You are here
Home > News >

6 Kasus Kebakaran Lapas yang Pernah Terjadi di Indonesia, Kerusuhan Napi Salah Satu Penyebabnya

Kasus Kebakaran Lapas

MediaGo – Kebakaran hebat terjadi di lembaga pemasyarakatan kelas I Tanggerang, Banten, pada Rabu 8/9/2021 dini hari. Kejadian ini diduga akibat hubungan arus pendek listrik dan menambah panjang kasus kebakaran lapas yang pernah terjadi di Indonesia.

Kebakaran hebat ini mengakibatkan 41 orang narapidana tewas, 8 orang luka berat, dan 72 orang lainnya luka ringan. Diketahui, sejak 2016 kebakaran di penjara sering terjadi setiap tahunnya.

Deretan Kasus Kebakaran Lapas di Indonesia

Kebakaran Lapas di Indonesia kerap kali terjadi. Penyebabnya pun beragam, mulai dari faktor ketidaksengajaan, sampai adanya kerusuhan yang dibuat oleh para tahanan. Merangkum dari berbagai sumber, Berikut ini adalah deretan kasus kebakaran lapas yang pernah terjadi di Indonesia.

1. Lapas Tanggerang

suasana di lapas tangerang
Tragedi Lapas Tanggerang / JPNN.com

Kebakaran Lapas kelas I Tanggerang menjadi perbincangkan hangat saat ini. Insiden memilukan tersebut diduga terjadi karena hubungan pendek arus listrik pada dini hari di blok C2 yang berisi 122 orang napi. Sebanyak 41 orang nabi pun meninggal dunia dan dan 80 orang yang mengalami luka-luka akibat kejadian itu.

2. Lapas Kelas IIA Banda Aceh

lapas banda aceh
Kebakaran Lapas Kelas IIA Banda Aceh Tahun 2018 Lalu / Detik.com

Kebakaran Lapas yang pernah terjadi di Indonesia selanjutnya adalah kebakaran di Lapas kelas IIA Banda Aceh. Kejadian ini terjadi pada tanggal 1 April 2018 lalu yang dipicu oleh perlawanan para napi narkoba.

Para napi tersebut menolak tiga rekannya dipindahkan ke lapas lain dan mereka pun melempari petugas keamanan dengan batu. Para terpidana juga membakar bangunan, membobol dua pintu, namun belum berhasil kabur karena masih ada satu pintu lagi hingga keadaan pun berhasil dikendalikan.

3. Lapas di Jambi

kebakaran lapas di jambi
Kebakaran terjadi pasca ricuh / Tirto.id

Ratusan napi di Lapas kelas IIA Jambi mengamuk dan membakar sejumlah bangunan pada 2017 silam. Akibat kejadian tersebut ada 6 napi dan 6 polisi yang terluka saat mengendalikan situasi Lapas.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Tolak Ajakan AHY untuk Maju Pilpres, Kenapa?

Meski tak ada korban jiwa, namun ada dua bangunan termasuk aula dan kantin Lapas yang menjadi korban dan tak bisa digunakan lagi setelah kejadian tersebut.

4. Lapas Perempuan di Sigi

lapas perempuan sigi
Lapas perempuan di Sigi terbakar / VOA Indonesia

Selanjutnya ada Lapas perempuan di Sigi yang pernah mengalami kebakaran hebat. Sebanyak 6 kamar blok di Lapas perempuan di Desa Maku, kecamatan Dolo, kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah tersebut terbakar dan menyebabkan 45 napi melarikan diri pada 2019 lalu.

Polisi menyebut dari 103 napi yang berada dalam Lapas, 45 melarikan diri saat dilakukan evakuasi oleh sipir. Insiden ini diduga terjadi karena ada unsur kesengajaan oleh para napi di lapas tersebut.

5. Lapas Medan

kebakaran lapas medan
Kerusuhan LP Tanjung Gusta menyebabkan Kebakaran Hebat / bingkaiberita.com

Kebakaran Lapas di Indonesia selanjutnya terjadi pada tahun 2013 lalu. Sebanyak 5 orang tewas dalam kerusuhan dan kebakaran di Lapas Tanjung Gusta, Medan. Para korban terdiri dari satu orang narapidana dan dua orang juru masak serta dua lainnya adalah pegawai Lapas Tanjung Gusta.

6. Rutan Bengkulu

rutan bengkulu terbakar
Seluruh blok rutan Bengkulu terbakar / beritasatu.com

Terkahir, Rutan Bengkulu pernah mengalami kebakaran yang cukup hebat. Kebakaran ini dipicu oleh kericuhan karena adanya razia narkoba yang dilakukan oleh BNNP Bengkulu pada tahun 2016 silam. Keributan itu pun berujung pada terbakarnya seluruh blok hunian Lapas dan setidaknya menewaskan 5 orang napi.

Bagikan
Rizky Aditya
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top