You are here
Home > News >

Jangan Putus Asa, Ini Hal yang Harus Dilakukan Ketika Lamaran Pekerjaan Ditolak Berkali-kali

Hal yang harus dilakukan ketika lamaran pekerjaan ditolak berkali-kali

Setiap pekerjaan tentu memiliki beberapa persyaratan seperti aspek latar belakang pendidikan, pengalaman bekerja, usia, dan masih banyak lagi. Namun, tak semua orang bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah, beberapa di antara mereka harus mengalami kegagalan terlebih dahulu. Tetapi jangan langsung putus asa, berikut beberapa hal yang harus dilakukan ketika lamaran pekerjaan ditolak berkali-kali. 

Hal yang harus dilakukan ketika lamaran pekerjaan ditolak berkali-kali

Hal yang harus dilakukan ketika lamaran pekerjaan ditolak berkali-kali
Hal yang harus dilakukan ketika lamaran pekerjaan ditolak berkali-kali. (Gambar: http://pexels.com)

Kamu tidak perlu berkecil hati dan menyalahkan diri sendiri, karena hal seperti ini umum terjadi. Beberapa perusahaan pun memiliki kuota calon pekerja yang bisa direkrut. Keterbatasan jumlah karyawan yang bisa direkrut ini pun bisa jadi salah satu alasan kamu belum bisa bergabung dengan perusahaan. 

Oleh karena itu berhentilah bersedih dan tetaplah bersemangat untuk mencoba berusaha lagi. Namun jangan dulu putus asa, berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan ketika lamaran pekerjaan ditolak berkali-kali seperti dilansir dari laman Bobobox

1. Refleksi diri

Pada dasarnya wajar jika manusia melakukan sebuah kesalahan. Kesalahan saat kamu mengisi soal ujian, kesalahan menjawab pertanyaan wawancara, maupun kesalahan lainnya itu wajar terjadi. Tak perlu terlalu merisaukannya dan jangan berkecil hati atas kesalahan yang kamu lakukan. 

Tentu terdapat beberapa faktor yang menjadi penentu kelulusan calon pekerja untuk mendapatkan pekerjaan. Faktor-faktor tersebut dapat melingkupi kemampuan, penampilan, kepercayaan diri, atau bahkan faktor keberuntungan saat kamu melalui proses tes dan wawancara. Namun bukan berarti kemudian kamu harus menyalahkan diri sendiri karena kurang maksimal dalam menjalani proses tes dan wawancara pekerjaan yang telah kamu lalui.

Daripada menyalahkan diri atas kesalahan yang telah kamu lakukan lebih baik coba pelajari lagi pengalaman wawancara pekerjaan yang telah kamu lalui. Mungkin kamu berbicara terlalu cepat atau tidak jelas, terlihat kurang percaya diri, atau mungkin kamu tampil tidak rapi saat wawancara? Tulislah beberapa poin kesalahan atau kekurangan yang kamu lakukan saat wawancara tersebut lalu jadikan pelajaran untuk wawancara selanjutnya.

2. Tetap berpikir positif

Ditolak pekerjaan tentu bukanlah sebuah pengalaman yang menyenangkan. Sebagian orang mungkin langsung merasa tidak bersemangat, murung, dan bersedih saat menerima berita penolakan pekerjaan. 

Ketika orang-orang di sekitar kamu malah menyudutkan kamu dibandingkan memberi kamu dorongan mungkin membuat kamu malah semakin kesal dan kian menyalahkan diri sendiri. Berhentilah menyalahkan diri sendiri, orang lain, dan situasi yang ada.

Kendalikan rasa kesal, amarah, dan sedih kamu dan ambil nafas panjang untuk menenangkan hati dan pikiran kamu. Saat amarah dan rasa sedih menguasai diri kamu hal ini justru merugikan kamu dan hanya akan mempersempit kemungkinan kamu untuk mendapatkan pekerjaan yang baru. 

Kesempatan untuk mendapatkan panggilan wawancara sebenarnya sudah menjadi tanda bahwa kamu memiliki potensi. Buang pikiran negatif dan tetaplah berpikir positif.

3. Jangan menyerah mencari pekerjaan

Jangan sampai penolakan pekerjaan yang kamu terima malah membuat kamu merasa tidak berarti. Percayalah kamu memiliki potensi yang harus kamu perjuangkan untuk bisa dikembangkan di perusahaan yang tepat. Perjalanan mencari dan menemukan perusahaan yang tepat untuk potensi yang kamu miliki memang terkadang terasa sulit.

Ingatlah bahwa penolakan pekerjaan yang terjadi pada kamu bukan berarti kamu harus menyerah. Hadapi penolakan tersebut dengan positif dan kembalilah berusaha untuk mencari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuan kamu. 

4. Hadapi dengan kerja keras

Saat kamu ditolak oleh sebuah perusahaan janganlah merasa khawatir karena kesuksesan akan tetap menunggu kamu. Jangan sampai kamu malah menghabiskan waktu kamu dengan bersedih selepas ditolak dari pekerjaan harapan kamu. Kembalikan fokus kamu dan berusahalah untuk memperbaiki CV, surat lamaran, dan berlatih mengisi beberapa soal kemampuan tes akademik kamu jika dirasa diperlukan.

Beberapa pekerjaan tidak hanya menjadikan sesi wawancara kerja sebagai bahan perhitungan kelulusan calon pekerja. Beberapa tes seperti tes akademik, tes bahasa asing, dan juga tes psikologi terkadang dilakukan untuk mengetahui kemampuan calon pekerja. 

Oleh karena itu, manfaatkanlah waktu kamu untuk berlatih kemampuan public speaking juga tes tertulis kamu agar dalam kesempatan selanjutnya kamu bisa melalui proses seleksi calon pekerja dengan maksimal.

5. Kamu butuh istirahat sejenak

Ketika kamu mengalami penolakan pekerjaan berkali-kali tentu hal tersebut akan membuat kamu merasa lelah dan emosional. Tentu saja situasi seperti itu tidak baik untuk kamu terutama jika kamu terus memaksakan diri untuk mencari kerja. 

Oleh karena itu, sangat sarankan untuk kamu mengambil waktu sejenak untuk beristirahat dan menenangkan diri. Ambillah waktu agar hati dan pikiran kamu merasa kembali siap untuk berjuang mencari pekerjaan.

Tak perlu terburu-buru dalam melakukan sesuatu dan mengambil keputusan. Mengambil keputusan secara terburu-buru tentu akan memperbesar peluang untuk mendapatkan hasil yang tidak memuaskan. Istirahatlah dengan cukup untuk mengobati hati kamu yang lelah hingga kamu merasa sudah yakin untuk berusaha lagi. Lakukanlah hal yang kamu suka agar kamu kembali bersemangat.

6. Latihan

Setelah kamu selesai mempelajari hasil seleksi calon pekerja yang telah kamu lalui maka inilah saatnya untuk kamu berlatih. Praktekkanlah hal apa saja yang seharusnya kamu tingkatkan saat proses seleksi pekerja. Kamu bisa memperbanyak berlatih dengan menonton video wawancara yang baik dan benar atau berlatih menjawab pertanyaan wawancara di depan cermin.

Pastikan untuk senantiasa menjaga kontak mata dan tersenyum saat menjawab pertanyaan pewawancara. Siapkan diri kamu dengan mengenakan pakaian yang rapi agar kesan pertama pihak perusahaan yang menemui kamu merupakan kesan yang baik. Jadi jangan cepat putus asa ketika kamu mengalami sebuah kegagalan, tetapi jadikan pengalaman untuk lebih baik di kesempatan berikutnya. Dan seperti penjelasan di atas, tak ada salahnya untuk mencoba beberapa hal yang harus dilakukan ketika lamaran pekerjaan ditolak berkali-kali

Baca juga: Agar Dapat Diterima dengan Jelas, Ini Tips Menulis Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik dan Benar

Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

Top