Saturday, January 28, 2023
HomePendidikanThematic Performance and Project Celebration SD Islam Al-Azhar BSD Jadi Ajang Unjuk...

Thematic Performance and Project Celebration SD Islam Al-Azhar BSD Jadi Ajang Unjuk Bakat Peserta Didik

MediaGo – Bulan terakhir semester satu menjadi bulan yang amat berkesan bagi peserta didik dan para guru SD Islam Al-Azhar BSD.

Di mana, di akhir semester satu ini peserta didik diminta untuk menampilkan bakatnya masing-masing dalam pentas bertemakan ‘Thematic Performance and Project Celebration’ tahun ajaran 2022-2023.

Kepala SD Islam Al-Azhar BSD, Asuroh menjelaskan, jika ‘Thematic Performance and Project Celebration’ adalah salah satu acara hajatan di SD Islam Al-Azhar BSD.

“Peserta didik menunjukan bakat mereka khususnya dalam bidang seni seperti menari tarian daerah, memainkan alat musik tradisional, bernyanyi lagu daerah, dan fashion show pakaian adat,” tandas Asuroh dalam keterangannya, Senin (19/12/2022).

IMG 20221220 WA0006

Tak hanya itu saja, dalam kegiatan yang dilaksanakan tanggal 14-15 Desember 2022 tersebut, terdapat pameran yang merupakan hasil projek berupa kerajinan-kerajinan yang telah dibuat oleh peserta didik selama proses pembelajaran satu semester berlangsung.

“Seperti kerajinan wayang, membatik di talenan, kolase dari daun kering, dan kerajinan topi caping,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Melia Suyanti mengatakan, jika kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari.

“Term pertama dibuka dengan penampilan-penampilan menggemaskan dari peserta didik kelas 1 yang menampilkan gerak dan lagu menanam jagung dan mengosok gigi,” kata Melia.

Tak kalah menggemaskan dari kelas 1, kelas 4 menampilkan tarian khas daerah seperti ampar-ampar pisang, beungong jeumpa, ayam den lapeh, dan yamko rambe yamko.

“Penampilan kelas 1 dan 4 ini merupakan puncak projek penguatan profil pelajar pancasila serta bentuk Implementasi dari Kurikulum Merdeka yang telah diterapkan oleh SD Islam Al-Azhar BSD selama satu semester penuh di kelas 1 dan 4,” paparnya.

Sementara itu, term kedua menampilkan peserta didik kelas 2, 3, dan 5 yang juga menampilkan berbagai tarian-tarian tradisional dan lagu daerah. Penampilan-penampilan tersebut merupakan puncak tematik yang rutin diadakan pada akhir semester satu.

Selain sebagai hajatan, kegiatan ‘Thematic Performance and Project Celebration’ dilaksanakan untuk mengasah bakat, menumbuhkan rasa percaya diri, kemandirian, dan kebersamaan peserta didik.

Sedangkan, Ketua Pelaksana Harian Yayasan Islam Al-Azhar BSD, Noor Khoiruddin berharap dengan kegiatan ini bisa lebih mengeksplor bakat para peserta didik.

“Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan kepercayaan diri peserta didik dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Mereka dapat mengeksplor bakat dan minatnya dengan luas. Serta menjadikan peserta didik memiliki sikap yang religius, dinamis, dan berkarakter,” beber Noor.

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular