You are here
Home > Travel >

5 Rekomendasi Wisata Alam Kekinian di Jawa Timur yang Wajib Kamu Jelajahi

wisata alam

MediaGo – Jawa timur merupakan salah satu kota dengan wisata alam yang begitu populer di Indonesia. Disana terdapat banyak wisata alam dengan pemandangan yang sangat indah dan wajib kamu jelajahi sobat traveler.

Mulai dari wisata pantai, telaga, gunung, bukit, sungai hingga pulau, semuanya menyuguhkan keindahannya tersendiri.

Rekomendasi Wisata Alam di Jawa Timur

Untuk kamu yang ingin self-healing di daerah Jawa timur, dibawah ini akan kami rekomendasikan 5 wisata alam yang indah di jawa timur. Cekidot!

1. Kawah Ijen

kawah ijen
Sumber : kompas.com

Wisata alam di jawa timur pertama yang wajib kamu kunjungi adalah kawah ijen. berlokasi di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso Jawa Timur, wisata alam ini merupakan sebuah danau asam yang memiliki wana hijau kebiruan yang terbentuk dari letusan Gunung Ijen. 

Kawah Ijen memiliki daya tarik tersendiri yaitu fenomena blue fire yang bisa dilihat hanya saat dini hari atau subuh. Di kawah ini juga terdapat beberapa tanaman seperti bunga edelweis. Keren banget untuk foto-foto!

Untuk masuknya sendiri, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 8.000 saja.

2. Telaga sarangan

telaga sarangan
Sumber : agolf.xyz

Berlokasi di lereng Gunung Lawu, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, air dari Telaga Sarangan ini masih bersih dengan pemandangan alam yang asri dari Gunung Lawu.

Wisata alam yang satu ini sangat cocok dikunjungi di musim panas karena danau ini memiliki udara yang sejuk dan nyaman. Untuk tiket masuknya sangat murah yaitu seharga Rp10.000.

3. Sungai Maron Pacitan

wisata alam
Sumber : lensanasrul.com

Wisata alam di jawa timur selanjutnya berlokasi di Maron, Dersono, Pringkulu, Pactan, Jawa Timur. Sungai Maron merupakan sungai hilir dari aliran air yang berasal dari Pantai Ngiroboyo. Pengunjung dapat menyusuri sungai ini menggunakan perahu dengan durasi perjalanan hingga satu jam.

Kecantikan sungai ini begitu menakjubkan sehingga banyak yang mengatakan kalau Sungai Maron ini merupakan Sungai Amazon-nya Indonesia. Untuk harga tiket masuknya sekitar Rp5.000-100.000.

4. Air Terjun Madakaripura

wisata jawa timur
Sumber : wistakul.com

Air Terjun Madakaripura berlokasi di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Air terjun ini mendapat julukan sebagai air terjun abadi. Untuk sampai air terjun ini pengunjung harus menyusuri kawasan hutan terlebih dahulu dengan waktu sekitar 1 jam. 

Keunikan dari air terjun ini adalah bentuk tebing di sekelilingnya yang menyerupai ceruk. Pesona keindahan air terjun ini sangat menawan ditambah udara yang sejuk dan tumbuhan hijau yang memanjakan mata. Untuk tiket masuk sekitar Rp22.000.

5. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

bromo tengger
Sumber : TripTrus

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru terletak di wilayah Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Probolinggo. Pengunjung dapat menyaksikan asap dan abu yang berasal dari Gunung Semeru. Selain juga itu disediakan penyewaan mobil jeep atau kuda dari Cemoro Lawang untuk berkeliling.

Sebaiknya mengunjungi wisata ini di bulan Januari-Juli karena tumbuh-tumbuhan sedang cantik dan lebat.

Untuk tiket masuk seharga Rp30.000-Rp320.000.

Nah itulah 5 rekomendasi wisata alam di jawa timur yang cocok untuk kamu self-healing. Yuk liburan!

Rizky Aditya
Seorang SEO content writter pemula yang terus belajar dalam mengasah kemampuannya

Leave a Reply

Top