Demi memantau informasi media sosial yang sedang kamu kelola, tools social media monitoring menjadi hal yang penting. Hal ini karena social media monitoring itu menjadi salah satu kunci keberhasilan dari pemasaran sebuah bisnis. Berikut ini deretan tools social media monitoring yang bisa kamu gunakan saat mengelola sebuah bisnis.
Tools social media yang dibutuhkan untuk monitoring
Melansir penjelasan dari laman Glints, berikut ini deretan rekomendasi tools social media monitoring yang kamu butuhkan ketika sedang mengelola media sosial sebuah bisnis:
1. Sprout Social
Sprout Social adalah tools media social monitoring yang disukai pengguna karena fitur analitiknya. Analisis yang dibuat melalui tools ini merupakan data yang penting untuk meningkatkan engagement di media sosial.
Seluruh kebutuhan social media monitoringmu dapat diakses lewat satu dashboard yang bisa digunakan lebih dari satu orang untuk kolaborasi dalam sebuah tim. Dilansir dari laman Influencer Marketing Hub, Sprout Social adalah tools social media monitoring profesional yang tepat untuk manajemen dan optimasi media sosial.
Penggunaanya yang cukup mudah, membuat tools Sprout Social menjadi pilihan banyak orang di bidang digital marketing. Salah satu fitur utama Sprout Social adalah Smart Inbox.
Dengan Smart Inbox, kamu bisa membalas pesan, me-retweet atau me-repost konten, memberikan like, dan lain-lain hanya menggunakan satu tool ini saja. Sehingga, tidak hanya social media monitoring, tool ini juga memungkinkan untuk social media listening.
2. Brandwatch Consumer Research
Brandwatch Consumer Research memiliki banyak fitur dan aplikasi. Tools social media monitoring ini bisa melacak segala hal yang berhubungan dengan bisnismu dari satu tempat.
Brandwatch Consumer Research memiliki fitur query builder yang dapat diatur sesuai kebutuhanmu. Dengan fitur ini kamu bisa melacak segala kata kunci atau topik mulai dari yang sangat umum hingga spesifik.
Kamu bisa memperoleh data dari Reddit, Twitter, berbagai forum, blog, dan masih banyak lagi dengan tool ini. Saat ini, Brandwatch Consumer Research mampu memperoleh data untuk bisnismu di kurang lebih 95 juta situs. Dashboard tool ini pun dapat diatur sesukamu berikut komponen analitik seperti sentiment, emotions, dan demografi.
3. Hootsuite
Dilansir dari Brandwatch, Hootsuite adalah salah satu tools social media monitoring yang paling banyak digunakan karena fiturnya yang lengkap. Dengan Hootsuite, kamu bisa memantau kegiatan media sosial di berbagai platform seperti LinkedIn, Facebook, Twitter, Google+, Foursquare, dan WordPress.
Fitur menguntungkan dari Hootsuite adalah laporan mingguan yang dibuat khusus untukmu dan kemampuannya untuk digunakan lebih dari satu pengguna, sehingga kamu bisa dengan mudah mendelegasikan tugas menggunakan tool ini.
Selain itu, kamu bisa memantau search query atau kata yang digunakan user untuk mencari informasi di media sosial secara real time. Oleh karena itu, Hootsuite sangat sesuai untuk social media monitoring. Hootsuite dapat kamu download gratis, tetapi beberapa fitur premiumnya membutuhkan pembayaran.
4. Awario
Dibanding tools social media monitoring lainnya, Awario terbilang cukup baru. Namun, tool ini tidak kalah bagus. Awario memiliki banyak fitur profesional yang bisa kamu dapatkan dengan harga yang relatif lebih murah dibanding tools social media monitoring profesional lainnya.
Kamu bisa menggunakan Awario untuk memantau berbagai informasi di media sosial seperti obrolan tentang brand, kompetitor, industri bisnis yang kamu geluti, dan lain-lain. Bahkan, kamu pun bisa membuat query Boolean yang kompleks untuk pencarian tertentu.
Selain itu, Awario juga bisa membantumu mengetahui jika ada konten yang diplagiasi, menemukan brand mention yang tidak memiliki link untuk kamu tambahkan linknya, dan memantau backlink baru ke situs yang kamu punya.
5. Google Analytics
Social media analytics gratis keluaran Google ini tidak boleh terlewatkan. Dengan satu tools ini saja, kamu akan mendapatkan banyak fitur yang bisa membantu memaksimalkan media sosial untuk mendatangkan traffic ke website bisnis.
Kamu juga bisa memantau visitor dan mendapatkan data dari mana visitor tersebut berasal, sehingga strategi pemasaran bisa lebih maksimal. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui konten yang populer, untuk selanjutnya melakukan mengoptimasi pada kata kunci tertentu.