You are here
Home > Travel >

4 Destinasi Wisata Alam di Garut dengan Julukan ‘Zwitsers Van Java’

Puncak Guha, Destinasi Wisata Alam di Garut dengan Julukan 'Zwitsers Van Java'
Bagikan

Mediago.id – Destinasi wisata alam di Indonesia sangat banyak dan terkenal dengan pemandangan atau view yang indah. Tiap-tiap kota di Indonesia memiliki julukan yang beragam dan hal itu mereka sematkan sesuai dengan pesona mereka masing-masing. Namun ketika Pandemi Covid-19, industri travel dan pariwisata lumpuh total.

Garut adalah kota di Indonesia yang memiliki julukan Zwitsers Van Java. Hal ini dikarenakan kota Garut memang bisa dibilang memiliki kemiripan kondisi dengan Zwitsers. Zwitsers sendiri dalam bahasa Belanda memiliki arti Swiss.

Puncak Guha yang Indah
Destinasi Wisata Alam, Puncak Guha di Garut, Jawa Barat yang Indah

Kita semua sama tahu bahwa Swiss memang memiliki pemandangan alam yang begitu memukau, dan rasanya bukan satu hal yang berlebihan jika banyak yang menyamakan Garut dengan Swiss, pasalnya Garut sendiri memang memiliki pemandangan alam yang amat indah.

Rekomendasi Destinasi Wisata Alam di Garut

Sebagaimana Swiss yang terkenal dengan cokelat khasnya, Garut juga memiliki makanan khas yakni, dodol. Jadi, bagi Anda yang ingin mengujungi Swiss namun terkendala biaya dan waktu, mungkin bisa terlebih dulu mencoba beberapa destinasi wisata alam di Garut di bawah ini rekomendasi dari Team Redaksi Mediago.id

1. Situ Bagendit

Bagi Anda penggemar drama Korea tentunya Anda tahu Crash Landing On You bukan? Drama yang satu ini memang sangat ramai penggemar, dan sebagian latar syutingnya adalah Swiss dengan segala keindahannya.

Situ Bagendit
Pemandangan Situ Bagendit di Garut, Jawa Barat. (iStockphoto/habibi dara)

Banyak penonton yang pada akhirnya salah fokus pada latar Lake Brienz, tempat ini adalah sebuah dermaga kecil yang terletal di Iseltwald. Kala itu ada sebuah adegan, yang mana Ri Jeong Hyeok memainkan lagu ciptaannya yang berjudul ‘For Brother’ dengan menggunakan piano.

Baca Juga: Perhatikan 5 Hal Ini Jika Harus Traveling saat Pandemi Covid-19

Nah, jika Anda ingin bisa merasakan sensasi berada di Lake Brienz, Anda bisa mencoba dengan mengunjungi Situ Bagendit, yang terletak di Kecamatan Banyuresmi, Garut, Jawa Barat. Dijamin deh, suasana disini 11, 12 dengan latar syuting Crash Landing on You.

Baca Juga:  7 Destinasi Wisata Ekstrim di Dunia. Berani untuk Datang?

2. Bukit Pilar Angin

Swiss juga merupakan negara yang terkenal dengan keindahan padang savangnya yang amat cantik, dengan latar perbukitan. Nah, jika Anda mengunjungi kawasan wisata Bukit Pilar Angin, maka Anda akan bisa menemukan pemandangan serupa.

Bukit Pilar Angin
Pemandangan di Bukit Pilar Angin, Garut, Jawa Barat.

Bahkan ada banyak wisatawan yang mengaku hampir tidak percaya bahwa pemandangan perbukitan Pilar Angin yang mereka kunjungi tersebut adalah berada di Garut, Jawa Barat, karena saking memukaunya.

Di sini Anda bisa dengan bebas mengambil foto sebanyak yang Anda inginkan, dari pagi hingga sore. Namun kami sarankan Anda datang ke tempat ini saat pukul 17:00 karena di waktu itu, Anda akan bisa menikmati foto dengan background golden hour moment.

Baca Juga: Ini Strategi Sandiaga Uno Tarik Wisatawan

3. Puncak Guha

Tempat wisata di Garut yang masih memiliki vibe Swiss adalah, Puncak Guha. Wisata yang satu terbilang sebagai salah satu yang paling indah di Garut. Pasalnya, di Puncak Guha, Anda akan mendapatkan pemandangan alam yang jarang bisa Anda dapatkan, terlebih di daerah Jawa Barat.

Puncak Guha Garut
Pemandangan Puncak Guha Garut di ambil dari Drone.(Photo by garutselatan.info)

Coba Anda bayangkan, Anda tengah berada di sebuah bukit, yang di depannya terhampar laut lepas. Suasana sejuk, dengan angin semilir, dan suara deburan ombak dipastikan akan membuat turis mana pun akan merasa amat nyaman menghabiskan di waktu di tempat ini.

Selain itu, pemandangan langka yang pasti jarang Anda lihat adalah, ketika menjelang sore hari, Anda akan melihat arak-arakan kelelawar dalam jumlah banyak, yang keluar dari gua kelelawar yang ada di bawah Puncak Guha.

4. Leuwi Tojong

Leuwi Tojong
Pemandangan di Leuwi Tojong, Garut, Jawa Barat. (Photo by primatatertawa)

Leuwi Tajong jelas satu tempat wisata yang ada di garut yang sama sekali tidak boleh Anda lewatkan. Destinasi wisata alam ini terletak di Kampung Rontog, Desa Jayamukti, Kecamatan Cihurip. Saat Anda mendatangi tempat ini, Anda akan melihat sebuah lubuk cantik yang di apit oleh dua tebing. Banyaknya tumbuhan hijau yang amat rumbun, kian membuat tempat ini amat indah.

Baca Juga: Liburan Akhir Tahun di Masa Pandemi, Ancol Hadirkan Wisata Edukasi Virtual

Demikian informasi 4 destinasi wisata alam di atas adalah tempat-tempat yang memiliki vibe Swiss dan tentunya wajib Anda kunjungi jika Anda ingin menghilangkan penat dan stres. Nantikan berita travel terbaru hingga info destinasi wisata di Indonesia dan Dunia hanya di Mediago.id

Baca Juga:  Wajib Ditonton, Ini 5 Film yang Menampilkan Keindahan Alam Indonesia

Bagikan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top