SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Saturday, July 13, 2024
spot_imgspot_img
HomeNewsTips Menghindari Penipuan Berkedok Pengiriman Paket

Tips Menghindari Penipuan Berkedok Pengiriman Paket

MediaGo – Modus penipuan berkedok pengiriman paket semakin marak dan banyak jenisnya. Salah satu modusnya, yaitu melalui pengecekan jasa resi pengiriman jasa ekspedisi dengan permintaan mengunduh aplikasi dengan format apk.

Pelaku penipuan berpura-pura menjadi kurir dan mengirimkan file dengan ekstensi apk yang berbahaya dan mengandung spyware. Cara menipu dengan menggunakan cara ini banyak dikeluhkan di media sosial Twitter.

Terkait spyware, Ahli IT UM Surabaya Taufiqur Rohman menjelaskan, spyware merupakan perangkat lunak berbahaya yang dirancang untuk memasuki perangkat computer smartphone yang gunanya mengumpulkan data informasi penting tentang seseorang, lalu meneruskannya ke pihak ketiga tanpa persetujuan.

Baca juga: Modus Penipuan Social Engineering, Rekayasa Kejahatan Lewat Media Sosial

“Spyware juga dapat merujuk ke perangkat lunak sah yang memantau data seseorang untuk tujuan komersial seperti iklan,” ujar Taufiq dalam tulisannya di laman Universitas Muhammadiyah Surabaya, Senin (12/12/2022).

Menurutnya, spyware berbahaya secara eksplisit yang  digunakan untuk mendapatkan keuntungan dari data yang dicuri seperti pada kasus  hilangnya saldo ATM. Taufiq membagikan sejumlah tips yang bisa dilakukan untuk menghindari penipuan berkedok pengiriman  paket.

Pertama, jangan klik tautan dalam pesan teks. Gunakan aplikasi resmi kurir atau langsung ke situs web resmi pengiriman. Penipu semakin mahir dalam menyalin situs web organisasi tepercaya, sehingga sangat perlu kehati-hatian saat mengklik tautan dalam teks yang mencurigakan.

Baca juga: Begini Cara Mencegah Penipuan di Ranah Digital

Kedua, periksa nomor pelacakan di aplikasi atau situs web resmi. Jika seseorang tidak yakin apakah teks itu asli, periksa nomor pelacakan di aplikasi atau situs web resmi kurir, bukan tautan dari pesan teks.

“Jika pesannya asli maka di aplikasi atau situs web resmi, nomor pelacakan akan menampilkan informasi pengiriman paket kita, jika itu scam, nomor pelacakan tidak akan berfungsi,” kata Taufiq.

Ketiga, periksa URL dan sertifikat SSL. Menurut Taufiq, sebuah situs yang memiliki sertifikat SSL tidak secara otomatis itu adalah situs asli, karena ini dapat diperoleh secara gratis dengan sedikit verifikasi. Selalu periksa URL situs dan jika seseorang tidak yakin, gunakan mesin pencari untuk menemukan versi situs yang sah.

Baca juga: Edukasi dan Literasi Cegah Perdagangan Aset Kripto Skema Member Get Member

Keempat, menginstal aplikasi hanya dari official App. Sebagian besar perangkat android menggunakan sumber aplikasi dari Google Play Store.

“Pastikan layanan Google Play Protect diaktifkan jika perangkat kita mendukungnya. Ini akan memastikan bahwa spyware apapun di perangkat kita dapat dideteksi dan dihapus, sehingga smartphone kita aman dari spyware,” imbuhnya lagi.

Taufiq berpesan, jika seseorang tidak  sengaja mendownload file APK tersebut, maka, segera matikan jaringan internet, kemudian cari file APK yang sudah terinstal  dan segera hapus file  yang berasal dari sumber  file APK.

“Dengan melihat detail informasi waktu yang terbaru lanjutkan dengan merestart smartpohe kita, agar performa kinerja smarphone bisa kembali stabil,” tutup Taufiq.

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular