SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Monday, May 20, 2024
spot_imgspot_img
HomeTravelPSBB Diperketat Kembali, Perhatikan 5 Hal Ini Jika Harus Traveling

PSBB Diperketat Kembali, Perhatikan 5 Hal Ini Jika Harus Traveling

Mediago.id – Peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kembali diperketat di daerah Jakarta dan sekitarnya guna menekan pemaparan Covid-19 yang semakin tinggi di daerah tersebut. Keputusan memperketat PSBB ini tentunya memberikan dampak terhadap keseharian, termasuk dalam urusan pekerjaan, bisnis, bahkan traveling.

Tips Traveling ketika PSBB Diperketat

Namun, bagi Anda yang terpaksa harus tetap traveling karena beberapa hal seperti perjalanan bisnis atau untuk keperluan lainnya, ada 5 hal yang harus diperhatikan saat traveling di masa pandemi seperti sekarang ini. Apa saja 5 hal yang harus diperhatikan itu?

1. APD Extra

Saat hendak bepergian, selain syarat-syarat dokumen untuk traveling, khususnya naik pesawat atau angkutan masal lainnya, pastikan Anda telah mempersiapkan alat perlindungan diri (APD) yang lengkap, seperti hand sanitizer, masker, face shield, serta sarung tangan. 

Sebaiknya gunakan masker yang memiliki tiga lapis perlindungan. Bawalah beberapa cadangan untuk memastikan perlindungan lebih terhadap diri Anda. Tetap patuhi protokol kesehatan dan jaga jarak aman saat berada di tempat-tempat keramaian, seperti bandara, stasiun dan terminal.

Baca Juga: Penting! Apa Bedanya PSBB Total Jakarta Jilid 1 Dan 2?

2. Pilih Penginapan dengan Higienitas Tersertifikasi

Pilihlah akomodasi yang telah memiliki program kebersihan yang telah terstandarisasi oleh ahlinya. Salah satunya penginapan yang ditawarkan oleh RedDoorz melalui program HygienePass. Ini adalah program sertifikasi untuk sanitasi hotel atau akomodasi yang berkolaborasi dengan Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI).

3. Rumah Sakit Terdekat

Pastikan Anda mengetahui lokasi rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan terdekat dengan tempat Anda menginap. Sehingga, saat Anda merasakan gejala sakit, Anda tidak panik dan bisa langsung menuju lokasi rumah sakit tersebut.

Pilih rumah sakit terdekat
Foto: shutterstock/bukapalak.com
Baca Juga : Daftar Rumah Sakit Rujukan Covid-19 Di Provinsi DKI Jakarta

4. Bawa Perlengkapan Makan dan Obat-obatan

Walaupun layanan pesan antar diperbolehkan beroperasi selama PSBB atau akomodasi tempat Anda menginap menyediakan layananan makanan. Hal ini jangan membuat anda kendor untuk meproteksi diri. Pelengkapan makan pribadi dan obat-obatan pribadi sangat disarankan untuk dibawa saat Anda berpergian di tengah situasi pandemi ini. 

5. Pilih Tempat Pertemuan di Ruang Terbuka

Jika perjalanan dinas anda melibatkan pertemuan dengan beberapa relasi, usahakan untuk memilih tempat pertemuan di ruang terbuka atau ruangan dengan sirkulasi udara yang baik. Usahakan untuk tidak membuka masker atau APD Anda guna menjaga keselamatan dan kesehatan Anda dan orang sekitar.

Lima hal ini ditujukan untuk Anda yang benar-benar terpaksa harus keluar rumah demi pekerjaan, perjalanan dinas atau lainnya. Bagi Anda yang tidak memiliki kepentingan untuk diluar rumah, lebih baik menahan diri dulu demi kepentingan bersama dan menurunkan angka penyebaran Covid-19.

CopyAMP code

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular