You are here
Home > News >

2 Penyebab Mengapa Komodo Terancam Punah

Komodo Terancam Punah

Mediago.id – International Union For Conservation(IUCN) memasukkan kadal terbesar di dunia ini ke dalam daftar merah sebagai hewan yang nyaris lenyap habitatnya. Komodo terancam punah padahal hewan ini asli milik Indonesia.

IUCN menyebutkan dalam update red list pada bulan September kemarin di Marsielle, Prancis. Organisasi konservasi keanekaragaman hayati internasional tersebut mengganti status bahwa Komodo yang awalnya “rentan” berubah menjadi “terancam punah”.

Sebelumnya kita sudah tahu, Komodo merupakan spesies paling ikonik di dunia selama hidup di bumi yang lamanya lebih dari satu juta tahun.

Komodo sendiri hidup secara endemic di beberapa pulau: Rinca, Gili Motang, Nusa Kode, Flores hingga termasuk Pulau Komodo sendiri.

 

2 Penyebab  Mengapa Komodo Terancam Punah

Ada beberapa yang disoroti dan didapuk sebagai penyebab punahnya Komodo ini.

Hal ini tentu harus mulai dianggap serius karena mengingat populasi Komodo kini telah diperkirakan dan hanya mencapai 4.000 individu saja yang hidup di alam liar. Apa saja penyebab Komodo hampir punah? Mari kita simak!

1.     Krisis Iklim

Naiknya suhu global dan permukaan air laut dianggap memiliki potensi mengurangi habitat Komodo.

Bahkan dilansir dari sumber lain, Andrew Terry, direktur konservasi Zoological Society of London mengungkapkan kepada stasiun radio NPR “gagasan bahwa hewan prasejarah ini telah bergerak satu langkah lebih dekat ke kepunahan sebagian karena perubahan iklim sangat menakutkan”.

Dampak pemanasan global juga memicu Komodo terancam punah di tengah-tengah masalah habitatnya yang kini terbatas.

Banyak peneliti yang juga mengakui bahwa krisis iklim yang dilanda Indonesia sendiri sangat membahayakan eksistensi Komodo.

2.     Ulah Manusia

Subpopulasi di Taman Nasional Komodo masih bisa dikatakan stabil, namun habitat Komodo di luar kawasan lindung di Pulau Flores kini membuatnya tak lagi signifikan.

Hal ini dikarenakan aktivitas manusia yang terus berlangsung dan menjadi salah satu penyebab komodo terancam punah.

Kebijakan terhadap konservasi Komodo memang sudah menjadi perdebatan pendapat banyak orang.

Bagaimana tidak? Rencana proyek infrastruktur pariwisata di kawasan Taman Nasional Komodo mendatangkan banyak dampak yang tentu apabila dianalisis memiliki pengaruh terhadap Komodo tersendiri.

Meski tujuannya untuk memberdayakan masyarakat melalui kearifan lokal dan budaya yang ada, namun banyak yang harus dijaga dan dipertimbangkan.

Demikian di atas penyebab Komodo terancam punah, kita sebagai manusia harusnya turut menyadari bahwa Komodo merupakan hewan asli Indonesia yang menjadi  warisan dunia.

Memikirkan habitatnya yang kian terancam sudah semestinya menjadi tanggung jawab besar kita bersama.

Leave a Reply

Top