You are here
Home > Pendidikan >

8 Skill yang Dibutuhkan Selama dan Setelah Pandemi, Apa Saja?

Skill yang dibutuhkan selama dan setelah pandemi
Bagikan

Adanya pandemi COVID-19 ini tentu saja mengubah segala aspek di dunia, termasuk dunia pekerjaan. Perubahan ini tentu membuat banyak orang bertanya-tanya tentang skill apa yang dibutuhkan. Karena sudah mulai banyak sekali perusahaan yang membutuhkan skill-skill tertentu dari karyawannya agar dapat bangkit lagi. Agar bisa terus menyesuaikan dengan dunia kerja yang akan datang, berikut ini beberapa skill yang dibutuhkan selama dan setelah pandemi.

Skill yang dibutuhkan selama dan setelah pandemi 

Skill yang dibutuhkan selama dan setelah pandemi
Skill yang dibutuhkan selama dan setelah pandemi COVID-19. (Gambar: http://pexels.com)

Setiap orang tentu harus skill tertentu untuk meningkatkan karir di kantor. Namun skill yang kamu punya juga sebaiknya mengikuti perkembangan dunia agar bisa menyesuaikan dengan kinerja orang-orang disekitarmu. Lalu, skill apa saja yang dibutuhkan selama dan setelah pandemir? Melansir penjelasan dari berbagai sumber, berikut ini beberapa skill yang wajib kamu miliki selama dan setelah pandemi: 

1. Adaptasi dan fleksibilitas

Dunia kerja berubah dengan seketika saat virus corona menyerang. Salah satu hal yang paling menonjol adalah berubahnya sistem kerja di kantor menjadi work from home alias WFH. Oleh karena itu, penting untuk mempunyai skill adaptasi yang tinggi supaya dapat menyesuaikan keadaan yang terjadi sekarang atau di masa yang akan datang.

Dilansir dari Forbes, orang yang ingin sukses selama dan setelah pandemi harus mampu beradaptasi dengan tempat kerja. Tidak hanya itu, kita juga harus fleksibel dalam hal mengerjakan sesuatu sehingga penting untuk mempelajari keterampilan baru ke depannya.

2. Berpikir kritis

Skill lain yang akan dibutuhkan selama dan setelah pandemi adalah kemampuan berpikir kritis. Skill ini sangat dibutuhkan untuk membangun kembali keadaan ekonomi yang sempat hancur berantakan karena virus corona.

Tidak bisa dipungkiri, selama pandemi berlangsung banyak sekali berita hoaks yang tersebar. Dengan demikian, perusahaan butuh seseorang yang sangat objektif dan berpikir kritis supaya tidak termakan berita tersebut. 

Baca Juga:  Seru! Belajar 2 Tips Menabung Ala Korea Melalui Drakor

Penting mempunyai orang-orang yang berpikir kritis untuk memahami isi dari informasi-informasi yang tersebar. Dengan begitu, perusahaan dapat mengolah berita tersebut dengan baik supaya tetap fokus dalam pengambilan keputusan untuk perusahaan itu sendiri.

3. Analisis data

Skill analisis data akan sangat dibutuhkan oleh perusahaan setelah Covid-19 ini berakhir. Pasalnya, data sangat penting untuk membangun kembali perusahaan serta mengambil keputusan ke depannya.

Dilansir dari Fast Company, analisis data sangat penting untuk perusahaan. Sebab, dengan data perusahaan dapat menganalisis tren pasar, konsumen dan sebagainya. Dengan demikian, sangat penting untuk memiliki keterampilan analisis data setelah virus corona.

4. Teknologi

Salah satu cara terbaik untuk mempersiapkan diri selama dan setelah pandemi adalah membekali diri dengan keterampilan teknologi. Tak bisa dipungkiri bahwa teknologi seperti kecerdasan buatan (artificial intelligence), big data, dan sebagainya akan memiliki peran penting bagi perusahaan, khususnya di masa yang akan datang.

Dengan teknologi seperti itu, secara tidak langsung perusahaan sudah siap jika ada lagi wabah yang menyerang di masa depan. Artinya, orang-orang yang dapat membuat teknologi-teknologi tersebut dengan baik tentu akan berada dalam posisi yang bagus.

5. Digital/social media marketing

Dilansir dari Fast Company, orang-orang yang mempunyai keterampilan digital/social media marketing akan sangat membantu perusahaan dalam membangun brand mereka kembali di masa yang akan datang.

Oleh karena itu, skill di bidang tersebut jadi hal yang akan dibutuhkan di era setelah COVID-19. Pelajari dunia marketing dari sekarang, misalnya seperti keahlian SEO (Search Engine Optimization), SEM (Search Engine Marketing), dan juga email marketing. Setelah sempat turun dikarenakan adanya virus corona, perusahaan akan memaksimalkan digital marketing untuk kembali membangun brand mereka.

Baca Juga:  Kurikulum 2013, Keunikan Anak di Kelas Bukan Masalah

6. Terorganisir

Ini berarti bekerja dengan efektif tanpa membuang-buang waktu, mengambil keputusan dengan tepat, dan tahan banting dengan berbagai tekanan yang dihadapi di dunia kerja.

7. Kreatif

Kreativitas sangat dibutuhkan di dunia kerja yang selalu berubah dan penuh dengan persaingan ini guna membantu perusahaan untuk terus berkembang.

8. Kerja tim

Diperlukan kerja sama tim untuk bisa mencapai tujuan perusahaan. Kerja tim juga berarti mampu membagi tugas secara efektif dan efisien dan menyelesaikannya dengan baik.

Itulah beberapa skill yang dibutuhkan selama dan setelah pandemi, jika ingin tetap bisa beradaptasi dengan baik di dunia kerja. Tak ada salahnya untuk terus mengasah kemampuan diri selama ada kesempatan, lho.

Baca juga: Tips Mengasah Soft Skill untuk Karier di Masa Depan


Bagikan
Arianti
I am content writer who has an interest in lifestyle news.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top