SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Thursday, July 11, 2024
spot_imgspot_img
HomeTekno6 Lokasi Pertama yang Akan Dapat Jaringan Internet 5G Telkomsel

6 Lokasi Pertama yang Akan Dapat Jaringan Internet 5G Telkomsel

MediaGo – Kabar gembira bagi para pengguna setia kartu Telkomsel. Sebentar lagi perusahaan telekomunikasi terbesar se-Indonesia tersebut akan meluncurkan layanan 5G di kota-kota besar dalam waktu dekat.

Hal ini seperti yang dikatakan oleh menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G, yang menyebutkan rencana itu akan terealisasi bila Telkomsel selesai dan dinyatakan lulus dalam seluruh proses Uji Laik Operasi (ULO) teknologi 5G.

Uji Coba teknologi terbaru 5G ini menggunakan pita frekuensi radio 2,3 GHz untuk data plane dan pita frekuensi radio 1800 MHz untuk control plane.

Apabila seluruh proses ULO teknologi 5G oleh Telkomsel ini telah selesai dan dinyatakan lulus, Telkomsel pada tahap awal merencanakan akan melakukan launching pertama pertama di jakarta yang meliputi 6 lokasi,” kata Johnny.

Johnny membeberkan enam lokasi di Jakarta yang akan mendapatkan teknologi 5G pertama kali antara lain perumahan Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Bumi Serpong Damai, Widya Chandra, dan Alam Sutera.

Selain di Jakarta, Johnny juga menyebut Telkomsel sudah berencana menyediakan layanan 5G ini di Batam, Medan, Solo, Bandung, Surabaya, Makassar, Denpasar, dan Balikpapan.

“Dan akan menyusul di berbagai kota dan lokasi prioritas lainnya,” ujarnya.

Jaringan 5G merupakan teknologi seluler generasi selanjutnya yang memiliki kecepatan lebih tinggi dari generasi sebelumnya dalam hal seperti mengunduh (download) data ke perangkat dan latensi (kelambatan).

5G ini akan memberikan kecepatan data hingga 10 kali bahkan 100 kali lebih cepat dari jaringan 4G yang ada saat ini. Pengguna 5G dapat menikmati kecepatan unduhan pada gigabit per detik (Gb/s), jauh lebih besar dari puluhan megabit per detik (Mb/s) kecepatan 4G.

Lebih lanjut, Johnny menyampaikan bahwa Telkomsel sedang melakukan proses ULO jaringan 5G di Direktorat Jendral Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kominfo.

Sesuai ketentuan yang berlaku, setiap operator seluler yang akan memberikan layanan seluler dengan teknologi baru wajib melakukan ULO untuk dipastikan layanan seluler kepada masyarakat telah memenuhi kualitas layanan yang memadai.

Untuk pemanfaatan spektrum frekuensi radio yang akan digunakan layanan 5G, Johnny berkata diserahkan kepada masing-masing operator seluler. Dia menyebut opsel dapat menggunakan pita frekuensi radio eksisting yang telah dimiliki karena berlaku prinsip teknologi netral.

CopyAMP code
Syalfa Zahra
Syalfa Zahra
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular