You are here
Home > Travel >

3 Wisata Eropa Ini Miliki Jejak Islam dan Jadi Destinasi Ramadan Favorit

MediaGo – Agama Islam memang bukan merupakan agama mayoritas di belahan Eropa. Meskipun demikian, pada sejarah masa lalu, Eropa ternyata pernah dijejaki oleh Islam, dan hal inilah yang membuat beberapa daerah di Eropa  memiliki jejak Islam dan menjadi destinasi Ramadan favorit.

Hal tersebut dapat dibuktikan melalui beberapa arsitektur bangunan serta beberapa budaya Islam yang masih bertahan hingga saat ini di daerah tersebut. Penasaran, apa saja destinasi wisata di Eropa yang memiliki jejak islam? Yuk langsung simak!

1. Sisilia

Sisiliaa
Sisilia.

Untuk kalian yang belum mengenal Sisilia, Sisilia merupakan sebuah daerah kepulauan yang memiliki otonominya sendiri di Itilaia. Dahulu kala Sisilia tercatat pernah menjadi negara dengan peradaban maju, mereka gemilang sebagai salah satu kerajaan di Eropa. Dan Islam pernah memimpin selama 2 abad lamanya.

Sebelum ada dalam kepemimpinan islam, Sisilia dikenal dnegan pulau redup, hingga akhirnya mereka berhasil membuat banyak orang terkagum-kagum karena islam mampu membuat Sisilia memiliki kebudayaan, pendidikan, dan peradaban yang sangat cemerlang.

Katedral Palermo merupakan bukti nyata kejayaan islam pernah ada di Sisila, karena sebelum dialih fungsikan menjadi gereja, mulanya katedral ini adalah sebuah masjid. Katedral Palermo kini banyak dijadikan sebagai destinasi ramadan favorit bagi turis muslim.

2. Algarve

Algarve
Algarve.

Algarve merupakan sebuah distrik yang ada di Faro, Portugal. Algarve banyak menarik minat wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, karena distrik ini terkenal memiliki banyak pantai eksotis yang sungguh mampu memanjakan mata. Pada abad ke 7, dulunya Algarve ada di  dalam kekuasaan muslim Arab.

Algavre adalah sebuah nama yang sebenarnya berasal dari bahasa Arab, yang mana kata aslinya adalah Al-gharb, yang mana arti kata ini adalah sang barat. Crunch of Sao Clemente dan Igreja de Santa Maria di Castelo dulunya adalah masjid, namun setelah umat kristiani merebut kekuasan, akhirnya kini dalih fungsikan sebagai gereja.

Jejak islam lain yang dimiliki oleh Algarve bukan hanya dua bangunan yang kami sebutkan sebelumnya, namun juga adanya, banyak nama jalan menggunakan nama arab. Selain itu ada banyak pula kuliner olahan ayam yang merupakan hasil akulturasi dari budaya arab. Jadi, tidak heran jika banyak turis muslim memilih Algarve sebagai destinasi ramadan favorit mereka.

3. Andalusia

Al hambra
Andaluasia.

Jika ada yang bertanya manakah wilayah kekuasaan islam terbesar di Eropa? Jawabannya sudah jelas, Andalusia. Andalusia adalah bukti nyata bahwa dulu Islam pernah sangat berjaya di Eropa, di daerah yang kini masuk dalam wilayah otonomi Spanyol. Masa kejayaan islam di Andalusia adalah pada abad ke 8.

Salah satu jejak islam terbesar di darah ini adalah kerajaan Al hambra yang masih berdiri kokoh hingga saat ini. Istana megah yang telah tersohor ke seluruh penjuru dunia ini, memilik arsitektur khas Bang Moor. Dulunya tempat ini digunakan sebagai tempat tinggal raja juga para keluarganya. Namun, kini Anda bisa mengunjungi kerajaan Al Hambra, sebagai destinasi ramadan favorit.

Selain beberapa destinasi yang telah kami sebutkan diatas, sebenarnya masih ada beberapa destinasi wisata lainnya di Eropa yang memiliki jejak islam, dan tentu saja selalu menjadi destinasi ramadan favorit turis muslim saat berkunjung ke Eropa. Beberapa diantaranya adalah, Ulcinj,     Sarajevo, dan Kosovo. Kini semuanya terbuka untuk umum dan bebas dikunjugi oleh siapapun.

Leave a Reply

Top