You are here
Home > Tekno >

Aplikasi Desain Grafis yang Cocok untuk Pemula

Aplikasi desain grafis yang cocok untuk pemula

Tak disangka saat ini seni desain grafis semakin digemari banyak sekali oleh orang apalagi, teknologi semakin canggih. Tak perlu lagi melewati berbagai cara yang rumit, bagi kamu para pemula ternyata ada aplikasi desain grafis yang cukup praktis dan mudah dioperasikan. Berikut ini beberapa aplikasi dari desain grafis yang cocok untuk pemula. Apa saja, ya?

Aplikasi desain grafis yang cocok untuk pemula

1. Canva

Aplikasi desain grafis yang cocok untuk pemula
Aplikasi Canva. (Gambar: http://canva.com)

Aplikasi desain grafis Canva tentu menjadi yang paling populer di kalangan masyarakat. Selain mudah digunakan untuk pemula, aplikasi yang satu ini juga memiliki banyak sekali pilihan template yang bisa langsung dipakai. 

Canva menjadi salah satu aplikasi yang sangat diandalkan oleh banyak orang untuk mengolah foto atau gambar dengan berbagai macam desain yang tersedia di Canva. Canva dapat memanjakan seseorang untuk membuat sebuah karya desain grafis yang sangat bagus, bahkan hanya lewat handphone saja.

Aplikasi yang satu ini menyediakan berbagai template mulai dari pembuatan logo, edit foto, font, pembuatan CV, Instagram story dan feed, cover YouTube, hingga file-file presentasi untuk pekerjaan, lho. 

Setelah men-download aplikasi Canva, nanti kamu akan mendapatkan banyak pilihan. Misalnya, kamu ingin membuat CV, maka nanti akan muncul pilihannya dan Canva telah menyediakan berbagai template CV. Tak hanya men-download Canva lewat komputer, kamu juga bisa mengoperasikannya di handphone.

Selanjutnya, jika kamu ingin mendapatkan fitur yang lebih dari Canva, kamu bisa mengubah akun yang dimiliki dengan Canva Pro. Aplikasi Canva Pro ini kamu akan mendapatkan fitur yang lebih banyak dan komplet.

2. PicsArt

Aplikasi desain grafis yang cocok untuk pemula
Aplikasi PicsArt. (Gambar: http://lifestyle.kontan.co.id)

Pilihan desain grafis lain yang bisa kamu gunakan adalah PicsArt. Aplikasi desain grafis yang satu ini memang cukup populer dalam mengedit foto. Pada dasarnya sama halnya dengan Canva, PicsArt juga menyajikan berbagai macam desain yang menarik untuk mengolah foto.

PicsArt sendiri juga menyediakan berbagai macam fitur seperti desain 3D, mengatur tingkat kecerahan, shadows, contrast, color, hingga blend. Semua komplet di PicsArt, hanya saja hasilnya tentu tergantung bagaimana kamu mengolahnya. 

Aplikasi desain grafis yang satu ini cocok bagi kamu yang suka mengedit foto dan mengunggahnya di Instagram atau media sosial lainnya.

Umumnya lebih banyak orang yang download PicsArt di handphone karena dianggap sebagai aplikasi yang cukup mudah digunakan untuk sehari-hari, atau bisa menggunakannya langsung lewat komputer. Bila kamu menginginkan fitur yang lebih dari PicsArt, kamu juga bisa mengubah akunmu ke akun PicsArt Pro, ya. 

3. Afterlight

Aplikasi desain grafis yang cocok untuk pemula
Aplikasi Afterlight. (Gambar: http://lawangtechno.com)

Sedikit agak berbeda dengan kedua aplikasi di atas, umumnya banyak orang menggunakan aplikasi Afterlight hanya untuk mengubah tone warna suatu foto. Afterlight juga menjadi salah satu aplikasi desain grafis yang menyediakan berbagai fitur unik dan menarik, lho.

Perlu kamu ketahui bahwa Afterlight memiliki sekitar 15 adjustments tools dengan 59 filters, ditambah dengan 66 textures. Apabila kamu menginginkan fitur yang lebih komplet, kamu juga menggunakan Afterlight yang berbayar. Aplikasi ini dapat di-download di Play Store maupun AppStore. Bagi kamu yang suka mengedit foto, tidak ada salahnya untuk mencoba aplikasi desain grafis yang satu ini.

4. Adobe Photoshop Express

Aplikasi desain grafis yang cocok untuk pemula
Aplikasi Adobe Photoshop Express. (Gambar: http://pendidikanmaju.com)

Bagi para pengguna Adobe Photoshop tentu sudah tidak lagi asing dengan aplikasi ini, sejak awal memang para desain grafis paling sering menggunakannya untuk mengedit berbagai gambar dan photo. Bisa dibilang bahwa Adobe Photoshop mungkin adalah salah satu aplikasi desain grafis yang paling populer.

Selain di komputer, aplikasi ini memiliki Adobe Photoshop Express yang bisa kamu gunakan melalui handphone. Kamu bisa mengedit foto gratis melalui aplikasi ini dengan sepuasnya.

Meskipun demikian, kamu juga bisa menggunakan fitur berbayar dari aplikasi ini. Namun, fitur yang gratis pun sudah dilengkapi dengan berbagai filter yang siap mempercantik foto kamu. Lewat aplikasi ini kamu bisa melakukan compose dan crop terhadap foto, lalu memberikan sentuhan warna dengan khas vintage, serta menghilangkan noise yang ada di dalam foto.

5. Sketchbook

Terakhir, ada aplikasi Sketchbook yang menjadi opsi lainnya untuk mengolah gambar menjadi sebuah karya yang indah. Menurut Digital Arts Online, Sketchbook membantu kamu dalam membuat ide sketsa yang menarik dan nantinya akan membuat segala hal yang kompleks menjadi sangat sederhana.

Hal ini karena banyak sekali fitur yang disajikan oleh Sketchbook. Kamu tidak perlu khawatir, sebab di dalam Sketchbook sudah ada tools seperti brush library, blending modes, distort transform dan lain sebagainya.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi desain grafis yang cocok untuk pemula. Selain mudah dan praktis saat digunakan, kamu bisa memilih berbagai template yang gratis maupun berbayar. Selamat mencoba, ya. 

Baca juga: 5 Website Penting Bagi Para Pejuang Konten

Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

Top