SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Thursday, May 23, 2024
spot_imgspot_img
HomeKulinerResep Tongseng Daging Kambing Enak dan Simpel

Resep Tongseng Daging Kambing Enak dan Simpel

Mungkin salah satu pembaca MediaGo ada yang masih punya daging kurban dan bingung mau di apain. Nih mimin mau rekomendasiin, mending di buat tongseng daging kambing yuk. Bingung cara buatnya? Tenang, sudah mimin siapkan resep tongseng daging kambing yang enak dan bikinnya mudah banget.

FYI, Tongseng adalah masakan khas Jawa Tengah yang terbuat dari daging kambing yang dimasak dengan bumbu rempah dan kuah santan. Tongseng biasanya disajikan dengan nasi hangat, sambal, dan lalapan. Rasanya gurih, pedas, dan sedikit manis. Tongseng daging kambing sangat cocok untuk menu makan siang atau malam, apalagi di musim hujan.

Cara Membuat Tongseng Daging Kambing Lezat

Tongseng daging kambing sebenarnya tidak sulit untuk dibuat di rumah. Anda hanya perlu menyiapkan bahan-bahan yang mudah didapatkan di pasar atau supermarket. Bahan-bahan utamanya adalah daging kambing, santan, bawang merah, bawang putih, cabai, tomat, gula merah, kecap manis, garam, merica, daun salam, daun jeruk, dan sereh.

Anda juga bisa menambahkan sayuran seperti kol, wortel, atau kacang panjang sesuai selera. Berikut adalah langkah-langkah membuat tongseng daging kambing yang enak dan simpel. Berikut cara membuat Tongseng Daging Kambing yang super enak.

Rebus Daging Kambing

rebus daging kambing
Merebus Daging Kambing / sedekahlagi.com

Langkah pertama adalah merebus daging kambing sampai empuk dan matang. Potong-potong daging kambing sesuai ukuran yang Anda inginkan. Cuci bersih dan tiriskan. Masukkan daging kambing ke dalam panci berisi air secukupnya.

Tambahkan garam, merica, daun salam, daun jeruk, dan sereh yang sudah dimemarkan. Rebus dengan api sedang sampai daging kambing empuk dan airnya menyusut. Angkat dan sisihkan.

Tumis Bumbu Halus

images 2023 07 16T183125.102
Bumbu halus / Hipwee

Langkah kedua adalah menumis bumbu halus sampai harum dan matang. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, gula merah, garam, dan merica dengan blender atau cobek. Panaskan minyak di wajan.

Tumis bumbu halus dengan api sedang sambil diaduk-aduk sampai harum dan matang. Masukkan tomat yang sudah dipotong-potong. Aduk rata.

Masak Daging Kambing dengan Santan

santan
Santan kelapa / Kompas

Langkah ketiga adalah memasak daging kambing dengan santan sampai bumbu meresap dan kuah mengental. Masukkan daging kambing beserta air rebusannya ke dalam wajan berisi bumbu tumis. Aduk rata. Tuangkan santan cair ke dalam wajan.

Aduk rata lagi. Masak dengan api sedang sambil sesekali diaduk sampai bumbu meresap ke dalam daging kambing dan kuah mengental. Koreksi rasa dengan menambahkan garam, gula merah, atau kecap manis sesuai selera.

Tambahkan Sayuran

sayuran 1
Sayuran kaya nutrisi / iresep.com

Langkah terakhir adalah menambahkan sayuran ke dalam tongseng daging kambing. Potong-potong sayuran sesuai ukuran yang Anda inginkan.

Cuci bersih dan tiriskan. Masukkan sayuran ke dalam wajan berisi tongseng daging kambing. Aduk rata. Masak dengan api sedang sampai sayuran matang dan layu. Angkat dan sajikan.

Itulah resep tongseng daging kambing yang enak dan simpel. Anda bisa membuatnya di rumah dengan mudah dan cepat. Tongseng daging kambing sangat lezat dan menghangatkan tubuh. Anda bisa menikmatinya bersama keluarga atau teman-teman. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

Selain membuat Tongseng Kambing, Kamu juga bisa membuat berbagai macam masakan rumah yang wenak dan simpel dengan membaca Daftar Resep Masakan Rumahan sederhana dari iresep.

CopyAMP code
Syalfa Zahra
Syalfa Zahra
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular