You are here
Home > Gaya Hidup >

9 Tips Kuliah Online Supaya Tetap Fokus dan Hilangkan Rasa Kantuk

Tips kuliah online

Pandemi COVID-19 ini membuat para mahasiswa harus melakukan kuliah online. Namun tentu saja banyak perbedaan yang terjadi selama sistem pembelajaran dilakukan secara virtual. Seberapa sering kamu merasa ngantuk dan tidak fokus selama kuliah online? Tidak bisa dipungkiri aktivitas pasif selama berjam-jam bisa bikin cepat ngantuk dan lelah. Agar tetap mendapatkan hasil yang maksimal, berikut ini tips kuliah online yang paling efektif.

Tips kuliah online yang paling efektif

Masalah tersebut memang wajar dialami setiap mahasiswa selama kuliah daring, tetapi bukan berarti hal tersebut bisa dimaklumi dan dilakukan terus menerus. Berikut tips kuliah online agar kamu bisa tetap fokus dan terhindar dari rasa kantuk. 

Tips kuliah online
Kuliah online. (Gambar: http://ugm.ac.id)

1. Catat manfaat yang akan didapatkan

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan agar kuliah online tetap fokus adalah mencatat manfaat yang akan didapatkan sebelum kuliah daring. Tulis pada sticky note dan tempelkan di gadget atau meja belajar. Catatan tersebut akan mengingatkanmu betapa pentingnya materi hari itu sehingga menuntutmu untuk tetap fokus dan tidak ketinggalan materi.

2. Buat poin-poin materi yang disampaikan dosen

Selanjutnya, buat poin-poin materi yang disampaikan oleh dosen. Hal ini menjagamu agar tetap melek dan memahami materi dengan baik. Agar catatan menarik dan kamu lebih bersemangat, pilihlah notebook yang sesuai selera dengan berbagai perlengkapan alat tulis yang cantik.

3. Ajukan minimal satu pertanyaan

Buat target pribadi untuk selalu bertanya selama kuliah daring, minimal satu pertanyaan. Hal ini juga menuntutmu untuk melakukan persiapan sebelum kuliah online, sehingga saat menerima materi kamu sudah memiliki bahan yang lengkap dan belajar jadi lebih aktif serta efektif.

4. Carilah ruangan yang tidak menimbulkan rasa kantuk

Tips kuliah online
Ruangan khusus kuliah online. (Gambar: http://sevima.com)

Cara jitu yang sering diabaikan saat kuliah online adalah memilih ruangan yang bikin ngantuk, yakni tempat tidur. Bantal, guling, selimut dan kasur yang empuk rentan memicu untuk tidur, apalagi bagi kamu yang memiliki self control rendah. Untuk itu sebaiknya pilih meja belajar yang nyaman dan tenang sehingga belajar bisa fokus dan tidak tergoda untuk tidur.

5. Bersiap-siap seperti berangkat ke kampus

Seperti kegiatan di kantor, sebagian besar kelas perkuliahan sekarang sudah dilaksanakan secara virtual memakai platform seperti Zoom, Skype, dan Google Meeting. Meski tak perlu pergi keluar bersiaplah seperti Anda berangkat ke kampus. Mandi, sarapan, dan mengenakan pakaian yang sopan bukan hanya membuat Anda terlihat rapi di kelas virtual, tetapi juga membuat suasana hati lebih baik dan tubuh segar untuk memulai perkuliahan.

6. Sediakan camilan untuk usir kantuk

Salah satu andalan agar tidak ngantuk selama berkuliah dari rumah adalah konsumsi camilan. Kamu bisa menyiapkan permen karet, buah-buahan, dan snack ringan selama kuliah online. Saat mengantuk, kamu bisa memakannya sehingga mata tetap melek dan segar. Namun, jangan terlalu banyak makan camilan, sebab jika terlalu kenyang juga bisa memicu efek ngantuk.

7. Jauhkan benda yang mengganggu konsentrasi

Smartphone atau ponsel pintar dapat menjadi pedang bermata dua selama perkuliahan online. Mahasiswa membutuhkannya untuk mengerjakan tugas atau presentasi, tetapi gawai tersebut bisa mengganggu konsentrasi saat sedang tak diperlukan. 

Kalau tak mau kehilangan fokus, jauhkan benda-benda yang dianggap mendistraksi dari ruangan belajar. Meski sulit, Anda harus mampu mendisiplinkan diri kalau tak mau ketinggalan mengikuti materi.

8. Sesekali lakukan peregangan

Waspada Piriformis Syndrome, Penyakit yang Diidap Mahasiswa Gegara Kuliah  Online | Zona Mahasiswa
Lakukan peregangan di jam istirahat. (Gambar: http://zonamahasiswa.id)

Apabila kamu merasa ngantuk saat study from home dan sudah melakukan berbagai cara di atas, maka cobalah sesekali untuk bergerak, seperti lari di tempat, gerakan tangan, kepala, kaki, dan lainnya. Hal ini bisa sedikit membuatmu tetap terjaga dan segar selama kuliah online.

Selain itu, perkuliahan online secara tak langsung mengurangi aktivitas fisik, sebab akan lebih sering menghabiskan duduk di depan layar laptop atau smartphone. Untuk membuat tubuh kembali rileks, imbangi dengan latihan fisik seperti stretching atau jalan kaki. Kebiasaan ini akan meningkatkan produksi endorfin, hormon yang bertugas memperbaiki suasana hati hingga meredakan stres.

9. Jangan lupa minum air putih

Langkah terakhir, siapkan minum air putih, bagi kamu pencinta minuman segar, tak ada salahnya menyiapkan dalam kondisi dingin. Hal ini bisa menjagamu tetap segar dan tidak dehidrasi yang bisa memicu pada sakit kepala.

Itulah tips kuliah online agar kamu bisa tetap fokus dan tidak mengalami rasa kantuk secara terus menerus. Selamat mencoba, ya.

Baca juga: Ini Tips Belanja Online saat PPKM Darurat, Gak Bikin Jebol

Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

Top