SDH Lippo Harapan Sekolah Dian Harapan Display Ad
Thursday, April 18, 2024
spot_imgspot_img
HomeBisnisYuk Cobain 4 Cara Mengatur Keuangan untuk Freelancer Ini

Yuk Cobain 4 Cara Mengatur Keuangan untuk Freelancer Ini

MediaGo – Apa saat ini kamu sedang bekerja freelance? Nah kamu perlu memahami cara mengatur keuangan berikut ini. Pastinya, kerja freelance identik dengan memiliki waktu yang fleksibel dan tidak terikat tempat. Ada berbagai jenis pekerjaan yang bisa dilakukan secara freelance, seperti penulis lepas di media online, content writer, jasa membuat desain, dan sebagainya.

Di balik kelebihan yang mana pekerjaan ini fleksibel, ternyata menjadi seorang freelancer punya tantangan tersendiri lho, yaitu pendapatannya yang tidak menentu. Meski begitu bekerja secara freelance juga bisa menghasilkan uang jutaan rupiah setiap bulannya. Maka supaya kondisi keuanganmu bisa stabil, ini 4 cara mengatur keuangan untuk freelancer.

1. Catat Dulu Berapa Jumlah Pemasukan dan Pengeluaran

Cara pertama mengatur keuangan untuk freelancer yaitu, catatlah berapa jumlah pemasukan dan pengeluaranmu setiap bulannya. Meski pendapatan yang dihasilkan dari kerja secara freelance tidak menentu, tapi kamu wajib membuat rencana anggaran lho!

Catat berapa rata-rata pemasukan dan pengeluaranmu untuk kebutuhan sehari-hari, untuk beli kuota internet, bayar cicilan, dan sebagainya. Perlu diingat juga buatlah skala prioritas, supaya kamu tahu apa saja kebutuhan dari yang paling mendesak ke longgar.

2. Jangan Lupa untuk Menabung

cara mengatur keuangan

Cara mengatur keuangan selanjutnya yaitu, jangan lupa untuk menabung. Ya memang, gaji seorang freelancer itu tidak menentu, semakin banyak proyek yang diambil pendapatan akan semakin besar pun sebaliknya.

Mungkin di satu bulan kamu bisa memperoleh pendapatan yang besar, namun bulan depan belum tentu demikian. Maka sempatkan untuk menabung meski nggak seberapa.

Tabunglah ke rekening khusus supaya tidak tercampur dengan dana untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan demikian kamu nggak akan merasa khawatir dengan kondisi keuanganmu.

3. Menghemat Pengeluaran dengan Mengerjakan Proyek Freelance di Rumah

Bekerja secara freelance memang tidak terikat waktu dan tempat. Sehingga kamu punya banyak pilihan untuk bekerja di mana saja. Bisa di kafe, perpustakaan, coffee shop, mall, dan tempat yang lain.

Nah karena fleksibel, kadang kita sering banget kerja di luar. Sehingga mau nggak mau harus keluar uang untuk jajan dan ongkos.

Mungkin sekali dua kali nggak masalah, namun kalau keseringan pasti akan memengaruhi keuanganmu nantinya. Jadi, supaya lebih hemat kamu bisa mengerjakan proyek freelance di rumah saja.

4. Menyiapkan Dana Darurat

cara mengatur keuangan

Meski bekerja secara freelance kadang gajinya nggak seberapa. Namun kamu harus bisa menyiapkan dana darurat. Dana darurat ini penting bisa digunakan untuk kebutuhan yang nggak terduga seperti sakit, kecelakaan, untuk biaya elektronik yang rusak, dan lainnya. Dengan menyiapkan dana darurat yang cukup, setidaknya bisa mengurangi kecemasan dan kekhawatiran kita terhadap hal yang nggak terduga di masa depan.

Nah itu dia empat cara mengatur keuangan untuk freelancer. Semoga tips di atas bisa membantumu ya.

CopyAMP code
Fitrianingsih
Fitrianingsih
Hi, i love writing and love my job as content writer, editor, or copywriting.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -spot_img

Most Popular