You are here
Home > Pendidikan >

Sejarah Bendera Indonesia dan Maknanya, Menyambut HUT RI ke 76

sejarah bendera indonesia

Sejarah Bendera Indonesia – 76 tahun sudah Indonesia merdeka. Tinggal menghitung hari lagi, ulang tahun kemerdekaan Indonesia sudah di depan mata.

Setiap tahunnya, hari kemerdekaan Indonesia dirayakan pada tanggal 17 Agustus. Berbicara tentang kemerdekaan, pastinya tidak lepas dari bendera merah putih.

Menjelang 17 Agustus sudah menjadi tradisi mengibarkan bendera di pinggir-pinggir jalan begitu juga di depan rumah.

Sudah tidak asing lagi tentunya di mata Anda akan hal itu. Sebagian rakyat Indonesia pasti  ada yang belum mengetahui secara pasti sejarah bendera Indonesia dan makna dari warna bendera.

Nah, jangan khawatir buat Anda yang belum tahu sejarahnya, kita simak artikel berikut ini :

Sejarah Bendera Indonesia

sejarah bendera indonesia
Photo by Zahputra from Pexels

Bendera pertama Indonesia adalah Sang Saka Merah Putih, terkenal dengan sebutan bendera Pusaka.

Pada awalnya yang menjahit bendera pusaka adalah Ibu Fatmawati (Istri Ir. Soekarno). dengan  kain berbahan dasar katun halus berwarna merah putih, dengan Panjang 276 cm dan lebar 199 cm.

Sejarah bendera Indonesia berawal dari permintaan Soekaro kepada Zhimizu. Zhimizu adalah ketua Barisan Propaganda Jepang (Sendenbu).

Beliau memerintahkan Chaerul Basri mengambil kain dari Gudang yang terletak di jalan pintu air Jakarta Pusat, untuk dibawa ke jalan Pegangsaan timur 56, Jakarta.

Pada saat menjahit, Fatmawati sedang hamil tua, sehingga ketika menjahit ia hanya menggunakan mesin jahit singer yang hanya di operasikan dengan tangan. Fatmawati menyelesaikannya dalam waktu dua hari.

Bendera merah putih pertama kali dikibarkan pada tanggal 17 Agustus 1945 Saat proklamasi di jalan Pegangsaan timur 56, Jakarta, dan menjadi bendera pusaka sampai saat ini.

Makna Dari Warna Bendera

sejarah bendera Indonesia
Photo by Zahputra from Pexels

Warna dari bendera Indonesia terdiri dari dua warna yaitu merah dan putih. Bendera merah putih menjadi simbol Negara Indonesia. Selain menjadi simbol negara, warna  bendera memiliki makna khusus.

Baca Juga:  Jelang Hari Kemerdekaan, 7 Film Tentang Sejarah Indonesia Ini Wajib Ditonton

Bendera Indonesia mempunyai 2 warna yaitu merah dan putih. Sehingga disebut juga sebagai dwiwarna.

Warna merah sendiri mempunyai makna berani, sedangkan warna putih bermakna suci. Selain itu warna merah melambangkan tubuh manusia dan warna putih melambangkan jiwa manusia.

Sebagai generasi penerus bangsa, kita tahu sejarah bendera Indonesia. Mari kita isi kemerdekaan dengan belajar yang rajin dan mengharumkan nama bangsa Indonesia.

Bagikan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top