You are here
Home > News >

HUT RI Ke-76, Ini 3 Fakta Menariknya

HUT RI KE-76

HUT RI Ke-76 – Seperti yang kita ketahui bersama, HUT RI yang ke 76 jatuh pada tanggal 17 Agustus 2021. Namun, pada saat ini Indonesia sedang dalam kondisi darurat covid-19. Oleh karena itu, peringatan hari ulang tahun Republik Indonesia berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Meskipun tidak semeriah sebelum pandemi, ada 5 fakta menarik di HUT RI Ke-76. Apa saja  

3 Fakta Menarik di HUT RI Ke-76

ada yang menarik nih di Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-76. Untuk lebih jelas nya simak fakta-fakta menariknya di bawah ini :

  • Tema
HUT RI KE-76

Mengenai tema HUT RI Ke-76, 17 Agustus 2021. Tema sudah ditetapkan oleh Bapak Presiden RI Joko Widodo, yaitu dengan tema “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”.

Tema ini mengandung makna Indonesia Tangguh menghadapi krisis yang selama ini menimpa Indonesia apalagi selama pandemi Covid-19 . Meskipun begitu Indonesia harus tetap selalu tumbuh dan bangkit.

  • Logo

Pembuatan logo kemerdekaan RI sendiri merupakan visualisasi dari tema ‘’ Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh’’. Logo HUT RI KE-76 mengandung makna, angka 7 berarti sebagai bagian dari ‘tiang pancang’ infrastruktur. Perancangan  oleh pemerintah untuk mendukung percepatan perekonomian Indonesia.

Bentuk ini melambangkan ‘kepala Garuda’ yang melambangkan Pancasila yang menjadi landasan berbangsa dan bernegara.  Bentuk angka enam mengandung makna orang dan roda yang sedang bergerak terus maju kedepan. Melambangkan  pertumbuhan dan percepatan ekonomi Indonesia.

Bentuk garis sejajar antara angka 6 dan 7, bermakna ‘ruang’ . Negara memberikan ruang demokrasi kepada rakyat . Sedangkan, bentuk lingkaran mencerminkan harapan akan keberhasilan dari semua hal untuk  kedepannya, bisa juga melambangkan  ‘persatuan’ Indonesia.

  • Upacara Virtual dan Lomba Virtual
HUT RI KE-76
sumber gambar: pixabay.com

Selain itu, karena dalam masa pandemi Covid-19 pemerintah mengajak seluruh masyarakat melakukan upacara secara  virtual melalui video converence. Nantinya upacara akan dilaksanakan pemerintah di istana negara secara minimalis dan menggunakan protokol kesehatan yang ketat.

Masyarakat juga dapat berpartisipasi secara daring mengingat sedang dalam pandemi Covid-19. Nantinya juga akan ada lomba virtual pada website Rumah Digital Indonesia.

Semangat dan perjuangan mengisi kemerdekaan harus tetap sama. Hanya saja ruangnya yang berbeda karena secara daring. Nah itu 3 fakta menarik mengenai HUT RI Ke-76 di masa pandemi Covid-19.

Leave a Reply

Top