SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Tuesday, April 16, 2024
spot_imgspot_img
HomeGaya HidupJadi Rutinitas Sebelum Tidur, Ini 7 Manfaat Membacakan Dongeng untuk Anak

Jadi Rutinitas Sebelum Tidur, Ini 7 Manfaat Membacakan Dongeng untuk Anak

Mediago.id – Tanpa disadari salah satu manfaat membacakan dongeng untuk anak sebelum tidur bisa menjalin ikatan batin dengan si Kecil. Tidak hanya untuk menidurkan anak, membaca dongeng juga mampu meningkatkan kreativitasnya sejak usia dini.

Apalagi jika cerita dongeng yang kamu pilih mengandung pesan moral yang baik, hal itu sudah terbukti bisa meningkatkan nilai moral pada anak. Berikut ini juga beberapa manfaat lain membacakan dongeng untuk anak. 

Kapan Waktu yang Baik untuk Membacakan Dongeng si Kecil?

Manfaat membacakan dongeng untuk anak
Waktu tepat membacakan dongeng untuk anak. (Gambar: http://pixabay.com)

Waktu terbaik membacakan dongeng untuk anak sebenarnya bisa dimulai sejak usia sedini mungkin, tujuannya untuk meningkatkan imajinasi mereka. Atau kamu diperbolehkan memulai membacakan dongeng sejak si Kecil masih dalam kandungan, yaitu bercerita melalui suara. Perlu kamu ketahui bahwa bayi mengenali suara ibu mereka dari dalam rahim.

Menyisihkan waktu untuk membaca cerita setiap hari adalah kebiasaan yang baik. Waktu tidur  malam dan tidur siang adalah waktu terbaik. Menjadikan membaca sebagai bagian dari rutinitas malam hari akan membantu bayi merasa tenang dan memahami bahwa inilah waktunya untuk tidur. 

Baca juga: 9 Cara Mendidik Anak yang Baik Ala Rasulullah

Manfaat Membacakan Dongeng untuk Anak Sebelum Tidur 

Membaca untuk anak akan membantu mereka memproses kata-kata lebih cepat di kemudian hari. Cerita pengantar tidur adalah cara yang bagus untuk meningkatkan interaksi antara ibu dan anak. Berikut ini beberapa manfaat membacakan dongeng untuk anak sebelum tidur seperti dilansir dari laman Mom Junction:

1. Meningkatkan Komunikasi

Membacakan cerita untuk anak membantu mengembangkan keterampilan komunikasi lisan bayi, kemampuan mendengarkan, memori, dan keterampilan pengenalan bahasa. Ini adalah cara yang baik untuk memperkuat kosakata dan struktur kalimat yang berbeda sejak usia dini.

Seiring waktu dan usia, anak akan belajar berkomunikasi melalui bahasa tubuh, metode verbal, mendengarkan, dan kata-kata tertulis. Bayi akan mendengar semua suara yang diperlukan untuk berbicara bahasa ibu pada saat berusia satu tahun. Semakin banyak kamu membacakan dongeng untuk anak, semakin banyak si kecil terpapar kata-kata baru. 

2. Perkembangan Sosial dan Emosional

Ilustrasi dan cerita berjalan beriringan, anak pun akan dapat mengembangkan ide tentang berbagai mainan, hewan, burung, dan sebagainya. Kamu akan menemukan si Kecil mulai menggunakan kata-kata baru untuk berpikir, merasakan dan mengekspresikan perasaannya.

3. Keterampilan Kognitif

Jauh sebelum anak mulai berbicara, dia akan menyerap informasi tentang bahasa dengan cara  mendengarkan cerita yang kamu bacakan. Hal ini tentu akan menuai keuntungan ketika anak memulai pendidikannya. Anak bayi sekitar sepuluh bulan dapat belajar membalik halaman dan mendengarkan kata-kata baru. Saat si Kecil terus tumbuh, dia akan belajar seni membaca dari kiri ke kanan. 

Kemudian bayi yang berusia sekitar satu tahun, dapat mengembangkan keterampilan pemecahan masalah mereka dengan mendengarkan cerita pengantar tidur yang kamu bacakan.

4. Meningkatkan Perhatian pada Minat Membaca

Melibatkan bayi dalam cerita pengantar tidur adalah cara terbaik untuk membantunya terbiasa dengan kebiasaan membaca. Ini memang kebiasaan yang sangat berguna dan sehat. Kamu dapat meningkatkan keterampilan perhatiannya dengan membacakan untuknya setiap malam.

5. Meredakan Kecemasan 

Membacakan dongeng juga menjadi salah satu cara yang baik untuk menenangkan pikiran dan tubuhnya sebelum tidur. Bahkan jika dia terlalu bersemangat, membaca cerita akan membantunya terlibat dalam dunia yang sama sekali berbeda dan menghilangkan semua kecemasan yang dialaminya.

6. Meningkatkan Kepribadian dan Pengetahuan

Saat anak mulai tumbuh, ia mungkin mulai mencari beberapa orang dan mendapatkan inspirasi dari mereka. Waktu membaca adalah waktu yang tepat untuk mempengaruhi si Kecil dan mengajarkan mereka pelajaran hidup. Hal ini dapat meningkatkan kepribadian dan pengetahuannya saat mulai beranjak tumbuh. 

7. Menjadi Kebiasaan

Ketika kamu mulai membuat kegiatan membaca cerita sebagai rutinitas si Kecil, hal itu menjadi kebiasaan dari hidupnya. Lambat laun, membaca menjadi suatu kesenangan, dan kamu tidak perlu memintanya membaca setelah dewasa. 

Jenis Cerita apa yang Baik untuk Dibacakan Pada Anak?

Manfaat membaca dongeng untuk anak
Jenis buku yang tepat untuk dibaca oleh anak. (Gambar: http://pixabay.com)

Cerita sederhana apa pun untuk anak dengan ilustrasi warna-warni sebenarnya baik untuk anak. Pilih cerita pendek sederhana untuk bayi yang terkait dengan tahap kehidupan mereka saat ini, seperti bagaimana seorang anak laki-laki menemukan mainannya yang hilang atau bagaimana seorang gadis belajar menggunakan kursi toilet.

Cerita dengan gambar yang tepat akan mengenalkan si kecil pada berbagai mainan, hewan, burung, dan lainnya. Cerita dengan detail kecil seperti perbedaan warna, bentuk, dan ukuran akan membantunya membedakan antara pilihan yang tersedia. 

Bayi kecil mungkin tidak mengidentifikasi gambar, tetapi mereka tertarik pada pola yang berbeda dan warna yang kontras saat penglihatan mulai berkembang. Tambahkan cerita-cerita bermoral di dalamnya, agar buah hati dapat menangkap moral tersebut untuk pelajaran seumur hidupnya.

CopyAMP code
Arianti
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular