You are here
Home > Pendidikan >

Dosen Universitas Pamulang Berikan Tips Usaha di Masa Pandemi

Dosen Universitas Pamulang

MediaGo – Sebagai wujud pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat, dosen Universitas Pamulang dari prodi akuntansi melakukan sosialisasi tips usaha di masa pandemi bertajuk “Wirausaha Mandiri, Tangguh dan Sustainable di Era Pandemi Covid 19” di Pondok Pesantren Lembaga Santri Mandiri, Bogor, Sabtu (2/10/2021).

Kegiatan ini diketuai oleh Dian Widiyati S.E., M.Ak., Neneng Hasanah S.E.,M.Ak. sebagai nara sumber, Agus Afandi S.E.,M.Ak., sebagai fasilitator, Andry Sugeng S.E.,M.Ak., sebagai fasilitator dan Fitriyah S.E.,M.Ak. sebagai moderator.

Setidaknya, ada 20 peserta yang terdiri dari santri pondok pesantren tersebut dan juga beberapa mahasiswa dari beberapa kampus atau universitas, yang ikut dalam sosialisasi yang berkaitan dengan tips usaha di masa pandemi tersebut.

Sasaran aktivitas ini adalah memotivasi bibit-bibit pengusaha baru, yaitu para santri sekaligus pelajar agar mereka berorientasi untuk membuka usaha sejak dini. Selain itu, sosialisasi ini untuk memberikan motivasi dan peserta juga diajak untuk berdiskusi menjawab tantangan wirausaha di tengah pandemi Covid-19.

Baca juga: 7 Cara Memulai Bisnis Dropship Untuk Pemula
Dosen Universitas Pamulang 1

Neneng Hasanah S.E.,M.Ak. yang juga pelaku usaha kecil menengah sangat antusias memberikan tips bagaimana memulai suatu usaha, “di mulai aja dulu,” ujar Neneng dalam sosialisasi tersebut.

Sebelum pemaparan materi, nara sumber memotivasi dengan membagi cerita bagaimana mereka memulai bisnis dari nol. Setelah itu, pemaparan materi inti mengenai pengertian wirausaha, tahapan-tahapan berwirusaha, proses kewirausahaan, dan permasalahan dalam berwirausaha.

Baca juga: 4 Pengusaha Camilan Terkaya Di Indonesia, Siapa Saja?

Setelah pemaparan materi, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi yang hangat antara peserta dengan nara sumber, diskusi juga terjadi antara peserta dengan peserta lainnya.

Sementara KH.Jauhari, LC, Pengasuh Pondok Pesantren Lembaga Santri Mandiri, mengatakan bahwa kegiatan ini sangat positif bagi para santri, karena mereka bisa mendapatkan pengetahuan dan semangat untuk menjadi wirausaha.

Acara sosialisasi tips usaha ini kemudian ditutup dengan pembacaan doa, pemberian hadiah kepada para peserta yang telah aktif selama kegiatan berlangsung dan penyerahan plakat kenang-kenangan dari tim dosen Universitas Pamulang kepada Pondok Pesantren Lembaga Santri Mandiri.

GP

Leave a Reply

Top