You are here
Home > Otomotif >

5 Kebiasaan yang Bisa Bikin Mobil Cepat Rusak

mobil

MediaGo – Banyak orang yang tidak menyadari kalau beberapa kebiasaan yang sering dilakukan ini bisa membuat mobil mereka cepat rusak.

Tak sedikit dari pemilik kendaraan roda empat yang cenderung abai dalam merawat kendaraaan miliknya. Bahkan, tanpa disadari mereka kerap melakukan beberapa kebiasaan buruk yang dapat membuat performa mobil menurun.

Kurangnya perawatan tak hanya bisa menurunkan performa kendaraan, tapi juga bisa berpotensi mengancam keselamatan saat berkendara.

Kebiasaan yang Bisa Bikin Mobil Cepat Rusak

Merawat kendaraan itu sebenarnya tidak sulit, kamu hanya cukup menghindari berbagai kebiasaan buruk berikut ini, maka kondisi mobil akan tetap terjaga dan prima! Dilansir laman Detik.com, berikut ulasan selengkapnya!

1. Malas service dan ganti oli

servis mobil
Sumber : Lokadata.com

Malas service dan ganti oli yang seharusnya dilakukan secara rutin setiap bulan bisa membuat munculnya berbagai masalah pada kendaraanmu. Sebab, pada setiap kendaraan memiliki komponen yang mesti dilakukan pengecekan secara teratur.

Pada bagian dapur pacu misalnya, terdapat air radiator yang harus diperhatikan dan tidak boleh kering. Pasalnya, air radiator memiliki peran yang cukup penting karena mampu menjaga suhu kendaraan tetap optimal.

Begitu juga dengan penggantian oli juga harus dilakukan secara rutin. Bahkan, penggantian rutin pelumas cenderung tidak boleh ditawar-tawar. Mengingat fungsi oli untuk memberikan lapisan dua permukaan komponen yang bergesekan di dalam mesin kendaraan.

2. Tidak memperhatikan tekanan ban

tekanan ban normal
Sumber : Carmudi.com

Ban adalah salah satu komponen penting pada kendaraan yang wajib untuk diperhatikan. Salah satunya dengan selalu memastikan tekanan ban tetap dalam kondisi prima.

Jika kurang tekanan maka akan membuat ban menjadi lebih lunak sehingga daya cengkram ke aspal kurang maksimal. Untuk itu, para pemilik kendaraan wajib mengecek dan mengisi angin ban secara berkala.

Baca Juga:  Motor Matic Mendadak Boros? Coba Cek 4 Komponen Ini!

3. Melewati Jalan Rusak dengan Kecepatan Tinggi

jalanan rusak
Sumber : Asuransi Astra

Sering kali kita menyetir kendaraan dalam kecepatan tinggi, alasanya bisa bermacam-macam, salah satunya karena dikejar waktu. Namun di musim hujan ini, banyak jalan menjadi rusak dan berlubang, sehingga kita harus lebih waspada dalam menyetir kendaraan. Apabila kita sering memacu kendaraan dijalan yang rusak atau berlubang, akibatnya mobil bisa rusak.

4. Merokok di Dalam Mobil

merokok dalam mobil
Sumber : Tirto ID

Merokok dalam mobil tidak hanya dapat mengganggu para penumpang lainya. Namun juga mampu membuat kabin menjadi tidak nyaman. Kebiasaan ini juga bisa membuat sirkulasi AC menjadi kotor.

Asap rokok akan masuk dan menempel pada filter. Imbasnya, akan menghasilkan aroma yang tidak sedap di dalam kabin kendaraan.

5. Parkir Sembarangan

parkir sembarangan
Sumber : PKTV Kaltim

Kebiasaan ini cukup sering sekali dilakukan oleh para pemilik kendaraan. Memang ada banyak alasan yang membuat kebiasaan ini sulit sekali untuk dihindari mulai dari ketersediaan lahan parkir yang sedikit hingga pemilik kendaraan yang cenderung ‘malas’ mencari tempat parkir yang ideal.

Efeknya, mobil kerap di parkir begitu saja di bawah pohon atau berada di bawah paparan matahari langsung. Padahal saat di parkir di bawah pohon, mobil bisa berisiko terkena getah yang bisa merusak bagian cat kendaraan. Belum lagi kotoran hewan bisa mengotori mobil kalian saat parkir di bawah pohon.

Hal yang lebih bahaya yakni mobil bisa tertimpa ranting pohon yang tumbang. Begitu juga saat parkir di bawah paparan sinar matahari langsung maka akan membuat cat pada mobil mengalami kerusakan.

Oleh karena itu, para pemilik kendaraan sangat disarankan untuk mencari tempat parkir yang aman dan ideal.

Bagikan
Rizky Aditya
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top