SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Friday, April 19, 2024
spot_imgspot_img
HomeTeknoGampang Banget! Ini Cara Cek Kode IMEI di Android atau IOS

Gampang Banget! Ini Cara Cek Kode IMEI di Android atau IOS

MediaGo – Kebijakan pemerintah tentang pemblokiran ponsel ilegal melalui International Mobile Equipment Identity (IMEI) kini ramai diperbincangkan publik. Berikut ini cara cek kode IMEI HP Android paling mudah.

Ketika seseorang membeli ponsel Android maupun iPhone, salah satu yang dilihat adalah keunggulan yang diberikan oleh masing-masing produk mulai dari kapasitas penyimpanan hingga software yang tersedia di dalamnya.

Namun, berbeda hal dengan produk smartphone yang dibeli di luar negeri, pengguna juga perlu memperhatikan International Mobile Equipment Identity atau IMEI.

Dilansir dari beberapa sumber, IMEI merupakan nomor identitas khusus yang dikeluarkan oleh asosiasi GSM (GSMA) untuk tiap slot kartu GSM yang dikeluarkan oleh produsen HP.

cara cek kode imei
wartaekonomi

Dengan adanya nomor IMEI di setiap produk smartphone, membuatnya memiliki identitas yang berbeda dari produk lainnya. Nomor IMEI sendiri terdiri dari 15 hingga 16 digit angka.

Selain berfungsi untuk menentukan identitas HP, IMEI juga memiliki fungsi mengecek garansi smartphone. Mengetahui kode IMEI sangat penting ketika membeli HP secara online dan tidak mengetahui seluk beluk dari HP tersebut. Tidak hanya untuk melihat garansi pada smartphone, kode IMEI juga bisa melacak HP yang hilang atau meretas smartphone yang dicuri.

Tetapi, untuk melakukan hal ini, pengguna tidak bisa melakukannya sendiri dan perlu menghubungi pihak provider kartu SIM untuk memblokir ponsel yang hilang. Untuk mengecek kode IMEI biasanya sudah terdapat di bagian belakang smartphone yang ditulis dan ditempel menggunakan stiker.

Namun, beberapa vendor smartphone memindahkan stiker tersebut kebagian kardus agar nomor IMEI tetap bisa dilihat. Hal ini dikarenakan ketika diletakkan di belakang smartphone akan mudah hilang dan memudar akibat pemakaian. Jika kedua stiker tersebut hilang, tidak perlu khawatir karena pengguna masih bisa melakukan pengecekan melalui ponsel.

Cara Cek Kode IMEI

Situs pengecekan IMEI di Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memang sudah tersedia kembali. Namun, bagaimana caranya agar Anda bisa mengetahui nomor IMEI ponsel sebelum cek statusnya di situs Kemenperin?

Nomor IMEI merupakan nomor identitas unik yang dikeluarkan oleh Global System for Mobile Communications Association (GSMA) untuk setiap slot kartu yang dikeluarkan oleh produsen ponsel. Jika ponsel Anda mempunyai slot SIM Card ganda, maka akan ada dua nomor IMEI yang dimiliki perangkat tersebut.

cara cek kode imei
tribunnews.com

Semua nomor IMEI akan didaftarkan ke Kemenperin saat sebuah ponsel akan dijual di Indonesia. Hingga saat ini, Kemenperin terus mengumpulkan semua data IMEI dari ponsel resmi.

Untuk Android sendiri memiliki 2 cara cek kode IMEI yaitu dengan pergi ke menu pengaturan atau melalui dial pad. Ketika memasuki menu pengaturan, pengguna bisa memilih sub Tentang Telepon atau About Phone dan temukan IMEI dari ponsel tersebut.

Tetapi, untuk beberapa jenis android biasanya akan diarahkan ke beberapa sub menu terlebih dahulu. Sebaliknya melalui dial pad dapat mengetik *#06# lalu ketuk tombol untuk menelepon.

Untuk perangkat iOS atau pengguna iPhone, pengguna dapat mengetahuinya melalui menu Setting kemudian pilih General dan About yang berisi informasi seputar ponsel. Cara cek kode IMEI juga dapat diketahui dengan menelepon ke *#06#.

CopyAMP code
Fitrianingsih
Fitrianingsih
Hi, i love writing and love my job as content writer, editor, or copywriting.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular