You are here
Home > Otomotif >

Hyundai Rajai Pasar Kendaraan Listrik BEV pada 2021

Hyundai

MediaGo – Kendaraan listrik kini mulai diminati masyarakat Indonesia. Ini setidaknya terlihat dari capaian penjualan mobil listrik yang dipasarkan PT Hyundai Motors Indonesia (HMID). Selama 2021, mereka mampu memasarkan kendaraan listrik berbasis baterai atau Battery Electric Vehicle (BEV) dengan total penjualan 605 unit dari total 693 transaksi ritel.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), model BEV Hyundai memimpin pangsa pasar BEV sebesar 87,3 persen. Model KONA Electric memimpin segmen BEV dengan penjualan 366 unit atau 52,8 persen dari total penjualan ritel. Kemudian, disusul IONIQ Electric dengan 239 unit atau 34,5 persen.

Pada 2020 sebelumnya, Hyundai juga memimpin pangsa pasar BEV dengan total 124 unit yang terjual dari total 130 transaksi ritel berdasarkan data Gaikindo.

SungJong Ha, President Director PT Hyundai Motors Indonesia, mengatakan pihaknya menyambut baik antusiasme dan penerimaan pelanggan di Indonesia terhadap komitmen Hyundai dalam membangun mobilitas masa depan Tanah Air.

“KONA Electric dan IONIQ Electric telah mencatatkan sejarah mereka di Indonesia dan akan ada lebih banyak lagi pencapaian di masa mendatang,” ungkap SungJong beberapa waktu lalu.

Baca juga: Honda Mulai Serahkan Unit All New Honda BR-V Ke Konsumen

Menurutnya, KONA Electric dan IONIQ Electric yang hadir bersamaan sejak akhir 2020 memang telah menandai permulaan komitmen jangka panjang Hyundai untuk membangun ekosistem EV Indonesia.

“Melalui kerja sama dengan pemerintah Indonesia dan mitra strategis lainnya, Hyundai telah membangun fasilitas pengisian daya kendaraan listrik di lebih dari 180 titik lokasi di penjuru Indonesia, mulai dari Sumatera hingga Papua,” tambah SungJong.

Selain itu, Hyundai kolaborasi bersama LG Energy Solution untuk menjaga pasokan sel baterai yang stabil untuk BEV, yaitu dengan mendirikan pabrik manufaktur sel baterai di Karawang, Jawa Barat, yang mana pembangunannya ditargetkan selesai pada semester pertama tahun 2024.

Siap Luncurkan IONIQ 5

Melanjutkan kesuksesan penjualan kendaraan listrik 2021, Hyundai berencana kembali memperkenalkan mobil listrik terbarunya. IONIQ 5 namanya.

“Kami akan memperkenalkan IONIQ 5 yang akan diproduksi oleh Hyundai di Indonesia. Hal ini tentunya akan semakin memperkuat visi Hyundai untuk era elektrifikasi dan Indonesia akan segera menempati posisi yang lebih tinggi lagi di industri EV global,” ungkap SungJong.

Baca juga: Formula E 2022 Jakarta Resmi Akan Digelar Di Ancol

Menurut SungJong, IONIQ 5 merupakan salah satu model BEV paling ditunggu yang akan diperkenalkan di Indonesia. Mobil listrik ini dirakit secara lokal di pabrik manufaktur Hyundai Motor di Cikarang, Jawa Barat.

“IONIQ 5 juga merupakan model pertama yang akan menggunakan Electric-Global Modular Platform (E-GMP), yaitu platform yang dirancang khusus oleh Hyundai Motor Group untuk model-model EV di masa mendatang,” tutup SungJong.

GP

Leave a Reply

Top