You are here
Home > Pendidikan >

Tak Hanya Menghafal, Ini 5 Tips Efektif Belajar Bahasa Asing Bagi Pemula

Tips efektif belajar bahasa asing bagi pemula
Bagikan

Memang benar bahwa menguasai bahasa asing tertentu, bisa membuat kamu menemukan hal baru di luar sana. Oleh sebab itu saat ini banyak sekali orang yang belajar berbahasa asing demi tujuan tertentu. Agar lebih mahir dalam berbahasa asing, tentu saja harus ada beberapa kiat-kita yang perlu kamu lakukan. Berikut ini beberapa tips efektif belajar bahasa asing bagi pemula. 

Tips efektif belajar bahasa asing bagi pemula

Melansir penjelasan dari laman Bobobox, berikut ini beberapa tips efektif belajar bahasa asing bagi pemula:

1. Bangun kegiatan dengan bahasa asing

Tips belajar bahasa asing untuk pemula pertama adalah membangun kegiatan dengan bahasa asing. Kegiatan yang dilakukan bisa berbagai macam asalkan memang berkaitan dengan mempelajari bahasa asing. Kamu bisa memulainya dari hal yang kamu suka. Jika kamu suka menonton film dan series, kamu bisa menonton film dan series berbahasa asing yang kamu sedang pelajari. Kamu boleh menggunakan subtitle pada awal-awal.

Di samping itu, masih banyak kegiatan lain yang bisa jadi pilihan. Membaca buku ataupun lirik menarik untuk jadi tips belajar bahasa asing untuk pemula apalagi banyak buku dan lagu yang beredar di pasaran. Mendengarkan siniar juga tak salah untuk kamu coba. Sekarang ini, kamu bisa dengan mempelajari elemen-elemen penting seperti tenses, kosakata, dan masih banyak lainnya saat mendengarkan siniar.

2. Buat kamus untuk hafal kosakata

Tips efektif belajar bahasa asing bagi pemula
Buat kamus khusus untuk hafal kosakata. (Gambar: http://pexels.com)

Tips belajar bahasa asing untuk pemula berikutnya adalah membuat kamus khusus untuk hafal kosakata. Buku yang digunakan tak perlu buku baru dan bisa memanfaatkan buku yang sudah lama tak digunakan. Kosakata yang dikumpulkan bisa dari kegiatan-kegiatan yang jadi tips belajar bahasa asing untuk pemula sebelumnya. Kamu tentu tidak ingin usahamu dalam mempelajari bahasa asing-asing dengan effort atau usaha yang sudah dikeluarkan.

Baca Juga:  Lulus SBMPTN 2021? Begini Cara Daftar Ulangnya

Oleh karena itu, menghafal kosakata asing yang sudah dikumpulkan adalah hal wajib. Metode mnemonik bisa kamu manfaatkan agar kamu bisa lebih mudah dalam menghafal kosakata asing yang sudah dikumpulkan. Metode mnemonik sendiri adalah metode yang memanfaatkan otak manusia dalam memaksimalkan ingatan. Metode tersebut dapat membantumu nantinya dalam mengingat informasi untuk jangka panjang.

3. Tambah kosakata setiap hari

Sebenarnya, tips satu ini bisa kamu aplikasikan sebelum tips belajar bahasa asing untuk pemula. Walaupun begitu, tidak akan terlalu menjadi masalah jika kamu mencoba tips ini setelah membuat kamus khusus kosakata. Setelah menghafal kosakata, alangkah baiknya jika kamu terus menambah kosakata baru setiap harinya. Semakin banyak kosakata yang dimiliki, kamu pun akan semakin mudah dalam mengucapkan kalimat dalam bahasa asing.

Jumlah penambahan kosakata untuk tips belajar bahasa asing untuk pemula ini bervariasi. Tak akan jadi masalah jika kamu hanya menambahkan satu atau dua kosakata baru setiap harinya untuk dihafal. Namun, sangat disarankan untuk menguasai lebih dari dua kosakata tiap harinya. Selain dicatat, cobalah untuk menyusun atau menuliskan sebuah kalimat dengan kosakata yang baru kamu kuasai sebelumnya.

4. Aplikasikan dalam kegiatan sehari-hari

Hanya mempelajari kosakata dan menerapkannya dalam kalimat belumlah cukup. Pasalnya, bahasa sendiri tak hanya dikomunikasikan lewat tulisan saja tetapi juga dalam lisan seperti percakapan sehari-hari. Untuk itu, tips belajar bahasa asing untuk pemula lainnya adalah mengaplikaskan dalam kegiatan sehari-hari. Jika kamu masih belum percaya diri, kamu bisa melakukan monolog dalam bahasa asing yang dipelajari.

Pada fase ini, jangan terlalu memikirkan grammar benar atau salahnya. Hal terpenting adalah kamu mengaplikasikan apa yang sudah kamu pelajari seperti cara pengucapan, penekanan tiap kosakata yang sudah dikuasai. Nah, setelah cukup percaya diri, barulah coba kata-kata tersebut kepada teman. Akan semakin baik jika teman yang kamu ajak bicara sudah menguasai bahasa asing sehingga bisa kamu mintai feedback.

5. Ikut komunitas bahasa asing

Tips efektif belajar bahasa asing bagi pemula
Ikut komunitas bahasa asing. (Gambar: http://pexels.com)

Mengikuti komunitas bahasa asing merupakan tips belajar bahasa asing untuk pemula lainnya yang wajib kamu lakukan. Tips satu ini memungkinkanmu untuk mengetahui lebih lanjut soal hal lain yang belum kamu ketahui. Kamu tak hanya akan belajar banyak mengenai elemen-elemen penting dalam sebuah bahasa. Kamu pun bisa saja mendapatkan ilmu bermanfaat lain seperti budaya dari negara yang bahasanya sedang dipelajari.

Baca Juga:  3 Tips Mencari Tempat Magang yang Tepat

Di samping itu, kamu pun bisa menambah koneksi. Siapa tahu orang-orang yang awalnya tak dikenal di komunitas bahasa asing bisa menjadi teman dekat bahkan menjadi teman berbagi untuk urusan pembelajaran. Biasanya, komunitas bahasa asing ini kerap mengadakan pertemuaan offline tiap minggunya. Namun, untuk saat ini, rasanya banyak komunitas bahasa asing yang mengadakan pertemuaannya lewat online meeting.

Itulah beberapa tips efektif belajar bahasa asing bagi pemula yang bisa kamu lakukan. Tak ada salahnya untuk terus berlatih setiap hari agar lebih mahir saat melakukan percakapan dengan bahasa asing. Selamat mencoba, ya.

Baca juga: Daftar 23 Rekor Dunia Guinness yang Berhasil Diraih Oleh BTS


Bagikan
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top