SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Wednesday, April 17, 2024
spot_imgspot_img
HomeTekno10 Fitur Unggulan Android 10 yang Wajib Kamu Coba

10 Fitur Unggulan Android 10 yang Wajib Kamu Coba

Mediago – Tekno – Fitur android 10 resmi diluncurkan pada 3 September 2019 lalu. Meski sudah beberapa bulan yang lalu, namun apakah kalian sudah merasakan seluruh fitur-fiturnya? Walaupun saat awal rilis sistem operasi ini hanya bisa dinikmati oleh pengguna Google Pixel saja, namun untuk sekarang seluruh pengguna smartphone Android sudah bisa menggunakan seluruh fitur android 10 ini di smartphone Android model terbaru seperti Samsung, Xiaomi, dan lain-lain.

Hadirnya Android 10 ini merupakan salah satu gebrakan baru dari Google karena di sistem operasi sebelumnya mereka menggunakan nama makanan penutup untuk setiap OS nya seperti Kitkat, Marshmellow, dan Pie.

10 Fitur Android 10

10 Fitur Android 10. Wajib Dicoba!

Selain perbedaan nama yang begitu mencolok, seperti dilansir dalam situs android.com banyak fitur baru juga yang akan menyegarkan para pengguna Smartphone Android. Apa saja fitur baru tersebut? Yuk langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini!

1. Tema Gelap / Dark Theme

Fitur Dark Theme di Android 10
Fitur Dark Theme di Android 10

Fitur Android 10 yang satu ini sangat amat dinantikan oleh banyak orang, karena dengan fitur dark mode ini ponsel kita akan menjadi sedikit lebih hemat baterai dan nyaman untuk mata kita ketika berlama-lama menggunakan smartphone. Untuk mengaktifkannya, masuk ke Settings > Display > nyalakan Dark theme.

2. Navigasi Gestur Baru

Fitur selanjutnya ini juga tidak kalah menarik sob, Google memperbaharui navigasi gestur di Android 10 sehingga perpindahan dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya akan menjadi lebih mudah dan interaktif.

Adapun Gestur baru yang harus kamu pelajari diantaranya:

  • Swipe up untuk masuk ke home screen;
  • Swipe up dan tekan lama untuk pergantian aplikasi;
  • Slide ke kanan dan kiri dari bagian bawah layar untuk berganti aplikasi dengan mudah;
  • Swipe up panjang hingga ke atas layar untuk membuka daftar aplikasi;
  • Swipe dari samping untuk kembali ke menu sebelumnya;
  • Swipe secara diagonal untuk mengaktifkan Google Assistant.
Baca Juga: 7 Smartphone Premium Harga Di Bawah Rp6 Juta
Fitur Unggulan dari Android 10
Fitur Unggulan dari Android 10

3. Smart Reply

Dengan Smart Reply kamu tidak perlu repot lagi membuka aplikasi pesan untuk membalasnya. Kamu hanya tinggal mengklik pada notifikasi pesan masuk dan meresponsnya tanpa harus repot-repot membuka aplikasinya.

4. Live Caption

Fitur Live Caption di Android 10
Fitur Live Caption di Android 10

Fitur yang satu ini akan bekerja pada video, podcast, dan pesan audio dari berbagai macam aplikasi perpesanan. Jika fitur ini kamu aktifkan, maka caption akan muncul secara otomatis dan menyesuaikan bahasa di pengaturan ponsel kalian.

5. Kontrol Lokasi

Android 10 memungkinkan penggunanya untuk mengatur visibilitas lokasi secara berbeda di setiap aplikasinya, misalnya, aplikasi Maps mengaktifkan lokasi sedangkan media sosial menyembunyikan/menonaktifkan lokasi pengguna.

Selain itu, pada update terbaru ini memudahkan kalian untuk mematikan dan menghidupkan share location.

6. Pengaturan Privasi yang lebih baik

Update fitur Android 10 terbaru lainnya adalah kamu bisa mengakses setelan privasi yang lebih baik di menu Settings. Kamu dapat memberikan izin atau memblokir aplikasi yang meminta akses tertentu.

7. Membagikan Jaringan Wifi Hanya Melalui QR Code

Tidak perlu ribet lagi untuk saling bertukar password. Cukup dengan scan QR code, kamu pun bisa langsung terkoneksi ke jaringan temanmu.

Baca Juga: Canggih! Ini Daftar 5 Smartphone Dengan Android 10

8. Kontrol Notifikasi yang lebih baik

Di dalam Android 10, kamu bisa melakukan customization pada notifikasi ponsel, seperti memberikan lampu layar agar tidak menyala ataupun menghilangkan suara ponsel ketika terdapat notifikasi masuk. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa terganggu dengan notifikasi banyak yang masuk pada smartphone milikmu.

9. Family Link Update

Selanjutnya ada fitur family link. Bagi para orang tua yang sangat was-was karena memiliki anak remaja yang sedang melalui masa pubertas ataupun untuk mengontrol penggunaan teknologi pada balita dan anak-anak, fitur ini bisa sangat bermanfaat sekali lho. Pasalnya, fitur keren satu ini memungkinkanmu untuk memantau seluruh aktivitas anggota keluarga dalam satu kendali menggunakan smartphone.

10. Focus Mode

Fitur Focus Mode di Android 10
Fitur Focus Mode di Android 10

Fitur yang terkahir adalah focus mode, disana terdapat pengaturan untuk menghentikan aplikasi yang sekiranya akan mengganggu ketika menjalankan tugas lainnya yang memerlukan konsentrasi tinggi. Ini sangat bermanfaat sekali untuk para gamers yang tidak ingin diganggu oleh notifikasi aplikasi lain.

Apakah sekarang Anda sudah mencoba fitur-fitur terbaru dari Android 10 ini? Jika sudah, Bagaimana menurutmu? Apakah nyaman atau lebih baik menggunakan sistem operasi sebelumnya? Semoga bermanfaat!

CopyAMP code
Syalfa Zahra
Syalfa Zahra
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular