You are here
Home > Gaya Hidup >

Rayakan Hari Ayah Sedunia, Ini Makna dan Sejarahnya

hari ayah sedunia

MediaGo – Hari Ayah Sedunia atau International Fathers Day adalah sebuah perayaan untuk memperingati sosok Ayah yang berlangsung setiap tahunnya pada Hari Minggu ketiga di Bulan Juni. Itu berarti untuk tahun ini, perayaan Hari Ayah diperingati pada tanggal 20 Juni 2021.

Meski sebagian besar anak tidak memerlukan tanggal tertentu untuk merayakan pria terpenting dalam hidup mereka, setiap ayah, sama seperti ibu, layak mendapatkan hari istimewanya di kalender.

hari ayah sedunia
liputan6.com

Hari Ayah sedunia dirayakan pada hari Minggu ketiga bulan Juni. Hari ayah ini diperingati di hampir 70 negara di dunia. Di beberapa negara, Hari Ayah diperingati pada tanggal yang berbeda. Peringatan ini dibuat untuk mengungkapkan penghargaan dan pengakuan atas peran figur ayah dalam kehidupan anak-anak dan masyarakat.

Sejarah Hari Ayah Sedunia

Hari Ayah yang berlangsung tiap Minggu ketiga bulan Juni, pertama dicetuskan dan dirayakan di Amerika Serikat. Menurut lama History, Hari Ayah dicetuskan oleh seorang wanita asal Spokane, Washington yang bernama Sonora Smart Dodd. Sonora dibesarkan oleh seorang duda veteran Perang Sipil.

Sonora mencoba menetapkan hari ayah dengan mencari dukungan ke gereja dan pemerintah. Ide Sonora kemudian berhasil dan disetujui oleh pemerintah setempat. Negara Bagian Washington akhirnya merayakan Hari Ayah pertama di seluruh negara bagian pada 19 Juni 1910.

hari ayah sedunia
suara.com

Pada tahun 1966, mantan presiden AS Lyndon B Johnson mengumumkan hari Minggu ketiga bulan Juni sebagai Hari Ayah. Hampir 62 tahun kemudian dari tahun 1910, Hari Ayah dinyatakan sebagai hari libur nasional oleh Richard Nixon yang saat itu menjabat sebagai Presiden AS (1972).

Hari Ayah Sedunia diperingati setiap hari Minggu ketiga di bulan Juni. Tahun ini tanggalnya jatuh pada 20 Juni 2021. Tradisi perayaan Hari Ayah ini ternyata tak hanya menyebar di Amerika Serikat, melainkan di negara lain.

Negara yang merayakan Hari Ayah pada Minggu Ketiga bulan Juni ini di Antaranya adalah Afganistan, Aljazair, Bangladesh, Kolumbia, Yunani, Hongkong, India, Irlandia, Malaysia, Singapura, Turki, Inggris, dan masih banyak lagi.

Indonesia juga turut memperingati Hari Ayah Sedunia ini. Namun, Indonesia juga punya tanggal Hari Ayah Nasionalnya sendiri pada 12 November. Hari Ayah di Indonesia pertama kali dideklarasikan pada tahun 2006 di Balai Kota Surakarta. Hari Ayah lahir atas prakarsa paguyuban Satu Hati, lintas agama dan budaya yang bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP).

Cara Merayakan Hari Ayah Sedunia di Rumah

Mengutip dari laman India Today, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk merayakan Hari Ayah Sedunia di rumah yang jatuh setiap minggu ketiga bulan Juni, yaitu:

1. Memberikan Surprise Tengah Malam

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk merayakan Hari Ayah Sedunia bisa dilakukan dengan surprise. Berikan sebuah kue atau mendekor rumah bisa menjadi salah satu cara yang menyenangkan.

2. Membuat Kue Bersama

Membuat kue untuk perayaan Hari Ayah Sedunia juga bisa dilakukan. Ada berbagai resep kue yang bisa dicoba bersama dengan Ayahmu selama di rumah.

3. Menonton Film Keluarga Bersama

Di perayaan Hari Ayah Sedunia, menonton film keluarga bisa menjadi opsi lain.

4. Piknik di Halaman Rumah

Di masa pandemi, tentu keluar rumah menjadi salah satu yang harus dibatasi. Namun untuk merayakan Hari Ayah Sedunia ada cara lain yakni melakukan piknik keluarga di halaman belakang rumah sambil menikmati masakan atau menonton film kesukaan keluarga.

Fitrianingsih
Hi, i love writing and love my job as content writer, editor, or copywriting.

Leave a Reply

Top