudian direndam dengan air mendidih. Teknik ini memanaskan bahan dengan lembut atau untuk menjaga bahan tetap hangat selama periode waktu. Mengetim juga sering digunakan untuk melelehkan makanan. Sekilas, mengetim sama dengan mengukus. Bedanya, mengukus proses pematangannya dengan uap yang dihasilkan dari air rebusan, sementara mengetim proses pematangannya dengan memasak wadah berisi bahan makanan yang direndam.

Stew (merebus lama)

Stew merupakan teknik memasak menggunakan lebih banyak cairan, tetapi tetap membuat makanan empuk dan beraroma tanpa menambahkan lemak tidak sehat. Biasanya, daging atau sayuran dimasak dalam panci lalu ditambahkan kaldu, air, atau jus dan dimasak dengan api kecil.

Penguahan (poaching)

Poaching atau penguahan adalah teknik memasak menggunakan air atau cairan beraroma, seperti kaldu atau anggur, untuk memasak makanan dengan lembut dan menjaganya tetap lembap.

Memanggang

Memanggang termasuk alternatif memasak tanpa minyak goreng mahal yang bisa dilakukan. Memanggang bisa dilakukan di dalam oven atau di atas penggorengan antilengket. Cara ini merupakan pilihan untuk menyiapkan makanan laut, unggas, daging tanpa lemak, sayuran, dan buah-buahan.

Membakar

Selain memanggang, membakar juga membuat makanan terasa lezat. Membakar dilakukan dengan memanaskan makanan langsung di atas bara api. Panas di bawah rak panggangan membakar makanan, memberinya rasa berasap dan hangus. Seperti memanggang, metode ini memungkinkan lemak menetes dari makanan saat dimasak.

Oseng

Osengan termasuk cara memasak tanpa minyak goreng yang sehat sekaligus menghasilkan masakan yang lezat. Mengoseng mungkin menggunakan sedikit minyak, namun bisa diganti dengan minyak kelapa atau minyak zaitun. Makanan dipanaskan bersama sedikit minyak yang sangat panas sambil dioseng atau dilemparkan ke dalam wajan.

Tumis

Mirip dengan oseng, Anda juga bisa menumis untuk mengolah makanan yang sehat. Dengan menumis, makanan dimasak dalam wajan dengan api sedang hingga tinggi dengan sedikit minyak atau mentega. Menumis mungkin mirip dengan mengoseng, tetapi ada sedikit perbedaan. Dengan mengoseng, panasnya lebih tinggi dan aksinya lebih cepat. Tumis memasak potongan besar atau kecil makanan dalam wajan lebar dan dangkal dengan sedikit lemak panas di atas api sedang-tinggi, sering dibolak-balik atau hanya sekali.

Kukus

Mengukus adalah cara memasak dengan menggunakan uap dari cairan yang dipanaskan. Panci biasanya diisi dengan air dan dipanaskan sampai mendidih. Makanan kemudian ditaruh pada keranjang yang mengepul atau wadah lain yang berlubang di atas cairan. Mengukus adalah salah satu metode memasak terbaik untuk menjaga nutrisi, termasuk vitamin yang larut dalam air, yang sensitif terhadap panas dan air. Kelemahannya adalah sayuran kukus mungkin terasa hambar. Namun, ini mudah diperbaiki dengan menambahkan beberapa bumbu dan minyak atau mentega setelah dimasak.

Blanching

Blanching adalah proses mencelupkan sayuran ke dalam air mendidih atau air panas selama beberapa saat dan kemudian mencelupkannya ke air dingin. Metode ini menghancurkan enzim pada sayur, merubah tekstur sayur, dan memperkuat warnanya. Dalam satu penelitian blanching menghasilkan penurunan lebih dari 50% dalam tingkat residu pestisida di semua sampel sayuran dan buah kecuali buah persik.

Fitrianingsih
Hi, i love writing and love my job as content writer, editor, or copywriting.

Leave a Reply

Top