You are here
Home > Tekno >

7 Cara Mudah Amankan Smartphone dari Serangan Hacker

7 Cara Mudah Amankan Smartphone dari Serangan Hacker
Bagikan

MediaGo – Serangan hacker kini makin merajalela! Tidak hanya website yang bisa dibobol, namun smartphone juga tidak luput menjadi target incaran dan serangan para hacker. Jadi selalu berhati-hati ketika menggunakan smartphone di ruang terbuka.

Smartphone adalah telepon pintar yang saat ini digunakan oleh banyak orang sebagai alat komunikasi mereka ataupun untuk sekedar mencari hiburan. Tak heran jika kini populasinya semakin banyak diciptakan dengan fitur-fitur berteknologi canggih yang ditawarkan.

Tips Cegah Serangan Hacker di Smartphone

Dengan kecanggihan tersebut, segala aktivitas sehari-hari bisa kalian lakukan hanya dalam satu genggaman saja. Mulai baca berita terbaru, main game, nonton atau streaming film online hingga belanjapun kini lebih mudah hanya dengan menggunakan smartphone.

Tips Cegah Serangan Hacker di Smartphone

Walaupun begitu, kamu harus tetap menjaga keamanan ponselmu dari serangan hacker ataupun kejahatan cyber karena ponsel pintar sekarang sangat rentan terhadap pencurian data pribadi mulai dari identitas ataupun akun bank kalian.

Maka dari itu, berikut akan kami berikan beberapa tips untuk mengamankan ponsel kamu dari serangan hacker yang berhasil dikutip dari CNBC Indonesia pada laman Lembaga Teknologi Singapura.

1. Operasi Sistem Smartphone Kalian Harus Sudah yang Terbaru

Update OS Smartphone Versi Terbaru
OS Smartphone Versi Terbaru, Android 11

Pastikan OS di smartphone kamu sudah paling terbaru ya, jika belum silahkan cek dan lakukan upgrade terlebih dahulu. Ini karena sudah dipastikan sistem paling baru sudah melakukan perbaikan bug dan pengoptimalan keamanan ponsel. Jadi Smartphone kesayangan kalian sudah dipastikan aman dari serangan hacker.

Baca Juga: 10 Fitur Unggulan Android 10 Yang Wajib Kamu Coba

2. Install Aplikasi dari Toko Resmi

Selain memastikan ponsel sudah di update ke versi terbaru, kamu juga harus pintar-pintar menginstal aplikasi ya sobat MediaGo. Ini karena Aplikasi di luar Google Play Store atau Apple App Store biasanya tidak melewati prosedur pemeriksaan malware.

Install Aplikasi Resmi

Dengan begitu aplikasi yang kamu install sembarangan tersebut memiliki potensi keamanan yang lebih besar. Silahkan instal aplikasi dari toko resmi agar smartphone kesayangan kalian selalu aman terkendali.

Baca Juga: Cara Mendaftar Dan Menggunakan Aplikasi Clubhouse

3. Aktifkan Anti Malware

Kita tidak pernah tahu kapan Smartphone kita jadi korban keganasan malware-malware berbahaya ini. Menurut laporan di tahun 2019 sendiri, ditemukan banyak aplikasi yang berisi malware DresCode di toko aplikasi, PlayStore.

Baca Juga:  [Panduan Pemula] Cara Reset Hp Xiaomi Semua Tipe

Malware tersebut dikabarkan telah menginfeksi lebih dari 350 aplikasi. Artinya kita tidak dapat mempercayai bahwa ada tempat yang benar-benar aman untuk Smartphone kita.

Aktifkan Anti Malware di Smartphone
Kespersky, salah satu anti malware untuk cegah serangan hacker

Oleh karena itu, kita harus sedia payung sebelum hujan. Maksudnya, silahkan kalian aktifkan fitur anti-malware dari Google Play Store sendiri yang bernama Google Play Protect untuk mencegah agar aplikasi yang berisi malware berbahaya tidak berhasil terinstal di ponsel kita.

4. Jangan Gunakan Wifi Publik atau yang Tidak Terpercaya

Wifi publik terutama yang gratisan memang sangat menggoda. Namun perlu kalian perhatikan segi keamanannya, karena jaringan yang digunakan banyak orang tersebut sangat beresiko terserang kejahatan siber.

Jangan Gunakan Wifi Publik
Ilustrasi perempuan menggunakan smartphone dengan connect wifi publik.

Mereka bisa dengan mudah mengubah data dan menginstal malware pada perangkat kalian. Oleh sebab itu, Silahkan gunakan Wifi yang aman dan terpercaya ya agar data penting selalu terjaga dengan baik.

5. Jangan Pernah Klik Link dari Sumber Tidak Dikenal

Berbagai cara dilakukan pelaku kejahatan untuk bisa mendapatkan korbannya, salah satunya dengan cara mengirimkan link jahat lewat email. Kita sebagai penerima pun biasanya ingin mengklik tautan tersebut.

Jangan Pernah Klik Link dari Sumber Tidak Dikenal

Namun karena link tersebut bisa berisi hal-hal yang membahayakan, sebaiknya jangan dibuka ya. Silahkan buka tautan dari email yang kamu kenal atau dari sumber terpercaya saja ya.

6. Jangan Lakukan ‘root’ atau ‘jailbreak’ pada Smartphone

Rooting memang cara paling bagus untuk menghilangkan banyak peraturan keamanan yang ketat pada ponsel. Jadi ponsel bisa dengan mudah menginstall aplikasi apapun seperti yang di sisi lain.

Jangan Lakukan 'root' Smartphone

Namun dengan menghilangkan peraturan keamanan terebut, berarti hilang juga keamanan pada ponsel kalian. Oleh sebab itu, Resiko untuk diserang peretas pun semakin tinggi. Sebaiknya jangan melakukan Root ataupun Jailbreak dengan alasan apapun ya sobat.

Baca Juga:  Spesifikasi dan Harga 3 Laptop Baru Acer yang Ditenagai AMD Ryzen 5000

7. Gunakan Titik USB yang Terpercaya

Jangan pernah sembarangan dalam mengisi daya terutama dalam stasiun USB publik. Hal ini mungkin terlihat seperti ketakutan berlebihan namun ternyata ada resiko keamanan jika hal terebut tidak jadi perhatian.

Gunakan Titik USB Publik yang Terpercaya
USB dan Charger Publik di Airport

Kejahatan siber yang satu ini disebut juice hacking, jadi para peretas bisa dengan mudah menyalin file atau memasang software jahat pada ponsel. Semua aktivitas tersebut dilakukan pelaku hanya dalam waktu 60 detik saja. Ngeri juga ya!

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengamankan smartphone kesayangan dari serangan siber yang merugikan. Silahkan amankan data penting kamu ya sobat. Semoga bermanfaat!


Bagikan
Rizky Aditya
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top