You are here
Home > Kesehatan >

7 Ciri-Ciri Anak Indigo yang Perlu Diketahui Orang Tua, Apa Saja?

Ciri-ciri anak indigo

Memiliki kemampuan yang tidak biasa dengan anak lain seperti lebih peka dengan keadaan sekitarnya tentu membuat kamu sebagai orang tua akan bertanya-tanya sebenarnya apa yang dialami oleh buah hati. Diberikan bakat kemampuan supranatural tentu membuat si Kecil berbeda dengan anak-anak lainnya dan itu yang menjadi ciri khas dari anak indigo. Berikut ini ciri-ciri anak indigo yang perlu kamu ketahui, Moms.

Apa itu anak indigo? 

Ciri-ciri anak indigo
Anak indigo. (Gambar: http://okemom.com)

Melansir penjelasan dari laman Orami, istilah anak indigo sendiri pertama kali dipopulerkan oleh psikolog bernama Nancy Ann Tappe pada tahun 1970-an. Pada tahun 1980-an pun Nancy menulis buku yang berjudul Understanding Your Life Thru Color.

Anak indigo mempunyai keistimewaan, namun terkadang tidak menyadari hal tersebut. Umumnya, ia akan semakin sadar ketika sudah beranjak dewasa. Maka dari itu, tidak ada salahnya kamu sebagai orang tua mulai melihat ciri-ciri yang menjadi tanda anak indigo.

Ciri-ciri anak indigo 

Anak indigo dapat menunjukkan ciri-ciri yang berbeda dari anak seusianya. Hal ini mungkin saja akan menjadi tantangan bagi dirinya sendiri. Namun, seharusnya orang tua tetap mendampinginya agar si Kecil tidak merasa sendirian. Sebab, anak indigo terlahir spesial. Berikut ini ciri-ciri anak indigo yang perlu orang tua diketahui, yaitu:

1. Idealis dan kritis

Ciri-ciri anak indigo adalah idealis dan kritis. Anak indigo sangat percaya diri terhadap kemampuan yang mereka miliki. Oleh karena itu, mereka cenderung idealis dalam mengerjakan hal yang disukai. Biasa anak dengan kemampuan lebih ini punya ekspektasi yang tinggi untuk dirinya sendiri dan orang lain.

2. Pemikir

Melihat fakta bahwa anak indigo terlahir idealis dan kritis, hal ini juga yang membuat ia mampu berpikir secara mendalam. Anak indigo berpikir tentang banyak hal, yang juga mencakup pertanyaan tentang eksistensinya di dunia serta hubungan sosial yang ada di sekitarnya.

Anak indigo memiliki perspektif yang berbeda dari orang umumnya. Anak indigo memiliki dorongan yang kuat untuk menemukan tujuan dalam hidup dan sangat ingin membuat hidup bermakna.

Hal ini bukan berarti memperkaya diri dengan materi, namun lebih kepada pemenuhan tujuan mengapa ia dilahirkan ke dunia. Sayangnya, pemikirannya yang keras dan mendalam membuat anak indigo rentan mengalami sakit kepala hingga gangguan sistem pencernaan.

3. Terlahir dengan empati yang kuat

Anak indigo tidak bisa memahami mengapa ada orang-orang yang bersifat dingin. Sebab, anak indigo terlahir dengan empati yang kuat. Umumnya mereka tidak mampu memperlakukan orang dengan buruk. Hal ini berasal dari kepekaannya yang sangat kuat.

Pada dasarnya pula, ciri-ciri anak indigo adalah memiliki perasaan yang begitu halus dan sensitif. Tidak jarang, ia mudah tersinggung apabila orang lain tidak sesuai dengan pemikirannya.

4. Mengetahui hal yang akan terjadi

Ciri-ciri anak indigo
Ciri-ciri anak indigo. (Gambar: http://padangkita.com)

Mengapa anak indigo dikaitkan dengan kemampuan indra keenam? Sebab, ciri-ciri anak indigo, yaitu mengetahui hal yang akan terjadi. Anak indigo juga tanggap dan segera memahami apabila terjadi sesuatu yang salah. Sebagian besar dari anak-anak indigo punya pikiran terbuka dan akan tertarik dengan topik yang mungkin bagi sebagian besar orang dianggap tabu. 

5. Pemberontak

Anak indigo tahu betul bahwa ada yang spesial dalam dirinya. Ia tahu bahwa ia terlahir istimewa dan ditakdirkan melakukan hal-hal yang hebat dari dalam dirinya. Oleh karena itu, ia akan merasa lebih superior dibandingkan teman-temannya. 

Namun, ciri-ciri anak indigo juga termasuk dalam kerumitannya. Biasanya si Kecil akan terlihat lebih dewasa daripada anak seusianya, terlihat dari pemikiran-pemikirannya. 

6. Memiliki teman khayalan

Ciri-ciri anak indigo
Memiliki teman khayalan. (Gambar: http://galadiva.com)

Dalam memahami anak indigo memang kadang sulit dan di luar nalar. Sering kali, anak indigo melihat hal-hal yang tidak dapat dilihat oleh orang dewasa. Ciri-ciri anak indigo lainnya adalah memiliki imaginary friend atau teman khayalan.

Dengan demikian, anak akan dipandang memiliki kepribadian yang lebih positif dan unik. Hal ini bukan tanpa alasan. Menurut para peneliti di Journal of Alternative and Emergent Religions, gagasan tentang anak indigo muncul karena mereka dikatakan memiliki aura berwarna indigo dan kemampuan spiritual yang unik.

7. Mudah merasa bosan 

Ciri-ciri anak indigo berikutnya adalah mudah merasa bosan. Alasannya, karena pemikiran anak indigo sangat tajam dan membuat mereka mudah bosan untuk melakukan rutinitas yang sama setiap harinya. Anak indigo tidak suka dipaksa untuk mengikuti aturan, terlebih apabila mereka punya pemikiran sendiri.

Hal yang perlu diketahui juga, anak indigo biasanya di diagnosis dengan attention deficit hyperactivity disorder atau ADHD. Ini mungkin diagnosis yang tepat untuk beberapa, tetapi untuk yang lain mungkin hanya tentang ketidakmampuan orang lain untuk menerima cara berpikir dari anak indigo.

Baca juga: 7 Film Horor Terbaik yang Bikin Bulu Kuduk Merinding

Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

Top