You are here
Home > Pendidikan >

5 Kursus Online Gratis untuk Fresh Graduate, Cobain Deh!

kursus online gratis

MediaGo – Kursus online gratis nampaknya bisa jadi pilihan oleh para fresh graduate yang ingin menambah skill mereka. Tak cuma skill, ternyata sertifikat yang diberikan oleh kursus online tersebut juga memiliki manfaat untuk memperkuat personal branding lho.

Namun, kebanyakan kursus online yang menyediakan sertifikat, biasanya mematok harga yang mengharuskan kita merogoh kocek cukup dalam. Hal ini mungkin membuat sebagian dari kamu akhirnya mengurungkan niat mengikuti kursus tersebut.

kursus online gratis

Kabar baiknya, ada cukup banyak kursus online gratis dengan berbagai bidang yang juga menyediakan sertifikat. Mau tahu apa saja? Berikut 5 di antaranya.

5 Kursus Online Gratis untuk Pemula

1. Google Skillshop

Tahu nggak sih, kalau kamu bisa dapat sertifikat resmi dari Google secara gratis? Lewat Google Skillshop, kamu bisa ikuti berbagai kursus untuk menguasai fitur-fitur Google seperti Google Analytics, Google Ads, hingga serba-serbi pengelolaan konten YouTube.

Jika ingin mendapatkan sertifikat setelah kursus, jangan lupa menyelesaikan assessment yang telah disediakan. Kapan lagi kan, bisa dapat sertifikat resmi Google secara gratis?

Akses Google Skillshop dengan mengunjungi situs skillshop.withgoogle.com.

2. Saylor Academy

Saylor Academy menyediakan berbagai kursus dengan beragam bidang layaknya jurusan di universitas. Beberapa di antaranya yaitu komunikasi, bisnis, filsafat, ilmu komputer, hingga psikologi. Seluruh materi yang disediakan pun berbentuk modul online.

Setelah menyelesaikan semua materi, kamu bisa ikuti ujian untuk mendapatkan sertifikat. Kunjungi situs www.saylor.org untuk mencoba kursus-kursus tersebut.

3. RevoU

RevoU merupakan startup sekolah online yang fokus pada berbagai keterampilan digital seperti digital marketing, business development, SEO, data analytics, hingga social media. Meski kebanyakan kursusnya berbayar, namun RevoU sering mengadakan kursus bersertifikat secara gratis, lho.

Kamu akan mendapat materi berupa modul, serta pembelajaran berupa video lewat YouTube live maupun Zoom. Informasi mengenai kelas gratisnya bisa kamu akses lewat akun Instagram mereka yaitu @revou_id.

4. JF Japanese e-Learning Minato

Apakah kamu tertarik belajar Bahasa Jepang? Kalau iya, situs JF Japanese e-Learning Minato ini bisa kamu coba. Situs yang digagas oleh The Japan Foundation ini tak cuma menyediakan kursus Bahasa Jepang, melainkan juga kursus mengenai kebudayaan Jepang.

Kamu akan belajar lewat situs yang interaktif, disertai pula dengan modul dan video untuk melengkapi pembelajaran. Di akhir tiap level kursus yang disediakan, akan ada ujian dan penilaian untuk mendapatkan sertifikat. Jika tertarik, kamu bisa kunjungi minato-jf.jp untuk mulai mencoba belajar.

5. KT&G Sangsang Class

Program yang disediakan oleh KT&G Sangsang Univ. Indonesia ini menghadirkan berbagai kategori kelas yang menarik. Kelas-kelas yang disediakan di antaranya seperti Bahasa Korea tingkat beginner dan intermediate, makeup, creative writing, graphic design, public speaking, dan masih banyak lagi. Di akhir tiap kelas, kamu akan mendapatkan sertifikat dengan syarat menghadiri semua pertemuan yang telah dijadwalkan.

Selama pandemi, KT&G Sangsang Class akan menghadirkan batch baru setiap bulannya, lho. Agar tak ketinggalan informasi batch selanjutnya, kamu bisa ikuti akun Instagram resmi mereka yaitu @sangsangunivid.

Itulah 5 kursus online gratis bersertifikat yang bisa jadi pilihan para fresh graduates. Semoga bermanfaat, ya!

Fitrianingsih
Hi, i love writing and love my job as content writer, editor, or copywriting.

Leave a Reply

Top