You are here
Home > Bisnis >

Tips Mengasah Soft Skill untuk Karier di Masa Depan

Tips Mengasah Soft Skill untuk Karier di Masa Depan
Bagikan

MediaGo – Memiliki soft skill akan memberikan nilai unggul bagi kamu para pencari kerja dan perintis bisnis. Soft skill adalah keterampilan yang sifatnya cenderung abstrak. Contohnya adalah kemampuan beradaptasi di lingkungan baru, sifat kepemimpinan, tata kelola waktu yang baik, dan kemampuan berkomunikasi yang baik.  

Selain pengetahuan akademis dan keterampilan teknis di bidangmu, soft skill akan sangat membantu kamu dalam mencari pekerjaan. Terlebih di masa pandemi seperti sekarang, mencari pekerjaan menjadi lebih sulit dan menantang karena persaingan semakin ketat.

Baca juga: Perbedaan Cari Penghasilan Tambahan Dulu Dan Sekarang

5 Tips Mengasah Soft Skill demi Karir Masa Depan

Oleh karena itu, kamu harus lebih menonjol dibandingkan orang lain. Bagaimana caranya? Berikut ini lima tips yang bisa kamu lakukan untuk mengasahlah soft skill kamu.

1. Mencari Mentor

Memiliki mentor dapat membimbing kamu untuk mengembangkan soft skill, sekaligus membantu kamu dalam proses belajar. Mentor adalah seseorang yang lebih berpengalaman dan bisa memberikan inspirasi dan perspektif baru untuk kamu. 

Cari Mentor yang Expert

Mentor yang baik akan membantu mengevaluasi kemampuan kamu secara objektif menilai sejauh mana kamu menguasai bidang tersebut, dan mengajak kamu untuk terus berkembang. Kamu bisa mencari mentor mulai dari sekitarmu.

2. Menjadi Relawan

Marsya Peni Nurmaranti - Executive Director Indorelawan
Marsya Peni Nurmaranti – Executive Director Indorelawan

Menjadi relawan akan membuka pintu bagi kamu mengenal dunia baru dan bertemu banyak orang. Kamu juga akan dipercaya dengan peran-peran tertentu di dalamnya dan akan bekerja sama dalam tim, sehingga memiliki banyak kesempatan untuk mengasah soft skill kamu.

Baca juga: Cara Mengelola Keuangan Bisnis Untuk UKM

Meluangkan waktu untuk menjadi relawan bukan hanya membuat kita dapat berbuat baik, namun juga dapat membantu mengasah soft skill. Saat menjadi relawan, kamu akan dituntut untuk beradaptasi dengan lingkungan baru, dan melatih kemampuan komunikasi kamu di dalam tim.

Baca Juga:  Suzuki Marine Ciptakan Alat Pengumpul Plastik Mikro Pertama Di Dunia

3. Aktif Berorganisasi

Tahukah kamu bahwa pengalaman berorganisasi, pengalaman menjadi relawan dan pengalaman magang memiliki nilai tinggi di mata pemberi kerja? Organisasi merupakan salah satu wadah perkembangan diri.

Ikut dan Aktif Berorganisasi

Saat kamu bergabung dan aktif di dalam suatu organisasi, kamu akan berusaha dan dituntut untuk mengembangkan potensi dirimu melalui kegiatan organisasi.

4. Mencari Peluang dengan Magang

Mencari Peluang dengan Magang

Pengalaman magang menjadi salah satu hal yang sangat bermanfaat. Kegiatan magang merupakan wadah bagi para mahasiswa untuk merasakan langsung seperti apa kiprah di dalam dunia kerja. Tujuannya tentu saja untuk mempersiapkan kamu menghadapi dunia kerja setelah lulus kuliah nanti.

Baca juga: Ingin Memulai Bisnis Di Masa Pandemi Covid-19? Ini Strateginya

Melalui kegiatan magang, kamu akan dituntut untuk berkomunikasi dengan banyak orang dari latar belakang yang berbeda, mengelola waktu tugas dan tanggung jawab dengan baik, serta beradaptasi pada lingkungan yang cepat berubah dan dinamis.

Banyak sekali soft skill yang akan kamu kembangkan dari pengalaman magang. Oleh karena itu, jika ada peluang untuk menjadi karyawan magang, kamu bisa memanfaatkannya untuk menggali potensi dirimu.

5. Mengikuti Kursus Pelatihan

Mengikuti Kursus dan Pelatihan Online

Kamu juga bisa melatih soft skill dengan mengikuti kursus pelatihan. Belajar itu tidak hanya di sekolah saja, tetapi kamu bisa belajar di tempat lain seperti kursus pelatihan. Mengikuti kursus membantu kamu mengembangkan minat dan bakatmu untuk berkarir di masa depan.

Itu dia tips-tips mudah yang bisa kamu ikuti untuk mengasah soft skill kamu. Semoga bermanfaat dan membantu kamu untuk berkarir di dunia kerja.


Bagikan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top