You are here
Home > Travel >

7 Hidden Gem di Pulau Jawa yang Cocok untuk Staycation

7 Hidden Gem di Pulau Jawa yang Cocok untuk Staycation
Bagikan

MediaGo – Banyak destinasi wisata Indonesia yang tergolong hidden gem di Nusantara yang bisa kamu kunjungi untuk berlibur. Di Pulau Jawa, setidaknya ada tujuh hidden gems yang cocok untuk staycation.

Pemerintah baru saja mengumumkan pemangkasan jumlah hari cuti bersama tahun 2021. Artinya, bagi penyuka traveling, waktu liburan akan semakin singkat ini tentunya mengubah rencana perjalanan yang mungkin sudah mulai kamu buat.

Baca juga: 10 Pantai di Indonesia Ini Mirip dengan Wisata Luar Negeri

Jangan khawatir! Kamu masih bisa melakukan next normal traveling, yaitu dengan staycation di dekat tempat tinggal kamu. jika kamu mau mencari tahu, ada beberapa hidden gems di kota kamu yang bisa kamu kunjungi saat staycation.

Nah, beberapa hidden gem yang tersebar di Pulau Jawa yang bisa jadi pertimbangan kamu untuk staycation dengan aman dan nyaman.

1. Hidden Gem Taman Wisata Mangrove, Jakarta Utara

Taman Wisata Mangrove, Jakarta Utara
Taman Wisata Mangrove, Jakarta Utara (Foto: Paxel.com)

Jika kamu tinggal di Jakarta, kamu bisa memuaskan hasrat liburan ke Taman Hutan Mangrove yang berlokasi di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Selain kamu bisa berelaksasi, kamu juga bisa belajar tentang hutan mangrove di sini. Di sini kamu juga ditawarkan dengan berbagai macam penginapan yang sangat nyaman dengan pemandangan hutan dan suasananya yang rindang.

2. Hidden Gem Pantai Pasir Putih, Jakarta Utara

Pantai Pasir Putih, Jakarta Utara
Pantai Pasir Putih, Jakarta Utara (Foto: Paxel.com)

Masih di Jakarta Utara, kamu bisa menikmati pantai buatan satu-satunya di Jakarta, Pantai Putih. Pantai ini dilengkapi dengan wilayah pedestrian yang luas dan jalur sepeda. Kamu juga disuguhi banyak wisata kuliner yang buka hingga malam hari. Lokasinya yang tidak jauh dari pusat keramaian Pantai Indah Kapuk juga membuat kamu mempunyai lebih banyak pilihan makanan.

Baca Juga:  Menelisik Perjalanan 35 Tahun Dufan

3. Hidden Gem Kampung Betawi, Setu Babakan, Jakarta Selatan

Kampung Betawi, Setu Babakan, Jakarta Selatan
Kerak Telor, traditional food of crusty sticky rice omelet from Betawi ethnic groun, Jakarta. The omelet is plated on a traditional earthenware plate and placed with the cooking stove and toppings nearby. The kerak telor omelet has been sprinkled with the toppings of fried shallots and ground roasted coconut and shrimps. All the dishes and stove are laid on a large, woven bamboo tray. The image was taken outdoor, in the terrace and using afternoon sunlight as the lighting source.

Sebagai orang Jakarta, tidak sah jika kita tidak mengenal lebih dekat dengan suku yang menempati kota Jakarta, suku Betawi. Kamu bisa mengenal sejarah dan adat istiadat suku Betawi secara menyenangkan dengan melakukan rekreasi ke Kampung Betawi, Setu Babakan, Jakarta Selatan.

Kampung betawi ini merupakan tempat cagar budaya Betawi agar tidak punah. Di sana kamu akan melihat berbagai kesenian Betawi, wisata air, dan wisata kuliner yang tentunya menyajikan makanan khas betawi seperti Kerak Telor, Laksa, dan Tauge Goreng. Jika kamu berencana staycation, cobalah menginap di dekat daerah Setu Babakan ini.

4. Hidden Gem Hutan Kota Srengseng, Jakarta Barat

Hutan Kota Srengseng, Jakarta Barat
Hutan Kota Srengseng, Jakarta Barat (Foto: Unspalsh.com)

Satu lagi hutan di tengah kota, yang bisa kamu kunjungi saat memilih untuk staycation di Jakarta, yaitu Hutan Kota Srengseng. Hutan yang berada di Jakarta Barat ini merupakan tempat terbuka yang dijadikan tempat resapan air agar tidak terjadi banjir. Hutan Kota Srengseng ini ditumbuhi berbagai macam tumbuhan seperti pohon akasia dan Flamboyan.

5. Hidden Gem Bukit Moko, Bandung

Bukit Moko, Bandung
Bukit Moko, Bandung (Foto: Unsplash.com)

Nah, bagi kamu yang tinggal Bandung, kamu bisa memandangi hingga puas keindahan kelap kelip bintang malam di Bukit Moko yang terletak di Cimenyan, Bandung. Dari ketinggian Bukit Moko, kamu bisa melihat secara keseluruhan kota bandung dari atas. Kamu juga bisa menikmati kerindangan pohon pinus selama kamu mendaki. Di sana juga tersedia area perkemahan.

6. Hidden Gem Grojogan Lepo Dlingo, Yogyakarta

Grojogan Lepo Dlingo, Yogyakarta
WATERFALL LEPO, YOGYAKARTA, INDONESIA

Jika kamu berkunjung ke Yogyakarta, cobalah singgah ke Grojogan Lepo Dlingo yang terletak di Gunung Kidul. Di tempat ini, kamu bisa menikmati wisata alam air terjun dengan aliran air yang jernih dan berendam di kolam alam. Jaraknya dari kota Yogyakarta kurang lebih membutuhkan waktu satu jam dengan kendaraan roda empat.

Baca Juga:  4 Curug yang Wajib Kamu Kunjungi Ketika Liburan Ke Geopark Ciletuh

7. Hidden Gem Mangrove Gunung Anyar, Surabaya

Mangrove Gunung Anyar, Surabaya
Mangrove Gunung Anyar, Surabaya (Foto: Freepik.com)

Kota Pahlawan Indonesia ini juga menyimpan wisata alam yang patut kamu kunjungi saat staycation, loh! Mangrove Gunung Anyar salah satunya. Wisata ini menyuguhkan hutan mangrove yang sejuk, indah, dan asri tanpa memungut biaya apapun kepada pengunjungnya. Tempat ini sangat cocok untuk kamu yang tinggal di Surabaya untuk meninggalkan sejenak kebisingan kota. Tidak perlu takut dengan harga penginapan yang mahal.

Nah, itulah tujuh hidden gem di Pulau Jawa tersebut yang dapat menjadi pilihan kamu yang ingin staycation dengan waktu yang singkat. Selain tempat-tempat yang disebutkan di atas, kamu juga bisa staycation di kota yang terdekat dengan tempat tinggal kamu untuk menenangkan pikiran sejenak dari kesibukan.


Bagikan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top