SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Saturday, April 13, 2024
spot_imgspot_img
HomeOtomotifHankook Tire Siapkan Ban Mobil Listrik Ramah Lingkungan

Hankook Tire Siapkan Ban Mobil Listrik Ramah Lingkungan

MediaGo – Tren otomotif khususnya yang membahas tentang mobil listrik di Indonesia diprediksi meningkat di tahun 2021. Jumlahnya diperkirakan mencapai 125.000 unit di masyarakat. Sejak awal tahun, pemerintah telah menunjukkan antusiasme dan keseriusan terhadap pembangunan infrastruktur mobil listrik di Indonesia.

Hal itu terlihat dari mulai dibukanya pasar bagi pemain mobil listrik global, hingga penjajakan terhadap produsen baterai untuk mengelola industri baterai lithium dalam negeri. Wacana inipun turut diantisipasi produsen ban seperti Hankook Tire yang bersiap menyambut peralihan perilaku masyarakat.  

Baca juga: Ridwan Kamil Kini Punya Kendaraan Dinas Mobil Listrik Hyundai

Fungsi Ban Mobil Listrik

President Director PT Hankook Tire Sales Indonesia Yoonsoo Shin menyatakan, ban mobil listrik harus mampu mempertahankan esensi performa beremisi rendah tanpa membatasi fleksibilitas berkendara. Jenis mobil ini pada umumnya, beratnya lebih berat 10-20 persen dibandingkan mobil biasa karena menyimpan mesin berbasis baterai. Ini membuat jenis mobil ini dapat menghasilkan torsi yang lebih boros terlebih saat mobil baru dinyalakan.

Baca juga: Waspadai Masalah Ban Ini Saat Cuaca Ekstrem

Ban Mobil Listrik dari Hankook Tire

Dengan begitu, mobil jenis ini membutuhkan ban dengan akselerasi yang lebih sporty, serta pegangan tapak (tread grip) yang tinggi agar tahan dari potensi abrasi yang intens. Penting juga memiliki ketahanan panas yang baik agar dapat bertahan dalam berbagai kondisi.

Hankook Tire telah merancang inovasi ban untuk mobil listrik Kinergy AS EV. 1
Hankook Tire telah merancang inovasi ban untuk mobil listrik Kinergy AS EV. 1

Tipe Hankook Tire, Kinergy AS EV

Hankook Tire telah merancang inovasi ban khusus untuk jenis mobil ini, yaitu Kinergy AS EV. Ban ini mengusung teknologi sound absorber yang mampu mengurangi kebisingan (resonansi) maksimal hingga 9.2db, dan menggunakan kompon Aqua Pine yang terbuat dari ekstrak tumbuhan runjung.

Selain tipe Kinergy AS EV, Hankook Tire juga merilis Ventus S1 Evo 3 EV untuk versi all-electric vehicles, yang diadopsi dari tipe sport. Ban ini mengusung teknologi bead-packing dan kekakuan lateral agar gerakan ban tetap terkendali meski dalam kecepatan tinggi.

Baca juga: Kepulauan Selayar Siap Jadi Tuan Rumah Balap Mobil Offroad Listrik

Yoonsoo Shin menilai, Indonesia masih membutuhkan waktu untuk adaptasi terhadap penerimaan untuk jenis mobil terbaru ini. Tantangan memasarkan mobil jenis ini di Indonesia adalah masih minimnya kesadaran masyarakat menggunakan produk otomotif yang ramah lingkungan. 

“Sebelum beralih sepenuhnya ke ekosistem mobil listrik, masyarakat bisa mengenal ban yang eco-friendly dan merasakan manfaatnya sendiri saat digunakan berkendara,” papar dalam keterangan resmi yang diterima mediago.id.

Baca juga: Pahami Cara Kerja Tekanan Angin Ban Kendaraan

Hankook Tire berharap regulasi mobil listrik di Indonesia bisa segera berlaku dan ekosistem jenis mobil ini dalam negeri semakin terbentuk. Saat ini, Hankook Tire terus berinovasi menciptakan ban yang memiliki kinerja maksimal dalam setiap kondisi dan sesuai dengan pasar di Indonesia.

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular