SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Sunday, May 26, 2024
spot_imgspot_img
HomeNewsMarcel Chandrawinata Dorong Gaya Hidup Hijau Jadi Gerakan Nasional

Marcel Chandrawinata Dorong Gaya Hidup Hijau Jadi Gerakan Nasional

MediaGo – Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, aktor dan aktivis hijau Marcel Chandrawinata mengajak seluruh elemen masyarakat, terutama generasi muda untuk lebih peduli pada lingkungan.

Hal itu dia sampaikan dalam acara webinar Berjudul “Hemat Energi, Tetap Ramah Lingkungan” yang diselenggarakan Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP).

Baca juga: Hari Lingkungan Hidup Sedunia, UNDP Serukan Kaum Muda Dalam Transisi Energi Bersih

Marcel Chandrawinata mengingatkan kaum muda untuk “mulai dari diri sendiri” untuk membantu mendorong gaya hidup hijau menjadi gerakan nasional.

“Hidup hijau bukanlah pilihan, itu tanggung jawab kita. Kita perlu hidup efisien. Dengan menerapkan gaya hidup bersih, kita bisa menjadi contoh bagi teman-teman kita dan orang lain,” katanya.

Meskipun dukungan publik meningkat untuk efisiensi energi, hal tersebut tetap menjadi isu politik yang sensitif karena Indonesia sebagian besar bergantung pada sektor energi fosil.

Pendiri dan Direktur Divers Clean Action Switenia Puspa menuturkan, pemuda memasuki tahap dalam kehidupan mereka di mana mereka ingin merancang masa depan mereka.

“Jadi kita perlu menciptakan peluang alternatif bagi mereka. Kita perlu menciptakan peluang menarik di sektor energi hijau dan terbarukan,” tuturnya.

Sementara itu, Arsitek Hijau Stephanie Larassati berbagi tips praktis untuk mengadopsi gaya hidup ramah lingkungan di rumah, mulai dari mengurangi penggunaan listrik hingga menggunakan ruang- ruang terbuka dan jendela untuk memaksimalkan cahaya alami.

Baca juga: 4 Desain Kamar Mandi Minimalis Nuansa Hitam Putih

Menerapkan standar internasional hijau di gedung-gedung publik juga merupakan salah satu tujuan utama dari proyek Transformasi Pasar untuk Energi Terbarukan dan Efisiensi Energi (MTRE3) UNDP yang baru-baru ini mendukung upaya perusahaan induk dari dua bandara utama Indonesia — di Jakarta dan Bali — untuk memperoleh standar global ISO 50001 untuk manajemen energi.

Bagaimana apakah kamu setuju dengan Marcel Chandrawinata? Kalau setuju, yuk mulai dari sekarang dan mulai dari lingkungan kecil kamu.

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular