SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Thursday, May 23, 2024
spot_imgspot_img
HomeTravel5 Negara yang Terkena Gelombang Panas, Indonesia Nomor Berapa?

5 Negara yang Terkena Gelombang Panas, Indonesia Nomor Berapa?

Mungkin banyak yang sadar kalau akhir-akhir ini udara sangat gerah karena matahari sangat terik. Ternyata sedang terjadi fenomena gelombang panas atau heat wave yang memang melanda negara-negara di Asia. Negara yang terkena gelombang panas ini membuat kenaikan suhu di atas rata-rata.

Bukan hanya itu saja, negara yang terkena gelombang panas ini bahkan menjadi penyebab kematian warga. Tidak heran suhu panas bisa tembus di 50 derajat Celcius ternyata. Namun Anda bisa tenang, BMKG atau Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Indonesia menyatakan Indonesia yang mengalami kenaikan suhu akhir-akhir ini bukan termasuk gelombang panas.

Baca Juga: Daftar Negara Dunia yang Terancam Resesi 2023

Penasaran negara yang terkena gelombang panas mana saja? Cek lengkapnya berikut ini!.

5 Negara yang Terkena Gelombang Panas

negara ini suhunya sangat panasa

1. Thailand

Mungkin banyak yang sudah tahu kalau di Thailand terutama kota Tak menembus angka 50 derajat Celcius. Apalagi di sana mengalami asap tebal yang berasal dari pembakaran lahan dan kurangnya intensitas hujan yang ada. Bahkan suhu panas yang ekstrem di negara yang terkena gelombang panas ini berdampak pada negara di yang berada di dekatnya seperti Laos dan Kamboja.

2. India

Viral India adalah negara yang terkena gelombang panas di sosial media, hingga jalanan meleleh di kota Surat. Kota Ahmedabad juga ini mengalami hal yang sama. Suhu tertinggi mencapai 44 derajat Celcius dan menyebabkan 13 orang tewas, sehingga pemerintah India mengurangi kegiatan yang dilakukan di luar ruangan.

Baca Juga: Daftar 10 Negara Terkaya di Dunia, Siapa yang Pertama?

3. Bangladesh

Negara yang Terkena Gelombang Panas yang perlu Anda tahu (1)

Bangladesh juga tercatat memiliki daerah dengan suhu terpanas dalam fenomena gelombang panas kali ini. Suhu di kota Kumarkhali, distrik Kusthia tercatat sebesar 51,2 derajat Celsius. Dan fenomena ini masih berlanjut ke distrik-distrik lainnya. 

4. Myanmar

Dua kota di Myanmar, Chauk dan Nyaung-U, tercatat memiliki suhu panas di angka 45 derajat Celsius. Pada tahun 2010 sebenarnya gelombang panas ini pernah terjadi hingga suhu panas 47 derajat Celsius, sehingga mengakibatkan 230 orang tewas.

5. Tiongkok

Lebih dari 100 stasiun cuaca di Tiongkok mencatatkan suhu panas tertinggi hingga 42,4 derajat celcius. Sedangkan daerah lain di Tiongkok suhunya hampir sama dengan yang ada di Indonesia sekitar 35 derajat celcius.

Negara yang Terkena Gelombang Panas

Baca Juga: 10 Negara Dengan Tingkat Pengangguran Tertinggi di Dunia

Untuk sementara bagi Anda yang suka traveling, lebih baik hindari dulu negara yang terkena gelombang panas ini ya. Dan tetap jaga kebutuhan air agar tidak terjadi dehidrasi tubuh.

Baca Juga: Tips Terhindar dari Dampak Cuaca Panas saat Berada di Luar Ruangan

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular