SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Tuesday, April 9, 2024
spot_imgspot_img
HomeTeknoAndroid 12 Resmi Diperkenalkan, Berikut Fitur Baru Serta Beberapa Kecanggihannya

Android 12 Resmi Diperkenalkan, Berikut Fitur Baru Serta Beberapa Kecanggihannya

MediaGo – Kabar gembira bagi para pengguna setia Android OS. Baru-baru ini Google resmi mengumumkan kehadiran operasi sistem terbarunya yaitu Android 12.

Namun, Android 12 yang diperkenalkan oleh Google ini masih dalam versi Beta, jadi kamu hanya bisa mencoba terlebih dahulu beberapa fitur baru yang super canggih sebelum perilisan resminya.

“Hari ini kami merilis Android 12 versi beta dan memberikan gambaran untuk Anda sejumlah fitur yang akan tersedia pada perilisan di masa depan,” kata Sameer Samat, VP Product Management Android & Google Play, dikutip dari blog resmi Google, Rabu (19/5/2021).

Ia juga mengatakan kalau Android 12 terbaru ini menciptakan banyak perubahan besar selama sejarah Android. Pihak Google mulai fokus dengan pengalaman baru seperti dari warna ke bentuk, cahaya dan juga gerakan.

Dengan begitu, Android 12 dikatakan menjadi sangat berbeda, lebih ekspresi, dinamis dan juga personal daripada Android versi sebelumnya.

Beberapa Fitur Canggih yang Dihadirkan

Android 12 beta
Sumber : GSM Arena

Berikut ini adalah sejumlah pembaruan yang hadir pada Android 12:

Personalisasi

Pengguna kini dapat sepenuhnya mengkostum palet warna dan mendesain ulang widget.

Kamu bisa menggunakan fitur color extraction dan memilih wallpaper sistem secara otomatis yang akan menentukan warna yang lebih dominan.

Nantinya warna akan diaplikasikan pada seluruh OS, yakni di bayangan notifikasi, lock screen, kontrol volume, widget baru dan lainnya.

Animasi yang Lebih Hidup

Android 12 akan membuat perangkatmu jadi lebih hidup pada setiap sentuhan, gerakan dan saat scrolling. Ponsel lebih cepat merespon sentuhan dengan gerakan dan animasi yang lebih halus.

Salah satu contohnya adalah saat menutup notifikasi pada lock screen. Tampilan jam akan lebih besar.

Selain itu Google juga menyederhanakan interaksi serta merancang ulang pengalaman dengan lebih lancar dan efisien. .

Perangkat tampil lebih cepat dan responsif dengan efisiensi daya sehingga dapat digunakan dalam waktu yang lebih lama.

Efisiensi tersebut didapatkan dengan sejumlah perbaikan, termasuk mengurangi waktu CPU untuk layanan sistem inti hingga 22%. Selain itu, Android 12 juga mengurangi penggunaan inti besar oleh server sistem hingga 15%.

Desain Ulang Ruang Sistem

Bayangan notifikasi , pengaturan cepat hingga tombol daya yang dirancang ulang. Pada bayangan notifikasi akan lebih instuitif dan menyenangkan dengan tampilan sekilas aplikasi apapun yang sedang didengarkan atau tonton pada kolom notifikasi.

Untuk Pengaturan Cepat, pengguna dapat mengontrol secara praktis seluruh sistem operasi dengan swipe dan satu ketukan.

Quick Settings juga dibangun ulang menyertakan Google Pay dan Home Controls, sambil memungkinkan ada penyesuaian jadi pengguna bisa memiliki seluruh aplikasi yang diinginkan dalam satu tempat.

Dashboard Privasi Baru

Pengguna akan ditampilkan satu pengaturan izin baru serta data apa saja yang sedang diakses, berapa sering dan aplikasi apa aja. Ini akan memungkinkan pengguna juga mencabut izin aplikasi dari dashboard.

Google juga menambahkan indikator baru di bagian atas kanan dalam status bar. Jadi pengguna akan tahu saat aplikasi mengakses mikrofon atau kamera.

Perusahaan juga menyediakan dua Goggle baru dalam Pengaturan cepat, jika ingin menghapus akses sensor mikrofon atau kamera pada aplikasi.

Sameer menjanjikan Google akan menghadirkan lebih banyak fitur lagi pada akhir tahun ini. “Dan kami akan terus mendorong batasan dan menemukan cara untuk mempertahankan standar tinggi privasi, keamanan, dan keselamatan,” ungkapnya

Daftar Hp yang Lebih Dulu Menerima Update Android 1

Berikut daftar smartphone yang akan dapat mencobai Android 12 versi Beta pertama :

  • Pixel 3, 3 XL
  • Pixel 3A, 3A XL
  • Pixel 4, 4 XL
  • Pixel 4A, 4A 5G
  • Pixel 5
  • Asus Zenfone 8
  • OnePlus 9, 9 Pro
  • Oppo Find X3 Pro (model CPH2173)
  • TCL 20 Pro 5G
  • Vivo iQOO 7
  • Xiaomi Mi 11, Mi 11 Ultra, Mi 11I, Mi 11X Pro
  • ZTE Axon 30 Ultra 5G
CopyAMP code
Syalfa Zahra
Syalfa Zahra
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular