You are here
Home > Kuliner >

Ini Loh 9 Makanan Teraneh di Dunia, Berani Coba?

makanan teraneh di dunia

MediaGo – Makanan teraneh di dunia memang cenderung dianggap unik dan ekstrem bagi sebagian orang Indonesia. Tentu saja hal ini disebabkan karena lidah dan kebiasaan konsumsi makanan setiap negara berbeda-beda.

Makanan yang tidak lazim dikonsumsi oleh orang Indonesia justru dianggap lazim oleh negara tetangga. Makanan aneh di dunia kebanyakan berasal dari bahan makanan yang tidak biasa disajikan di meja makan. Hal inilah yang membuat makanan ini dikategorikan sebagai makanan aneh, bahkan oleh kebanyakan orang.

Banyak orang pasti lebih suka mengonsumsi makanan yang enak dan mewah bukan? Tetapi jangan heran kalau makanan aneh di dunia ternyata banyak juga peminatnya.

Berikut kumpulan makanan teraneh di dunia yang sudah dirangkum dari berbagai sumber, apa saja?

9 Makanan Teraneh di Dunia

1. Balut – Filipina

makanan teraneh di dunia

Balut merupakan makanan aneh yang terbuat dari telur yang sudah berembrio. Telur-telur ini memang sengaja dibiarkan hingga embrio di dalamnya mulai berwujud. Kemudian telur-telur ini dimasak ke dalam air mendidih. Cara memakannya dengan diberi garam sedikit. Dan makanan ini juga biasa digunakan untuk suatu upacara di daerah setempat.

2. Surstömming (ikan basi) – Swedia

makanan teraneh di dunia

Ikan haring dari Laut Baltik yang difermentasi dengan garam supaya tidak basi. Cara penyajiannya ditempatkan dalam kaleng, karena ketika dibuka akan mengeluarkan aroma yang tajam. Kamu harus mengonsumsinya di ruangan terbuka.

3. Haggis

makanan teraneh di dunia

Haggis merupakan makanan aneh yang terbuat dari jeroan yang berisikan paru-patu, hati, dan jantung domba. Jeroan tersebut dicincang dan dipadukan dengan berbagai macam rempah-rempah seperti garam, suet, oat, dan kaldu. Tampilannya juga cukup aneh karena sebelum direbus, satu kesatuan jeroan dan rempah-rempahnya dibungkus ke dalam lambung domba baru. Kemudian semuanya direbus kurang lebih 3 jam.

4. Mata tuna – Jepang

makanan teraneh di dunia

Meskipun terlihat menjijikkan, ternyata ini memiliki rasa yang hampir sama seperti gurita atau cumi-cumi. Tidak hanya daging tuna yang bisa diambil, tapi matanya juga bisa dikonsumsi lho.

5. Black Pudding

makanan teraneh di dunia

Black pudding merupakan makanan aneh yang terbuat dari sosis dan darah. Bukan pudding manis tetapi puding gurih lebih tepatnya. Sosis ini akan dimasak dengan darah, lalu dibekukan. Makanan ini biasa digunakan untuk sarapan pagi.

6. 1000 tahun telur – Tiongkok

makanan teraneh di dunia

Setelah disimpan dalam campuran malam, abu, dan kapur mentah selama beberapa bulan. Sehingga, telur yang ada di dalamnya mulai berubah warna juga. Kuning telurnya berubah menjadi hijau gelap atau hitam, dan putih telurnya menjadi cokelat gelap dan seperti jelly.

7. Escamoles

makanan teraneh di dunia

Escamoles merupakan makanan aneh yang terbuat dari telur semut hitam raksasa Liometopum. Uniknya lagi, telur dari semut ini sulit untuk ditemukan karena semut ini juga sangat berbisa. Makanan ini biasa disantap dalam taco dengan guacamole.

8. Casu marzu (keju basi) – Italia

makanan teraneh di dunia

Keju ‘basi’ ini merupakan makanan tradisional yang berupa balok keju domba berisi larva serangga yang masih hidup. Ternyata serangga tersebut berguna untuk memberikan rasa dalam kejunya, tetapi begitu melihat serangga yang menggeliat dan bergerak pasti akan menurunkan selera makanmu.

9. Burger Cindil

makanan teraneh di dunia

Makanan teraneh di dunia ini merupakan burger dengan daging anak tikus. Memilih anak tikus karena menurut sebagian orang, cindil atau anak tikus yang baru lahir di percaya bisa menambah stamina dan membuat tubuh lebih fit. Bahkan cindil juga dipercaya memiliki kandungan protein yang tinggi. Makanan ini biasa dikonsumsi oleh penduduk China.

Itulah beberapa makanan teraneh di dunia yang terlalu ekstrem untuk dicoba. Tapi apakah kamu berani untuk mencobanya?

Fitrianingsih
Hi, i love writing and love my job as content writer, editor, or copywriting.

Leave a Reply

Top