You are here
Home > Pendidikan >

6 Perpustakaan Terbaik di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Perpustakaan terbaik di Indonesia
Bagikan

Bagi sebagian orang, membaca buku adalah hal yang menyenangkan dan oleh sebab itu mereka mencari tempat membaca seperti perpustakaan terbaik di Indonesia yang menyediakan berbagai macam pilihan buku. Tentu saja perpustakaan yang nyaman akan menjadi tujuan utama, namun kini kamu tak perlu lagi jauh-jauh ke luar negeri karena Indonesia juga memiliki beberapa perpustakaan yang keren dan nyaman, lho. Berikut ini beberapa perpustakaan terbaik di Indonesia yang bisa kamu kunjungi. 

Perpustakaan terbaik di Indonesia 

Perpustakaan terbaik di Indonesia
Perpustakaan terbaik di Indonesia. (Gambar: http://pexels.com)

1. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia atau yang biasa disebut sebagai Perpusnas berada di Jakarta Pusat. Dinamakan Perpustakaan Nasional karena perpustakaan ini memang milik pemerintah. Perpusnas menjadi perpustakaan nasional tertinggi di dunia. Tingginya mencapai 126 meter dan terdiri dari 24 lantai ditambah 3 lantai parkiran atau basement.

Ada banyak sekali buku yang disimpan di Perpusnas, termasuk juga buku-buku langka yang sudah tidak ditemukan di toko buku. Tak hanya itu saja, di lobi Perpusnas, juga ada sebuah rak buku raksasa yang menjulang dari lantai satu ke lantai empat.

2. Perpustakaan Universitas Indonesia

Sesuai dengan namanya, perpustakaan ini dimiliki dan memang terletak di area Universitas Indonesia, salah satu universitas negeri di Indonesia. Universitas Indonesia sendiri berada di Depok, Jawa Barat. Namun, masih cukup dekat kalau kita berangkat dari Jakarta.

Di perpustakaan ini, ada sekitar lima juta buku yang terdiri dari berbagai macam kategori buku. Perpustakaan ini mulai dibangun pada Juni 2009 dan diresmikan pada Mei 2011.

3. Perpustakaan Institut Teknologi Bandung

Perpustakaan ini dimiliki dan terletak di area Institut Teknologi Bandung (ITB). Sama seperti Perpustakaan UI, Perpustakaan ITB juga biasanya dikunjungi oleh kakak-kakak mahasiswa. Walaupun begitu, ada juga sebagian orang yang datang ke sini yang bukan merupakan mahasiswa, tapi memang sekadar untuk membaca buku jadi bisa digunakan untuk umum.

Baca Juga:  Cara TikTok Dukung Pendidikan Indonesia

Ada banyak sekali koleksi buku di perpustakaan ini. Mulai dari buku pengetahuan umum, buku sejarah, majalah, sampai tugas skripsi milik mahasiswa.

4. Grhatama Pustaka

Grhatama Pustaka merupakan sebuah perpustakaan yang berada di Bantul, Yogyakarta. Perpustakaan ini menjadi salah satu perpustakaan terbesar di Indonesia, sekaligus menjadi perpustakaan terlengkap di Yogyakarta. Grhatama Pustaka menyediakan berbagai macam koleksi buku, termasuk buku anak-anak. Bahkan lantai satu gedung ini dibuat khusus untuk anak-anak. Ada ruang baca yang berisi buku anak-anak, ruang dongeng, ruang bermain, dan ruang musik.

5. Perpustakaan Soeman HS

Perpustakaan Soeman HS berada di Pekanbaru, Riau. Sama seperti Perpusnas, perpustakaan ini milik pemerintah, tepatnya Pemerintah Riau. Karena itulah, perpustakaan berlantai enam ini menjadi sebuah perpustakaan provinsi.

Nama perpustakaan ini sendiri diambil dari nama Soeman Hasiboean atau Soeman Hs, seorang penulis cerita pendek dan fiksi detektif asal Riau. Perpustakaan ini menyimpan koleksi buku yang cukup lengkap, termasuk juga literatur yang berhubungan dengan Melayu.

6. Perpustakaan Microlibrary Bandung

Perpustakaan yang satu ini terletak di Taman Bima, Kota Bandung. Dibangun pada tahun 2015, perpustakaan ini memiliki desain yang amat unik karena bangunannya dibuat dari susunan 2000 limbah ember es krim plastik. 

Lebih uniknya lagi, lubang ember es krim tersebut membentuk sebuah pola binary code, yang tulisannya yaitu “Buku adalah Jendela Dunia”. Karena desainnya yang unik inilah, Perpustakaan Microlibrary Bandung berhasil mendapatkan penghargaan arsitektur yang salah satunya adalah apresiasi Lafarge Holcim Awards for Sustainable Construction Asia Pacific pada tahun 2017 silam. 

Perpustakaan ini sengaja dibuat dengan 2000 ember es krim plastik, untuk menunjukkan bahwa barang-barang plastik jika dimanfaatkan secara kreatif akan menjadi nilai tambah terhadap barang-barang bekas tersebut. 

Baca Juga:  Memilih Jurusan Kuliah Membuat Bingung? Intip 3 Tipsnya!

Perpustakaan ini menyediakan berbagai fasilitas seperti koleksi buku, mainan tradisional, alat peraga PAUD, kegiatan knowledge sharing, story telling, english club, gemar membaca, dan juga dapat berkumpul dengan komunitas yang tentunya dapat dimanfaatkan oleh segala kalangan yang berkunjung ke perpustakaan ini.

Baca juga: Jadi Rutinitas Sebelum Tidur, Ini 7 Manfaat Membacakan Dongeng untuk Anak


Bagikan
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top