You are here
Home > Pendidikan >

7 Perpustakaan Terkeren di Dunia, Indonesia Punya?

Perpustakaan terkeren di dunia
Bagikan

MediaGo – Perpustakaan identik dengan tempat yang membosankan. Persepsi itu tidak berlaku lagi untuk beberapa perpustakaan terkeren di dunia berikut ini. Memiliki desain yang menarik dan kekinian, pasti bikin kamu betah baca lama-lama disana.

Seperti apa bentuk dan keunikannya? Yuk intip langsung 7 perpustakaan terkeren di dunia yang bisa bikin kamu betah nongkrong lama-lama di sana.

Inilah Perpustakaan Terkeren di Dunia

Mengutip dari berbagai sumber, inilah perpustakaan-perpustakaan terkeren di dunia. Yakin masih males baca?

1. Library of Congress, Amerika Serikat

Library of Congress
Sumber : Instagram/JLP Photo Official

Perpustakaan terkeren di dunia yang pertama adalah Library of Congress yang ada di Amerika Serikat (US). Perpustakaan ini mendapat predikat perpustakaan terbesar di dunia karena memiliki bangunan yang super megah.

Salah satu keunikan dari perpustakaan ini adalah Patung Dewi Minerva yang juga menjadi simbol dari Library of Congress.

Kerennya lagi, Perpustakaan inipun sering dijadikan sebagai lokasi konser genre klasik. Jadi kamu gak akan bosan hanya sekedar membaca buku karena ditemani alunan musik klasik.

2. Qatar National Library, Qatar

Qatar National Library
Sumber : Delfino Sisto Legnani and Marco Cappelletti, Courtesy of OMA

Perpustakaan terkeren selanjutnya ada di Qatar, Timur tengah. Perpustakaan yang bernama Qatar National Library ini memiliki luas sekitar 45.000 meter persegi yang dirancang oleh OMA, perusahaan asal Belanda.

Qatar National Library dibuka sejak tahun 2017, salah satu perpustakaan terkeren di dunia ini memiliki lebih dari satu juta koleksi buku didalamnya. Tempatnya bikin nyaman karena didesain sangat modern dan futuristik.

3. Stuttgart City Library, Jerman

Perpustakaan terkeren
Sumber : Daily Beast

Jerman merupakan negara yang mayoritas masyarakatnya gemar membaca, tak heran jika banyak perpustakaan didirikan disana. Stuttgart City Library salah satunya.

Perpustakaan yang masuk ke dalam daftar perpustakaan terkeren di dunia ini menawarkan suasana yang tak biasa. Kamu akan terasa seperti di luar angkasa jika berada disana! 

Baca Juga:  6 Perpustakaan Terbaik di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Menjadi salah satu perpustakaan terbaik di Jerman, Stuttgart City Library memiliki bentuk bangunan kubik yang unik dan hampir seluruh ruangannya didominasi dengan warna putih.

4. Vannesla Library and Culture House, Norwegia

vannesla library and culture house
Sumber : ArchDaily

Selanjutnya ada Vannesla Library and Culture yang menjadi salah satu perpustakaan terkeren di dunia. Berada di Norwegia, Perpustakaan ini mengusung gaya modern dan minimalis dengan tetap mengutamakan kenyamanan para pengunjung.

Perpustakaan ini memiliki ruangan yang sangat besar dan sering disebut menyerupai perut ikan paus. Setiap ruangan tempat penyimpanan buku di perpustakaan termegah di Norwegia ini menjadi satu dengan ruang membaca.

5. Perpustakaan Publik Bin Hai, China

perpustakaan publik bin hai
Sumber : Azure Magazine

Beralih ke negara Asia, Perpustakaan Publik Bin Hai yang berada di China menjadi salah satu perpustakaan terkeren di dunia saat ini.

Tepatnya, terletak di Distrik Budaya Binhai di Tianjin. Perpustakaan lima lantai ini merupakan hasil kerjasama antara arsitek Belanda MVRDV dengan Tianjin Urban Planning and Design Institute (TUPDI).

Perpustakaan unik ini memiliki luas 34.000 meter dan bangunan didominasi warna putih sehingga gedung ini terlihat bersih, minimalis, dan modern. Bentuk gedung perpustakaan ini menyerupai bola mata manusia, sehingga bangunan ini diberi julukan “The Eye on Binhai”.

6. Perpustakaan Soeman Hasibuan, Kota Pekanbaru

perpustakaan soeman hasibuan
Sumber : Kumparan

Tidak mau kalah dengan negara lain, Indonesia juga punya dong perpustakaan keren yang berhasil masuk ke dalam daftar perpustakaan terkeren di dunia. Salah satunya adalah Perpustakaan Soeman Hasibuan yang menjadi ikon Kota Pekanbaru.

Perpustakaan yang juga masuk ke dalam perpustakaan terbaik di Indonesia ini memiliki bentuk bangunan yang begitu unik. Di sekeliling dinding interiornya menggunakan kaca-kaca lebar sehingga para pengunjung yang datang kesana bisa membaca sekaligus menikmati pemandangan Kota Pekanbaru yang sangat indah.

Baca Juga:  5 Manfaat Membacakan Buku pada Anak

Selain digunakan untuk mencari pengetahuan dan membaca buku, Perpustakan Soeman HS juga dijadikan sebagai tempat penyimpanan arsip kuno dan ruang publik bagi masyarakat. Wah keren ya!

7. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Jakarta

perpusnas
Sumber : perpusnas.go.id

Terakhir ada perpustakaan Nasional Republik Indonesia atau biasa disebut Perpusnas. Salah satu Perpustakaan terkeren di dunia ini letaknya berhadapan langsung dengan Tugu Monumen Nasional (Monas).

Terdiri dari 27 lantai dengan ketinggian 126,3 meter, Perpusnas mendapat predikat sebagai perpustakaan tertinggi di dunia. Untuk kalian yang gemar membaca, yuk kita habiskan waktu bersama di perpustakaan yang satu ini.

Semoga bermanfaat!


Bagikan
Rizky Aditya
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top