You are here
Home > News >

Ternyata Ini Penyebab Terjadinya Gangguan IndiHome dan Telkomsel

Gangguan IndiHome dan Telkomsel

Minggu (19/9/2021), media sosial tengah ramai membicarakan gangguan IndiHome dan Telkomsel. Banyak netizen yang menyuarakan keluhan gangguan tersebut melalui Twitter. Dan berikut ini tanggapan dari pihak telkom dan telkomsel serta penyebabnya terjadinya gangguan. 

Tanggapan Telkom dan Telkomsel

Gangguan Telkom dan Telkomsel
Tanggapan Telkom dan Telkomsel. (Gambar: http://tribunnews.com)

Terkait dengan adanya keluhan tersebut gangguan IndiHome dan Telkomsel, seperti dilansir dari laman  Kompas.com, SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom Ahmad Reza akhirnya memberikan tanggapannya. Saat dihubungi, pihaknya mengatakan saat ini telah terjadi gangguan sistem komunikasi kabel laut Jasuka (Jawa, Sumatera dan Kalimantan) ruas Batam-Pontianak pada Jumat (19/9/2021) mulai sekitar pukul 17.33 WIB.

Gangguan IndiHome dan Telkomsel tersebut berdampak pada penurunan kualitas layanan TelkomGroup baik fixed maupun mobile broadband di beberapa wilayah Indonesia. Mewakili manajemen Telkom, Ahmad Reza menyampaikan permohonan maafnya atas ketidaknyamanan yang mungkin dirasakan pelanggan.

“Mohon maaf atas kejadian ini. Saat ini kami sudah langsung melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam, sehingga kualitas layanan dapat segera kembali normal sebelum tengah malam ini,” ujarnya dihubungi Kompas.com, Minggu (19/9/2021).

Pihaknya menyampaikan, saat ini timnya juga masih mengidentifikasi penyebab terjadinya gangguan IndiHome dan Telkomsel yang merata di seluruh Indonesia.

“Semoga gangguan dapat teratasi dan layanan TelkomGroup dapat kembali normal secepatnya,” ujar dia.

Permohonan maaf terkait gangguan IndiHome dan Telkomsel

Sementara itu, dihubungi terpisah melansir dari laman Kompas.com, Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin juga menyampaikan permohonan maafnya terkait adanya gangguan teknis terutama pada layanan internet di sejumlah titik di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. 

“Saat ini kami bersama TelkomGroup sedang berusaha untuk menemukan penyebab gangguan, dan memprioritaskan percepatan pemulihan akses layanan internet di seluruh wilayah yang terdampak,” ujar Denny, dihubungi terpisah, Minggu (19/9/2021). 

Baca Juga:  2 Hal yang Menghubungkan Badai Matahari dengan Kiamat Internet

Meski demikian, ia menyampaikan untuk layanan telepon dan SMS masih dapat diakses dengan normal. “Kami menyampaikan permohonan maaf atas hal ini, dan kami mengapresiasi kesetiaan pelanggan yang selalu mempercayakan solusi kebutuhan layanan telekomunikasi kepada Telkomsel,” ujar dia. Ia mengatakan Telkomsel akan segera menginformasikan proses pemulihan layanan tersebut secara berkala.

Cara untuk membuat layanan pengaduan IndiHome

Terkait dengan adanya gangguan internet Indihome dan Telkomsel, seperti dilansir dari laman Kontan, ada 4 cara yang bisa dilakukan untuk membuat pengaduan layanan, mulai dari menghubungi lewat call 147 hingga membuat pengaduan layanan lewat aplikasi myIndiHome. 

Baru-baru ini pengguna layanan internet IndiHome mengalami gangguan sebagian besar wilayah Indonesia. Tidak heran, tagar #Indihome juga ramai diperbincangkan di Twitter, bahkan menjadi trending. Apabila kamu mengalami gangguan serupa, bisa melakukan pengaduan terhadap pihak Telkom untuk dilakukan perbaikan lebih lanjut. 

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat pengaduan layanan IndiHome apabila mengalami gangguan, seperti: 

1. Telepon 147 

Cara yang paling mudah untuk melakukan pengaduan layanan terkait gangguan internet IndiHome yakni melakukan panggilan melalui call center 147. Jangan lupa, tambahkan kode area masing-masing sebelum melakukan panggilan ke call center IndiHome 147. Kamu bisa menceritakan keluhan terkait gangguan internet IndiHome yang dialami lewat call center 147 sebelum nantinya teknisi datang ke lokasi untuk melakukan perbaikan. 

2. DM lewat sosial media IndiHome Care

Bila tidak memiliki pulsa yang cukup atau tidak terhubung dengan jaringan telepon rumah, pengaduan bisa dilakukan lewat sosial media IndiHome Care. Kamu bisa menyampaikan keluhan terkait gangguan internet IndiHome melalui DM (Direct Message) supaya lebih aman.  Sosial media IndiHome Care bisa kamu temukan lewat Twitter, Facebook dan juga Instagram. 

Baca Juga:  Data Sertifikat Vaksin COVID-19 Bermasalah? Ini Hal yang Perlu Kamu Lakukan

3. Lewat aplikasi myIndiHome

Apabila kesulitan mengakses sosial media IndiHome Care, masih ada alternatif lainnya supaya bisa melakukan pengaduan layanan. Aplikasi my IndiHome kini tersedia di App Store dan Play Store, bisa pasang aplikasi tersebut untuk mengetahui berbagai informasi terkait layanan internet yang kamu gunakan. 

Kamujuga bisa melakukan pengaduan layanan internet IndiHome lewat aplikasi tersebut. Cara melakukan pengaduan yakni Login dengan akun IndiHome yang telah didaftarkan. Lalu arahkan ke menu Beranda > Bantuan, pilih beberapa jenis gangguan sesuai yang dialami. 

4. Mengunjungi Plasa Telkom

Alternatif terakhir, bila kesulitan mengakses beberapa cara di atas, kunjungi Plasa Telkom terdekat di kotamu. Ceritakan keluhan terkait gangguan internet IndiHome yang kamu gunakan dengan Customer Service. Setelah laporan dibuat, nantinya pihak teknisi akan datang ke rumah untuk melakukan pengecekan serta perbaikan. 

Baca juga: Gampang banget! Begini Cara Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Internet Utama 2021

Bagikan
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top